Jenis-Jenis Keausan Ban yang Tidak Wajar dan Perlu Anda Waspadai

Ban adalah komponen pada kendaraan yang berhubungan atau berkontak langsung dengan permukaan jalan. Oleh karena itu pada ban ada potensi terjadinya keausan dan penyebabnya bermacam-macam. Keausan adalah hilangnya lapisan permukaan suatu material karena adanya gesekan antar material. Terjadinya keausan pada ban memang perlu kita waspadai, pasalnya jika ban yang telah aus kita biarkan maka ban sewaktu-waktu dapat kempes karena perlindungan terhadap ban dalamnya berkurang, bisa juga ban menjadi licin karena daya cengkeram dengan permukaan jalan berkurang.


Keausan pada ban dapat dibagi menjadi dua, yaitu keausan karena faktor umur pemakaian ban dan keausan karena pemakaian yang tidak wajar. Keausan karena faktor umur pemakaian misalnya pada tread yang aus secara merata. Dan jika tanda indikator keausan yang ada pada tread sudah terlihat maka ban harus diganti dengan yang baru. Sedangkan keausan yang terjadi karena suatu hal yang tidak wajar ada beberapa macam. Berikut ini beberapa keausan ban yang tidak wajar dan perlu kita waspadai:

Keausan Ban Terjadi Pada Shoulder Atau di Bagian Tengah

Pada keausan ini terjadi di tengah ban atau pada bagian shoulder. Penyebab dari keausan ban ini adalah karena kesalahan tekanan ban. Jika tekanan angin ban terlalu rendah, maka pada bagian tengah akan berbentuk cekung sehingga beban tertumpu pada shoulder dan menyebabkan keausan yang lebih cepat pada shoulder dari pada bagia tengah ban. Dan ini berlaku juga jika ban menahan beban yang berlebih, maka bagian tengah ban akan cekung dan menyebabkan keausan lebih cepat terjadi pada bagian shoulder atau samping ban.


Sedangkan jika tekanan angin ban terlalu tinggi, maka bagian tengah ban akan berbentuk cembung, dan sebagian besar beban akan tertumpu pada bagian tengah ban, sehingga keausannya akan lebih cepat terjadi pada bagian tengah ban dari pada bagian shoulder.

Baca Juga: Cara Memeriksa Ban Luar Kendaraan yang Baik dan Benar

Keausan Ban Terjadi di Sebelah Dalam Atau Luar

Keausan ini terjadi pada sebelah dalam ban atau sebelah luar ban, ada beberapa penyebab keausan dalam dan luar ban ini terjadi, yaitu:



Keausan Berbulu Akibat Toe-In Atau Toe-Out

Keausan berbulu pada tread ban dikarenakan penyetelan toe-in yang tidak pas. Penyetelan toe-in yang terlalu besar akan memaksa roda slip keluar dan menggesek bidang singgung tread bagian dalam pada permukaan jalan, hal ini menyebabkan tejadinya keausan toe-in. Keausan tersebut terjadi pada permukaan tread yang berbentuk seperti susunan bulu. Hal ini dapat diketahui dengan cara mengusapkan tangan pada tread dari bagian dalam ke bagian luar. Keausan ban akibat toe-in dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Sedangkan pada toe-out yang berlebihan maka akan menarik ban ke dalam dan menggesek bidang singgung tread bagian luar ke permukaan jalan. Bentuk dari keausan toe-out dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


Keausan Membentuk Pola Toe-and-Heel

Keausan ban toe-and-heel adalah keausan yag terjadi pada sebagian ban dan sering terjadi pada ban dengan pola tread yang berbentuk block dan lug. Ban dengan tread yang berpola rib keausannya membentuk pola seperti gelombang.


Sedangkan keausan ban yang membentuk pola toe-and-heel terjadi karena ban yang bukan penggerak roda tidak mendapatkan gaya penggerak namun hanya gaya pengereman saja maka terjadilah keausan dengan pola toe-and-heel ini. Keausan ini juga terjadi jika rem diinjak secara terus menerus tanpa dilepaskan yang kemudian mengakibatkan ban tergelincir berkali-kali pada jarak pendek.

Baca Juga: Indikator-Indikator Ban Luar Harus di Ganti

Keausan Spot

Yang terakhir adalah keausan spot, keausan ini berbentuk lekukan seperti mangkok di beberapa bagian tread roda. Keausan spot terjadi apabila kendaraan berjalan dengan kecepatan tinggi. Keausan spot terjadi karena tread ban mengalami slip pada interval yang teratur. Jika bearing roda, ball joint, tie rod dan komponen lain mengalami keausan yang berlebih atau jika spindle bengkok, maka ban akan bergoyang pada titik tertentu disaat berputar dengan kecepatan yang tinggi, sehingga mengakibatkan adanya gesekan yang kuat dan menyebabkan tejadi keausan spot ini. Bentuk dari keausan spot dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Tromol rem yang sudah berubah bentunya atau aus secara tidak merata menyebabkan terjadi pengereman pada interval yang teratur dan ini mengakibatkan terjadinya keausan spot dengan ukuran yang cukup besar dan melingkat pada ban.
Demikianlah jenis-jenis keausan ban yang tidak wajar dan perlu anda waspadai, cobalah periksa kondisi ban pada kendaraan sobat apakah mengalami keausan yang sama seperti keausan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: