Dampak Membawa Beban Berat Berlebih pada Mobil dan Kerusakannya

Momen mudik adalah momen yang sangat berharga sekali terlebih bagi mereka yang jarak ke kampung halamannya sangat jauh, maka mudik adalah saat-saat yang dinantikan. Dan karena mudik merupakan momen yang spesial, makanya ketika mudik banyak orang yang membawa berbagai macam oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halamannya atau sebaliknya. Bagi Sobat yang melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi pasti pernah dong mudik atau melakukan perjalanan jauh dengan membawa banyak barang bawaan entah oleh-oleh atau semacamnya, yang menyebabkan mobil mendapatkan bobot atau beban tambahan yang berat.


Mudik dengan menggunakan beban berat pada mobil ternyata menyebabkan beberapa dampak yang buruk pada kendaraan. Hal ini sebagaimana hasil dari pengujian yang dilakukan oleh Auto Bild tentang efek penambahan beban yang penuh pada perubahan tingkah laku mesin kendaraan.

Akselerasi Menjadi Berkurang

Mobil yang membawa beban penuh ketika menyalip akan kehilangan tenaganya, sehingga perlu berhati-hati ketika hendak menyalip kendaraan lain dan memastikan adanya space yang cukup, hal ini karena tenaga menjadi berkurang saat akselerasi akibat dari beban kendaraan yang terlalu berat, dibandingkan dengan mobil yang tidak membawa beban terlalu berat. Maka dari itu ketika Sobat membawa mobil dengan beban berat tatkala mudik perhatikanlah kemampuan mobil dalam akselerasi hal agar ketika menyalip bisa memperkirakan kecepatan dan waktu yang diperlukan mobil untuk menyalip.

Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Masalah konsumsi bahan bakan ketika membawa mobil dengan beban berat juga berkaitan dengan masalah pertama di atas, akselerasi yang berat akan memaksa pengemudi untuk menekan pedal gas lebih dalam agar mencapai kecepatan yang sama dengan tatkala membawa mobil tanpa beban berat. Dan akibatnya mesin memerlukan daya dari bahan bakar yang semakin banyak lagi. Semakin kecil torsi mobil maka akan semakin besar kosumsi bahan bakarnya ketika mobil membawa beban berat.

Pengereman Menjadi Lebih Jauh

Membawa mobil dengan beban berat akan membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh dari pada mobil yang tidak membawa beban berat, namun jika mobil (dengan beban berat) menggunakan rem ABS (Antilock Brake System) maka keadaan ban masih tetap baik untuk pengereman, jarak pengereman yang dihasilkan tidak ada selisih yang begitu jauh dibandingkan mobil yang tidak membawa beban berat.

Namun untuk mencapai jarak waktu pengereman yang normal, pengemudi harus menekan pedal rem lebih dalam agar mendapatkan tingkat deselerasi mobil yang sama dengan mobil yang tidak membawa beban berat. Dan jika mobil melewati jalanan yang basah maka jarak pengereman akan semakin berselisih jauh antara mobil yang membawa beban berat dengan mobil yang tidak membawa beban berat.

Pengendalian Sulit Ketika Menikung

Berat mobil yang berlebihan dapat berpengaruh pada saat mobil menikung. Hal ini sesuai dengan hukum fisika yaitu ketika mobil melewati tikungan dengan beban yang berat maka ada gaya sentrigfugal yang besar juga untuk mendorong mobil  keluar.

Baca Juga: Mobil Overheating Jangan Dipaksa Jalan, Ini Dampaknya

Selain itu ada masalah lain berupa kelimbungan mobil yang dapat mengurangi daya cengkeram roda sehingga resiko mobil terbalik menjadi besar. Dan oleh karena itu jika Sobat mengemudikan mobil yang membawa beban berat ketika mudik, kemudikanlah mobil dengan hati-hati dan lebih halus, serta hindari setir yang mendadak.

Ground Clearence Berkurang

Semakin empuk sistem suspensi pada mobil, maka penurunan ketinggian mobil akan semakin terlihat ketika mobil membawa beban berat, sehingga jarak atara mobil dengan tanah (ground clearence) pun semakin kecil, mobil terlihat lebih ceper. Dan efek ini akan sangat berbahaya jika mobil melewati jalan yang rusak atau bergelombang, mobil bisa bergesekan dengan permukaan jalan dan menyebabkan kerusakan pada bagian kolong bawah mobil.

Itulah beberapa dampak membawa beban berat berlebih pada mobil dan kerusakannya, semoga dapat menambah wawasan kita dalam bidang otomotif. Salam Otomotif!

Label: