Jenis-Jenis Pompa Bahan Bakar Pada Mesin Bensin

Pompa bahan bakar pada motor bensin adalah salah satu komponen yang ada pada sistem bahan bakar konvensional atau yang masih menggunakan karburator. Sistem bahan bakar karburator menyediakan atau mensuplai bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin agar mesin tersebut dapat hidup. Tidak hanya menyediakan namun sistem bahan bakar juga menghasilkan campuran bahan bakar yang bersih dari kotoran, jumlah takaran campurannya sesuai dengan kondisi kerja mesin. Sehingga mesin dapat berkerja dengan optimal. Salah satu yang berperan dalam sistem karburator adalah pompa bahan bakar.


Pompa bahan bakar berfungsi untuk memompa bahan bakar agar dapat mengalir dari dalam tangki bahan bakar menuju ke filter bahan bakar untuk disaring dan kemudian ke karburator melalui saluran-saluran bahan bakar. Pompa bahan bakar yang dipakai pada mesin bensin ada dua jenis atau dua tipe. Yaitu pompa bahan bakar jenis mekanik dan pompa bahan bakar jenis listrik. Pompa bahan bakar mekanik yang menggerakkan adalah mekanisme mesin sedangkan pompa bahan bakar listrik digerakkan karena adanya aliran listrik.

Pompa Bahan Bakar Mekanik

Jenis yang pertama adalah pompa bahan bakar mekanik,  pompa mekanik digerakkan oleh mekanisme pada mesin. Ada dua jenis pompa bahan bakar mekanik, pompa mekanik yang dilengkapi dengan saluran pengembali bahan bakar, dan pompa bahan bakar yang tidak dilengkapi dengan saluran pengembali. Namun kedua jenis ini memiliki konstruksi dan cara kerja yang sama. Pada mesin-mesin keluaran lama, saluran pengembalinya ada pada karburator, sedangkan pada mesin yang lebih baru saluran pengembalinya ada pada pompa bahan bakar.


Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik

Cara Kerja pompa bahan bakar mekanik yaitu sebagai berikut: 

Lihat gambar di atas. Ketika rocker arm ditekan oleh nok pada poros nok, maka diafragma akan tertarik ke bawah, akibatnya ruang yang berada di atas diafragma menjadi hampa/vakum. Karena terjadi kevakuman pada ruang di atas diafragma, maka katup masuk terbuka dan bahan bakar dapat mengalir ke ruang diafragma. Pada saat ini posisi katup keluar tertutup. Selanjutnya perhatikan gambar di bawah ini:


Lalu ketika nok tidak menyentuh rocker arm, maka diafragma akan bergerak ke atas sehingga bahan bakar yang berada di atas diafragma tadi akan terdorong keluar melalui katup keluar dan kemudian bahan bakar tersebut menuju karburator. Tekanan penyaluran ini berkisar antara 0,2 sampai dengan 0,3 kg/cm2. Kemudian untuk posisi idling lihat gambar di bawah:


Selanjutnya, jika bahan bakar yang ada pada karburator sudah cukup maka diafragma akan terdorong ke atas akibat adanya pegas dan pull rod yang terletak di paling bawah, hal ini karena tekanan pegas sama dengan tekanan bahan bakar. Pada kondisi ini, rocker arm tidak bekerja walaupun poros nok terus berputar sehingga diafragma akan diam dan tidak memompa bahan bakar sampai karburator membutuhkan bahan bakar lagi.

Pompa Bahan Bakar Listrik

Sedangkan pada pompa bahan bakar listrik, penempatan pompanya dapat diletakkan dimana saja karena untuk menghindari panas mesin. Pompa bahan bakar listrik akan langsung bekerja ketika kunci kontak di ON-kan. Ada beberapa jenis pada pompa bahan bakar listrik, diantaranya yaitu model diafragma, model sentrifugal, model plunger, dan model lainnya. Namun untuk cara kerja pada artikel ini akan menjelaskan untuk pompa jenis diafragma.

Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Listrik

Berikut ini adalah cara kerja pompa bahan bakar listrik jenis diafragama: Ketika kunci kontak di ON-kan, maka akan timbul kemagnetan pada solenoid yang menyebabkan diafragma menjadi tertarik ke atas. Akibatnya bahan bakar tertarik masuk melewati katup masuk. Dan pada saat yang sama platina akan membuka karena tuas platina terhubung dengan rod sehingga kemagnetan di solenoid mejadi hilang. Ketika kemagnetan pada solenoid hilang akan mengakibatkan diafragma bergerak turun ke bawah mendorong bahan bakar keluar melewati katup keluar.



Cara kerja pompa bahan bakar mekanik dengan pompa bahan bakar elektrik memang hampir sama, yakni menggunakan diafragma untuk mendorong bahan bakar menuju karburator melewati katup keluar dan saluran keluar ke karburator. Semoga artikel tentang jenis-jenis pompa bahan bakar pada mesin bensin ini mudah dipahami, dan bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: