Inilah Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel yang Perlu Anda Ketahui

Motor diesel atau mesin diesel adalah salah satu jenis mesin yang banyak dipakai pada kendaraan-kendaraan besar seperti truk, bis, ataupun alat-alat lain yang membutuhkan tenaga besar. Jika listrik padam, kita juga mungkin melihat beberapa toko atau supermarket yang menghidupkan genset (baca: jenset) untuk mensuplai listriknya, nah genset tersebut juga bermesin diesel. Jadi penggunaan mesin diesel sangat banyak sebagaimana penggunaan mesin bensin. Namun perlu sobat ketahui bahwa motor diesel juga memiliki keuntungan dan kerugian sebagaimana mesin bensin. Disini Guru Otomotif akan memaparkannya kepada sobat tentang keuntungan dan kerugian dari mesin atau motor diesel ini.


Namun sebelum kita bahas apa saja keuntungan dan kerugian dari motor diesel, kita perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa prinsip kerja dari mesin diesel ini, karena syarat agar kita mengetahui keuntungan atau kerugian dari sesuatu maka kita harus mengenal sesuatu tersebut.  Betul tidak?

Baca Juga: Prinsip dan Cara Kerja Mesin Diesel

Mesin diesel adalah mesin jenis pembakar dalam (internal combustion engine), artinya proses kerja mesin diesel terjadi di dalam mesin, sama seperti mesin bensin. Prinsip mendasar dari mesin diesel jika dilihat dari proses kerjanya adalah bahwa mesin diesel hanya udara saja yang diisap ke dalam ruang bakar melalui katup isap. Hal ini lah yang membedakan dengan mesin bensin, jika pada mesin bensin yang diisap ke dalam ruang bakar adalah udara dan bahan bakar bensin. Lalu kenapa hanya udara saja yang diisap ke dalam ruang bakar pada mesin diesel?

Karena udara tersebut setelah diisap ke dalam ruang bakar selanjutnya dikompresi atau dimampatkan oleh piston di dalam ruang bakar agar suhu dan tekanan udaranya meningkat. Ketika suhu dan udaranya sudah naik lalu bahan bakar solar disemprotkan melalui nozle atau penyemprot ke dalam ruang bakar. Sehingga tercampurlah antara bahan bakar solar dengan udara yang bersuhu tinggi dan bertekanan tinggi, dengan sendirinya kemudian partikel-partikel bahan bakar solar tersebut terbakar.

Itulah prinsip dasar yang harus diingat betul, lalu setelah kita mengetahui prinsip kerja dari mesin diesel, ada beberapa keuntungan dan kerugian dari mesin diesel yang harus kita ketahui, hal ini bisa dijadikan bahan referensi pertimbangan jika sobat hendak membeli mobil, apakah yang bermesin bensin ataukah diesel. Jadi inilah keuntungan dan kerugian motor diesel:

Keuntungan atau Keunggulan Mesin Diesel

Motor atau mesin diesel memiliki keuntungan diantaranya:
  1. Pemakaian bahan bakar yang lebih hemat, karena efisiensi panasnya lebih baik, kemudian biaya operasionalnya juga hemat karena harga solar yang lebih murah. Sobat bisa cek sendiri harga solar di SPBU terdekat.
  2. Daya tahan pada mesin diesel lebih lama dan gangguannya lebih sedikit karena tidak ada sistem pengapian pada mesin diesel. Hal ini seperti yang sudah Guru Otomotif jelaskan pada prinsip kerja mesin diesel di atas.
  3. Jenis bahan bakar yang digunakan lebih banyak.
  4. Pengoperasian lebih mudah dan cocok digunakan untuk jenis kendaraan besar yang membutuhkan tenaga besar. Karena variasi momen yang terjadi pada perubahan tingkat kecepatan lebih kecil.

Kerugian atau Kelemahan Mesin Diesel

Selain itu, ternyata mesin diesel juga memiliki kerugian atau kelamahan yaitu sebagai berikut:
  1. Suara atau getaran yang dihasilkan mesin diesel lebih besar yaitu hampir 2 (dua) kali lebih besar dari pada motor bensin. Hal ini disebabkan karena tekanan yang sangat tinggi ketika proses pembakaran, dengan tekanan sebesar kurang lebih 60 kg/cm persegi.
  2. Berat persatuan daya dan biaya produksi pada mesin diesel lebih besar. Ini disebabkan karena bahan dan konstruksi mesin diesel lebih rumit untuk rasio kompresi yang tinggi.
  3. Pembuatan pompa injeksi lebih teliti sehingga perawatannya lebih sulit.
  4. Memerlukan kapasitas baterai dan motor starter yang besar agar bisa memutar poros engkol dengan kompresi tinggi. jika menggunakan engkol, maka yang mengengkol/menyelah pun harus kuat.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian motor diesel yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: