Komponen dan Cara Kerja Rem Parkir pada Mobil

Sering kita melihat ketika naik mobil penumpang atau kendaraan niaga kecil lainnya, ketika mobil tersebut berhenti sang sopir terkadang menarik tuas yang ada di tengah antara tempat duduk supir dan tempat duduk penumpang. Tuas tersebut adalah tuas rem parkir yang memang ada pada mobil. Rem parkir berfungsi untuk alat pengaman atau safety mobil ketika diparkir, yaitu agar mobil tidak bergerak maju maupun mundur dengan sendirinya akibat bidang jalan yang tidak datar misalnya. Karena jika mobil atau kendaraan niaga dalam posisi parkir namun pengemudi lupa menarik tuas rem parkir, terkadang mobil tersebut akan bergerak sendiri karena medan yang tidak datar. Rem parkir juga berfungsi untuk mengunci mobil supaya tidak dapat bergerak, dan ini berguna pada waktu-waktu darurat misalnya seseorang yang sedang belajar mengemudi, kemudian ketika ada sesuatu di hadapannya sang pengemudi tidak menginjak rem dan justru menginjak pedal gas, maka orang yang mengajari yang duduk di samping pengemudi baru belajar tersebut dapat langsung menarik tuas rem parkir agar mobilnya terkancing, untuk menghindari atau menyelamatkan kecelakaan yang mungkin akan terjadi.


Mobil penumpang dan kendaraan niaga jenis kecil memiliki rem parkir dengan tipe roda belakang atau rem kaki, atau juga rem parkir ekslusif yang dihubungkan ke roda belakang. Sedangkan kendaraan niaga jenis besar memakai rem parkir tipe center brake yang posisinya berada di antara poros propeller dan transmisi mobil.

Komponen Sistem Rem Parkir

Komponen yang ada pada sistem rem parkir diantaranya: tuas rem, pedal atau stik rem, kabel atau tipe mekanisme batang, tromol rem, dan sepatu yang berfungsi untuk membangkitkan daya pengereman. Gambar dari komponen sistem rem parkir dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



Cara Kerja Rem Parkir

Cara kerja atau mekanisme kerja antara rem parkir tipe belakang dengan rem parkir tipe center brake pada dasarnya adalah sama. Tuas dari rem parkir ditempatkan berdekatan dengan kursi atau tempat duduk pengemudi (biasanya di tengah-tengah antara tempat duduk supir dengan tempat duduk penumpang). Cara mengoperasikan rem parkir sangat mudah yaitu dengan menarik tuas rem parkir maka rem parkir akan bekerja melalui kabel yang terhubung dengan tuas.

Tipe Tuas Pada Sistem Rem Parkir

Ada beberapa tipe tuas  sistem rem parkir, tuas rem parkir tersebut digunakan berdasarkan pada desain dari tempat duduk pengemudi dan juga sistem kerja rem parkir yang dikehendaki. Tipe atau jenis tuas rem parkir tersebut diantaranya:


Pada tuas rem parkir biasanya dilengkapi dengan ratchet yang berfungsi untuk mengatur tuas pada suatu posisi pengetesan. 



Dan pada beberapa tuas rem parkir, mur penyetelan terletak berdekatan dengan tuas rem sehingga penyetelan jarak tuas bisa dilakukan dengan mudah. Tuas intermediate dipasang yang berfungsi untuk menambah daya pengoperasian.

Demikianlah komponen dan cara kerja rem parkir pada mobil, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita pada otomotif. 

Label: