Jenis-Jenis Kunci yang Biasa dipakai Pada Bengkel Otomotif (I)

Sebagai mekanik atau calon mekanik tentunya kita harus mengenal dulu dong dengan jenis-jenis kunci yang biasa dipakai di bengkel otomotif, karena tidak lucu jika seorang mekanik tidak mengetahui nama kunci atau alat-alat bengkel yang berada disekitarnya, ibarat dokter yang tidak tahu mana jarum suntik mana stetoskop. Kenapa harus mengenal dan mengetahui alat-alat atau kunci di bengkel otomotif? Ya karena pekerjaan kita berhubungan dengan alat-alat atau kunci tersebut.

Selain mengenal nama masing-masing kunci, seorang mekanik atau calon mekanik harus tahu fungsi dan kegunaan dari masing-masing kunci, hal ini sebagai bagian dari keselamatan kerja di bengkel otomotif, karena sangat salah apabila kunci inggirs digunakan untuk memukul komponen kendaraan, hal itu berarti tidak menggunakan kunci sesuai dengan fungsinya dan tidak memenuhi keselamatan kerja. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui nama-nama kunci yang ada di bengkel otomotif dan mengetahui pula fungsi serta cara menggunakannya. Baik lah tidak perlu banyak pengantar, langsung saja kita bahas satu persatu nama-nama kunci yang biasa dipakai pada bengkel otomotif.

Kunci Inggris (adjustable Spanner)

Kunci inggris ini berfungsi untuk melepas dan memasang mur dan baut dengan catatan bahwa sobat tidak memiliki kunci pas yang sesuai dengan ukuran mur atau baut yang akan dilepas, mungkin karena sudah aus atau memang ukuranya terlalu kecil. Jadi syarat utamanya adalah jangan memakai kunci inggris jika memang tersedia kunci pas untuk membuka ukuran mur atau baut. Gunakan kunci inggris ini jika tidak tersedia kunci pas.

Cara menggunakan kunci inggris yang benar:

Yang pertama adalah atur terlebih dahulu kunci inggris agar sesuai/pas dengan baut atau mur yang akan dilepas. Ada penyetel bukaan rahang dengan cara memutar penyetelnya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Langkah berikutnya tepatkan kunci pada mur sehingga daya tarik berada di rahang-rahang kunci inggris tersebut. Tarik kunci inggris sesuai kebutuhan apakah untuk melepas atau memasang mur atau baut.

Cara merawat kunci inggris yang benar:
  • Jangan memakai kunci inggris jika rahang-rahang pada kunci tersebut retak karena kunci bisa selip dan dapat merusak mur atau baut.
  • Lap atau bersihkan kunci inggris setelah dipakai dengan kain bersih, agar debu atau oli dan kotoran lain tidak melekat pada kunci inggris.
  • Memberi pelumas pada mur penyetel kunci inggris dengan oli mesin, jangan terlalu banyak cukup beberapa tetes saja.
  • Simpan kunci inggris di dalam kotak jika masih ada, dan letakkan di lemari atau digantung pada dinding ruang peralatan.


Kunci Ring

Kunci ring berfungsi untuk melepas atau memasang mur dan baut dengan ukuran yang tepat. Bentuk batang kunci ring yang menyudut bisa memungkinkan untuk melepas dan mengencangkan jika ada  halangan pada mur yang akan dilepas. Ada dua jenis kunci ring yang biasa dipakai dalam bengkel otomotif, yaitu kunci ring dwarf dan kunci ring legkung.

Kunci ring dwarf, kunci ini dipakai pada ruang yang lebih sempit yang mana kunci ring jenis standar tidak bisa menjangkaunya karena terlalu panjang atau terlalu tebal ketika digunakan untuk membuka baut maupun mur. Bentuk dari kunci ring dwarf adalah sebagai berikut:

Kunci ring lengkung, kunci ring ini dipakai jika mur atau baut yang akan dilepas atau dipasang lokasinya berada pada ruang yang sulit dijangkau karena terhalang sesuatu, misalnya untuk mengencangkan baut pada motor starter. Bentuk dari kunci ring lengkung adalah sebagai berikut:


Cara memakai kunci ring yang benar:

Ambil kunci ring yang ukurannya sesuai dengan ukuran mur atau kepala baut.
Letakkan atau pasang kunci ring pada mur atau kepala baut.
Tarik kunci ke arah sesuai dengan kebutuhan apakah untuk melepas atau memasang.

Cara merawat kunci ring yang benar:
  • Jangan memakai kunci ring yang kotor seperti terkena oli atau gemuk, karena dapat selip dari tangan atau genggaman sobat,
  • Jangan memakai kunci ring jika cincin atau ringnya sudah retak atau aus (gerigi-gerigi dalamnya membundar), karena kunci ring tersebut bisa selip dan merusak mur atau baut.
  • Setelah selesai memakai kunci ring langsung dibersihkan dengan kain bersih, hilangkan kotoran atau oli/gemuk yang menempel pada kunci ring.
  • Periksa kunci ring secara teratur, dan simpan kunci ring pada kotak alat dan lemari atau gantung di dinding ruang alat.
Selain kunci inggris dan kunci ring, masih ada kunci-kunci dan peralatan pada bengkel otomotif yang lain, namun akan kita lanjutkan pembahasannya pada artikel berikutnya. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Kunci yang Biasa dipakai Pada Bengkel Otomotif (I)"

Poskan Komentar