Inilah Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Mobil, Bagaimana Caranya?

Siapa yang tidak kenal dengan cuka? Terlebih para ibu-ibu yang hobi di dapur pasti mengenal cuka karena cuka merupakan salah satu bumbu penyedap yang biasanya terdapat di dapur, selain itu cuka juga mudah ditemui di warung makan yang menjajakan kuliner. Selain bermanfaat untuk penyedap rasa, ternyata cuka memiliki manfaat lain terutama untuk mobil kesayangan sobat, loh apa hubungannya cuka dengan mobil? sangat berhubungan, karena ternyata cuka beranfaat untuk membersihkan beberapa komponen pada mobil, selain itu cuka juga memiliki manfaat lain dalam merawat dan memaksimalkan penampilan mobil. Lalu apa saja manfaat tersebut dan bagaimana caranya? Berikut ini manfaat cuka untuk membersihkan mobil yang akan Guru Otomotif ulas. Simak baik-baik yaa.


Cuka Bermanfaat Untuk Membersihkan Interior Mobil

Walaupun interior mobil tidak berhubungan langsung dengan keadaan luar mobil, namun bukan berarti interior mobil tidak pernah kotor. Terlebih mobil tersebut sering digunakan untuk keluarga atau dengan penumpang yang banyak, pasti ada banyak bekas-bekas kotoran ataupun noda pada interior mobil khusunya di jok. Noda yang cukup membandel biasanya membuat kita menjadi gregetan karena susah untuk dibersihkan. Namun ada tips yang cukup unik yaitu membersihkan kotoran atau noda yang membandel di jok mobil maupun dashboard dengan cuka. Karena cuka dapat membersihkan noda-noda membandel pada interior mobil. Caranya bagaimana? Caranya mudah yaitu hanya dengan mencampurkan antara cuka dengan air pada perbandingan atau ukuran yang sama. Kemudian ambil lap atau kain yang bersih dan celupkan pada larutan campuran cuka dan air tadi, setelah itu gosokkan pada permukaan interior mobil yang terdapat noda dengan perlahan-lahan.

Cuka Bermanfaat Untuk Membersihkan Karpet Mobil

Masih di interior mobil, selain berguna untuk membersihkan jok dan dashboard, ternyata cuka juga bermanfaat untuk membersihkan karpet mobil. Karpet mobil sangat mudah kotor dan bau karena karpet mobil selalu diinjak sandal, sepatu, dan sebagainya. Karpet yang kotor akan menjadi sarang penyakit, silahkan baca artikel karpet mobil sarang penyakit, gunakan tips ini untuk membersihkannya. Bagaimana caranya membersihkan noda atau kotoran pada karpet dengan cuka? Caranya mudah, campur cuka dengan air dengan perbandingan yang sama, seperti cara di atas, kemudian celupkan kain bersih dan oleskan sambil digosok bagian karpet yang ada noda membandelnya.

Cuka Bermanfaat Untuk Menghilangkan Bau Tak Enak di Kabin

Biasanya di dalam kabin mobil selalu tergantung pengharum ruangan kabin mobil, hal ini untuk menjaga agar bau ruangan kabin menjadi enak dihirup sehingga pengemudi maupun penumpang dapat merasa nyaman. Nah selain menggunakan pengharum ruangan, untuk mengusir bau tidak enak atau tidak sedap pada kabin mobil bisa menggunakan cuka. Caranya adalah dengan meletakkan segelas cuka ke kabin mobil kemudian tutup pintu dan jendela mobil serta biarkan semalam. Pada esok harinya bau yang tidak enak akan hilang.

Cuka Bermafaat Untuk Membersihkan Kotoran Burung di Bodi Mobil

Tidak hanya di interior saja, ternyata cuka juga dapat membersihkan dan memaksimalkan penampilan mobil pada bagian eskterior. Salah satunya adalah untuk membersihkan kotoran burung yang menempel pada bodi mobil. Kotoran burung ini memang menyebalkan jika menempel di bodi mobil lalu mengering, karena susah untuk dibersihkan. Nah dengan larutan cuka ini sobat guru otomotif dapat membersihkan kotoran burung yang telah mengering pada bodi mobil, caranya adalah dengan mengoles dan menggosok secara perlahan larutan cuka pada kotoran burung di bodi mobil, gosok menggunakan kain bersih dan halus, agar bodi mobil tidak lecet.

Cuka Bermanfaat Untuk Mencegah Embun Beku

Manfaat dari cuka yang satu ini mungkin khusus untuk daerah-daerah yang dingin dimana ketika musim dingin embun yang menempel pada jendela mobil dapat menjadi beku, dan cuka bermanfaat untuk mencegah embun membeku. Caranya yaitu dengan mengolesi permukaan kaca atau jendela mobil dengan larutan cuka. Dan lakukan tips ini sebelum mobil ditinggal sehingga embun tidak membeku di jendela.

Cuka Bermanfaat Mengembalikan Elastisitas Wiper Mobil

Karet yang ada pada wiper mobil sering kehilangan sifat elastisitasnya karena umur pemakaian maupun pengoperasian wiper yang salah misalnya ketika kondisi kaca kering dan ada kotorannya. Dan ternyata cuka dapat mengembalikan sifat elastisitas karet pada wiper mobil, selain itu tentu wiper mobil menjadi bersih. Caranya adalah dengan mencampur cuka dengan air dan bersihkan wiper mobil dengan larutan cuka tersebut menggunakan kain bersih.

Cuka Bermanfaat Mengkilapkan Krom

Komponen-komponen pada mobil yang berbahan krom seperti pada velg roda atau list mobil apabila bersih mengkilap tentu akan menjadi dambaan setiap orang. Namun sayangnya seiring umur pemakaian mobil, komponen krom akan menjadi kotor dan kusam walaupun sudah dicuci. Nah untuk mengatasi itu, sobat dapat menggunakan larutan cuka untuk membersihkan komponen-komponen krom seperti velg roda atau list mobil, caranya yaitu dengan mengelap atau menggosokkannya menggunakan kain bersih. Lihat lah hasilnya dan perbedaannya.

Cuka Bermanfaat Untuk Melepas Stiker Pada Bodi Mobil

Manfaat terakhir dari cuka yaitu untuk membantu dalam melepas stiker mobil. Karena stiker pada mobil apabila dilepas sering meninggalkan bekas yang susah untuk dihilangkan, dengan bantuan larutan cuka ini kita dapat melepas stiker dan juga membersihkan bekasnya. Caranya adalah dengan mencipratkan larutan cuka pada stiker yang menempel pada mobil, setelah dilepas jika ada bekasnya maka gosok perlahan-lahan menggunakan kain bersih dan lembut yang telah dicelupkan dengan larutan cuka.
Itulah beberapa manfaat cuka untuk membersihkan mobil, bagaimana sudah tahu caranya bukan? Adakah diantara sobat yang pernah mempraktikkannya dan berhasil? Atau ada cara yang lain lagi? Yuk dishare jika bermanfaat. salam Otomotif!

Label: