Mesin Diesel diisi Bensin, Ini Dampaknya!

Diesel adalah salah satu jenis mesin pembakaran dalam, dimana prinsip kerjanya adalah hanya udara saja yang dimasukkan ke dalam ruang bakar dan dikompresi, lalu beberapa derajat sebelum torak mencapai titik mati atas, bahan bakar berupa solar diinjeksikan atau disemprotkan ke ruang bakar. Proses pembakaran pada mesin diesel menggunakan panas yang dihasilkan dari kompresi udara. Hal ini berbeda dengan mesin bensin yang mana proses pembakarannya menggunakan bantuan busi untuk membakar campuran bahan dan udara.


Oleh karena itu mesin diesel memerlukan kompresi yang besar dibandingkan dengan mesin bensin, dan bahan bakar yang digunakan pun berbeda. Jika mesin diesel menggunakan bahan bakar solar maka mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin.

Namun beberapa orang memaksa atau terpaksa memakai bahan bakar bensin untuk diisi ke mesin diesel, dan kebayakan beralasan untuk membantu menghidupkan mesin diesel yang terkenal lebih susah dihidupkan dari pada mesin bensin. Nah terkait penggunaan bahan bakar bensin untuk diiisi ke mesin diesel ini apakah berbahaya? Apakah ada dampaknya jika mesin diesel diisi bensin? Berikut artikel Guru Otomotif ini akan mengulasnya.

Apa Dampak Mengisi Bensi pada Mesin Diesel?

Maksud dari pertanyaan tersebut adalah apakah ada dampaknya bagi mesin diesel jika mesin diesel diisi bensin? Ternyata ada, untuk menemukan dampaknya yang pertama perlu kita pahami adalah tentang karakter mesin diesel itu sendiri, bahwa mesin diesel merupakan mesin yang “high compression”, kompresinya tinggi. bahkan kompresi mesin diesel mencapai perbandingan 30:1. Dan oleh karena itu mesin diesel sebenarnya tidak membutuhkan bahan bakar yang “high explosive”. Dampaknya jika kita mengisi bensin yang bersifat high explosive ke mesin diesel adalah sebagai berikut:

Terjadi Knocking pada Mesin

Mengisi mesin diesel dengan bahan bakar bensin akan berdampak fatal bagi mesin. Karena bensin adalah bahan bakar yang mudah meledak (mudah terbakar). Sedangkan mesin diesel memiliki kompresi yang tinggi, akibatnya bahan bakar bensin akan cepat terbakar atau meledak di dalam ruang bakar mesin diesel sebelum waktunya atau yang dikenal dengan pembakaran premature dan akan menyebabkan knocking pada mesin.

Suara Mesin Menjadi Kasar

Dampak selanjutnya jika kita mengisi bahan bakar bensin ke mesin diesel adalah suara mesin menjadi sangat kasar, apalagi jika mengisi bahan bakar bensin ke mesin diesel ini dilakukan ketika kendaraan bermesin diesel dalam kondisi tangkinya kosong.

Overheating dan Merusak Komponen Mesin

Mengisi bahan bakar bensin ke mesin diesel mungkin akan menjadikan tarikan mesin menjadi lebih mudah. Namun yang sebenarnya terjadi, di dalam mesin diesel terjadi eksploitasi pembakaran, hal ini mirip dengan tubuh manusia yang mengkonsumsi doping ketika berolahraga, maka tubuh akan memacu kinerja agar mendapatkan tenaga yang maksimal, akibatnya akan merusak organ tubuh sendiri.

Lalu jika eksploitasi ini berlangung lama maka akan menimbulkan panas berlebih atau overheating pada mesin. Dan jika terlambat penanganannya maka kendaraan bermesin diesel terpaksa harus turun mesin atau overhoul.

Cara Mengatasi Jika Mesin Diesel Sudah Terlanjur Overheating

Jika kendaraan mesin diesel sudah terlanjur diisi dengan bahan bakar bensin, maka yang perlu dilakukan adalah mengemudikan kendaraan tersebut secara perlahan agar tidak terjadi overheating pada mesin. Lalu cari bengkel terdekat untuk dilakukan pengurasan tangki bahan bakar secara total. Agar bahan bakar bensin pada tangki dapat dikeluarkan sampai bersih agar tidak ada bensin pada tangki bahan bakar. Biaya menguras tangki bahan bakar pun cukup mahal.

Untuk itulah sebelum terlambat sebaiknya sobat perhatikan jenis kendaraannya apakah menggunakan bahan bakar bensin atau diesel, jika menggunakan diesel jangan sesekali mengisinya dengan bahan bakar bensin. Demikian artikel tentang mesin diesel diisi bensin, ini dampaknya!, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. yuuk dishare. Salam Otomotif!

Label: