Kerusakan Pada Karet Bodi Mobil dan Cara Mengetahuinya

Pemilik mobil pada umumnya hanya memperhatikan mobilnya pada bagian yang sering dan mudah terlihat saja seperti body mobil, pelek, ban, atau yang di interior mobil seperti dashboard dan jok. Padahal ada komponen mobil yang dianggap sepele dan jarang diperhatikan namun mempunyai peran yang penting dan menyebabkan masalah jika pemilik mobil jarang mengecek komponen tersebut, dialah karet bodi mobil. Karet bodi mobil jarang diperhatikan padadal jika karet bodi mobil bermasalah maka dampaknya yaitu adanya getaran pada bodi mobil yang menimbulkan suara yang tidak nyaman. Selain itu karet pada bodi mobil yang rusak juga menyebabkan berkurangnya perlindungan ruang kabin dari masuknya air ketika hujan, dan juga ruang kabin tidak kedap suara lagi karena suara-suara bising diluar mobil dapat masuk melalui celah-celah mobil yang karetnya pada bodi rusak.


Karet pada bodi mobil seharusnya perlu dirawat dengan cara dibersihkan secara rutin agar tidak rusak, hal sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu pemilik toko spesialis karet mobil yaitu Leonardo. Pada umumnya mobil yang umur pemakaiannya sudah diatas 3 tahun maka akan ada banyak sisi atau komponen yang sudah aus dan harus diganti. Dan salah satu komponen tersebut adalah karet bodi mobil, kenapa? Karena karet bodi mobil sangat mudah kehilangan sifat elastisnya.

Kerusakan-Kerusakan pada Karet Bodi Mobil

Ada bagian karet bodi mobil yang mudah rusak secara alami (bukan karena kecelakaan atau dirusak), kerusakan-kerusakan karet bodi mobil ada pada:

Karet Kaca Mobil

Karet kaca terletak di bagian paling luar mobil dan berfungsi sebagai pembatas pada kaca depan atau kaca belakang. Ciri karet kaca yang telah rusak yaitu ketika mobil dipakai hujan-hujanan atau ketika mobil dicuci, maka air akan masuk ke dalam mobil melalui celah-celah karet kaca mobil. Hal ini bisa disebabkan karena karet sudah tidak elastis karena faktor terpapar panas yang lama dan umur pemakaian, sehingga dapaknya air dapat meresap masuk ke dalam mobil.



Karet Penjepit Kaca Pintu Samping

Pada pintu mobil ada pengapit kaca pintu yang melekat di bodi mobil. Fungsi dari karet kaca pintu samping ini adalah untuk menjaga ruang kabin agar kedap suara, dan tidak adanya getaran pada kaca. Tanda jika karet kaca penjepit kaca pintu sudah rusak dapat kita ketahui dengan cara ketika kaca tengah dinaikkan atau diturunkan maka akan ada baret atau bekas dan juga ada gelembung pada bagian karet penjepit tersebut. jika hal ini sering diabaikan maka dampaknya adalah kaca bisa pecah karena getaran pada kaca dan juga kaca melewati jalur yang tidak rata.

Karet Pintu

Karet pintu ada pada bagian daun pintu paling luar, namun ada juga yang letaknya dipasangkan pada bodi. Fungsi dari karet pintu adalah untuk menghindari air hujan masuk dalam ruang kabin mobil. Kerusakan pada karet pintu dapat kita ketahui dengan cara melihat apakah air dapat masuk dengan mudah ke dalam kabin, kita bisa mengetesnya dengan menyiram pintu dari luar atau membawa mobil hujan-hujanan. Jika air dengan mudah merembes atau masuk ke kabin disekitar pintu maka karet pintu sudah rusak dan tidak elastis lagi.

Channel

Channel biasanya terdapat dibagian ujung kaca mobil dan umumnya berbentuk segitiga dan berfungsi untuk rel kaca pintu samping. Cara mengetahui channel mobil rusak yaitu dengan menutup kaca pintu samping tersebut, jika ada kelonggaran pada kaca (kaca tidak bisa menutup dengan rapat), selain itu kaca juga akan terasa sempit ketika dinaik-turunkan.

Cara Memperbaiki Karet Bodi Mobil yang Rusak

Untuk memperbaiki karet-karet pada bodi mobil yang telah rusak seperti yang sudah dijelaskan di atas, yatu dengan melakukan penggantian komponen karet bodi mobil, sobat dapat mengganti karet yang rusak pada salah satu sisi yang diketahui rusak, atau jika tidak menemukan padasisi mana yang rusak maka sebaiknya mengganti karet bodi mobil satu set sekaligus.

Cara Mencegah Agar Karet Bodi Mobil Tidak Cepat Rusak

Agar karet bodi mobil tidak cepat rusak, maka sebaiknya jangan memarkir atau meletakkan mobil pada tempat yang panas, karena karet tidak tahan jika terus terkena sinar matahari yang dapat menyebabkan karet tidak elastis lagi atau juga retak. Maka sebaiknya parkirlah mobil pada tempat yang teduh.

Demikianlah artikel tentang kerusakan pada karet bodi mobil dan cara mengetahuinya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan keilmuah kita. silahkan disebar yoo dan salam otomotif!

Label: