Mengenal Tipe-Tipe Pompa Bahan Bakar Mesin EFI, Jangan Salah Pilih

Mesin EFI saat ini mulai banyak digunakan pada sepeda motor, bukan saja motor-motor berukuran besar, tapi motor jenis bebek saat ini juga mulai bergeser ke teknologi EFI dan meninggalkan karburator. Namun meski begitu, motor dengan sistem karburator juga masih banyak dilirik karena harganya yang lebih terjangkau.


Sama seperti pada mesin karburator, pada mesin EFI pun ada sistem bahan bakar yang berfungsi untuk mensuplai bahan bakar dari tangki bahan bakar hingga masuk ke ruang bakar. Salah satu komponen pada sistem bahan bakar mesin EFI adalah pompa bahan bakar.

Ada dua tipe atau dua jenis pompa bahan bakar pada mesin EFI, yaitu pompa bahan bakar yang dipasang di dalam tangki bahan bakar (in tank type) dan tipe yang satunya lagi yaitu pompa bahan bakar yang dipasang diluar tangki bahan bakar (in line type). Untuk lebih jelas tentang kedua tipe pompa bahan bakar ini, kita bahas satu persatu.

Pompa Bahan Bakar di Dalam Tangki (in tank type)

Tipe pompa bahan bakar yang dipasang di dalam tangki ini memakai pompa turbin yang memiliki keunggulan yaitu getaran yang ada di dalam pompa ini kecil. Bentuk dari pompa bahan bakar tipe di dalam tangki dapat kita lihat pada gambar berikut ini:

Komponen dan Cara Kerja Pompa Bahan Bakar In Tank Type

Seperti gambar di atas, pompa ini terdiri dari komponen motor, check valve, relief valve dan juga filter pompa. Pada pompa turbin terdiri dari satu atau dua impeller yang diputar motor. Sedangkan casing dan pump cover dipasang dalam satu unit, maka jika motor berputar impeller juga ikut berputar. Blade yang berada pada bagian luar lingkaran impeller akan menghisap bahan bakar dari saluran masuk dan keluar lewat saluran buang. Bahan bakar yang keluar dari sekitar motor tersebut akan dialirkan melalui katup.

Relief valve akan terbuka jika tekanan bahan bakar sudah mencapai 3,5 sampai dengan 6 kg/cm persegi. Bahan bakar yang bertekanan tinggi tersebut langsung dikembalikan ke tangki bahan bakar. Sehingga relief valve mencegah tekanan bahan bakar naik dari batas yang telah ditentukan.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin EFI

Check valve akan tertutup ketika pompa bahan bakar berhenti sehingga ada sisa tekanan bahan bakar pada saluran bahan bakar yang akan berguna ketika mesin mati, hal ini untuk mempermudah ketika menghidupkan mesin (karena ada cadangan tekanan bahan bakar pada saluran bahan bakar).

Pompa Bahan Bakar di Luar Tangki (in line type)

Tipe pompa bahan bakar yang dipasang di luar tangki (disebut juga tipe segaris) terdiri dari motor dan unit pompa, relief valve, check valve, silincer, dan filter. Sedangkan unit pompanya sendiri terdiri dari motor yang berfungsi memutar rotor, lalu ada pump spacer yang berfungsi untuk flange luar, serta ada roller-roller yang berfungsi sebagai seal atau pembatas antara rotor dan pump spacer. Adapun konstruksi dari pompa bahan bakar tipe in line ini dapat dilihat pada gambar berikut ini:


Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Tipe In Line

Jika motor berputar maka rotor juga akan berputar, sehingga roller-roller akan terlempar luar disebabkan dorongan gaya sentrifugal. Maka bahan bakar akan mengalir lewat unit motor menekan check valve dan mengalir lewat silincer setelah bahan bakar tadi keluar dari unit pompa. Silencer akan menyerap tekanan bahan bakar yang dihasilkan pompa dan mengurangi suara bising.

Demikianlah artikel tentang mengenal tipe-tipe pompa bahan bakar mesin efi, jangan salah pilih, semoga bermanfaat. Salam Otomotif.

Label: