Manfaat Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bukanlah hal yang memalukan, hal ini karena jumlah mobil bekas di pasaran sanagat banyak seiring dengan banyaknya produksi mobil baru di Indonesia. Kita bayangkan ada banyak mobil yang ‘lahir’ tiap meninya, berdasarkan sumber terpercaya di Internet, tiap 1,6 menit lahir 1 mobil T**ota, kemudian tiap 59 detik lahir 1 mobil Dai**tsu, belum mobil merk lain. Banyaknya jumlah mobil yang lahir dan dijual otomatis melahirkan mobil bekas.


Bagi sebagian orang ada yang memilih membeli mobil bekas dari pada mobil baru. Karena memang sebetulnya membeli mobil bekas itu ada manfaatnya atau keunggulannya. Jadi tidak perlu malu atau gengsi jika kita hendak membeli mobil second. Namun begitu, dalam membeli mobil bekas tetap harus hati-hati ya supaya tidak justru rugi karena ditipu, oleh karena itu silahkan baca artikel tentang tips membeli mobil bekas. Lalu apa saja manfaat atau keunggulan membeli bekas?

Harga yang Lebih Murah

Mobil bekas tentu harganya lebih murah dari pada mobil baru. Alasan yang pertama ini adalah solusi yang sangat tepat jika kita ingin membeli mobil dengan dana yang terbatas. Namun perlu diingat dalam membeli mobil bekas jangan terbuai dengan harga yang murah. Karena bisa jadi mobil bekas tersebut adalah mobil bekas kebanjiran, untuk mengetahuinya silahkan baca artikel waspada, ini ciri mobil bekas banjir. Pertimbangkan serta telitilah dalam membeli mobil bekas yang murah.

Proses Lebih Cepat

Manfaat selanjutnya jika kita membeli mobil bekas adalah prosesnya lebih cepat dari pada membeli mobil baru. Maksudnya adalah jika kita membeli mobil bekas maka tanpa inden dan berbeda dengan ketika membeli mobil baru  harus menunggu proses-proses lain. Dan bahkan jika kita membeli mobil bekas di pameran mobil bekas, langsung dapat membeli dan membawa pulang pada saat itu juga.

Fungsionalitas Mobil

Jika membeli mobil bekas karena untuk kebutuhan yang sifatnya fungsional, bukan untuk gaya hidup atau gensi maka pilihan membeli mobil bekas adalah tepat. Misalnya lagi butuh mobil untuk angkutan seperti kain atau material bangunan. Maka membeli mobil bekas bisa menjadi solusi. Apalagi jika dihitung dengan resiko, misalnya jika membeli mobil baru kemudian mobil tersebut dipakai untuk keperluan yang resiko kerusakannya tinggi.

Lebih Ekonomis

Terlebih bagi orang yang memiliki usaha atau sedang mengembangkan bisnisnya. Sehingga perlu alokasi modal yang dimiliki dengan sebaik-baiknya. Dibandingkan mengambil mobil baru yang membutuhkan banyak modal, maka membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan tepat untuk menghemat anggaran usaha.

Biaya Pemakaian Hemat

Sekarang ini sudah ada mobil-mobil murah untuk kalangan menengah ke bawah, dan diklaim juga sebagai mobil yang ramah lingkungan dengan teknologi mesin EFI, tentunya jauh lebih unggul dari pada mobil-mobil dahulu. Mobil-mobil murah tersebut kebayakan berbahan bakar pertamax yang menghasilkan pembakaran lebih sempurna dan juga lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah dari pada bahan bakar berjenis di bawahnya. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa harga pertamax yang lebih mahal dari harga premium, sehingga pengeluaran kita juga akan meningkat untuk pengoperasionalannya.

Harga Cenderung Turun

Harga mobil bekas cenderung menurun, terlebih jika ada mobil model keluaran terbaru. Hal ini seperti kita membeli smartphone. Jika ada produk terbaru maka produk yang laama akan turun harganya, dan begitupula mobil. Semakin banyak produk mobil keluaran terbaru di pasaran maka harga mobil lama akan cenderung menurun.

Itulah beberapa manfaat membeli mobil bekas, semoga artikel ini bermanfaat. Salam Otomotif! 

Label: