Cara Merawat Warna Doff Pada Mobil

Warna doff adalah warna yang memiliki karakter seperti kusam karena tidak memantulkan sinar jika terkena cahaya matahari maupun memantulkan sinar lampu di malam hari, warna doff pada mobil ini terlihat lebih teduh. Biasanya pabrik kendaraan mengeluarkan mobil ataupun sepeda motor dengan warna metalik yang memiliki karakter terang serta memantulkan cahaya karena warna-warna metalik banyak disukai orang kala itu. Namun saat ini warna doff pada mobil mulai disukai banyak orang., karena warna doff membuat mobil atau sepeda motor menjadi lebih kalem. Namun merawat warna doff pada kendaraan ternyata tidak mudah dan memerlukan perawatan khusus agar warna doff lebih tahan lama. Karena jika salah dalam merawat warna doff pada kendaraan maka justru akan membuat warna doff menjadi hilang dan pasti warnanya tidak lagi menarik.


Tips Merawat Warna Doff di Bodi Mobil

Agar warna doff yang ada pada bodi mobil tetap menarik dan tahan lama, maka lakukanlah beberapa tips atau cara dalam merawat warna doff pada mobil ini, selain itu tips ini juga bisa dipakai juga untuk warna doff pada komponen-komponen yang ada pada mobil maupun kendaraan, karena ada komponen tertentu (bukan hanya bodi) pada mobil maupun sepeda motor yang menggunakan warna doff. Berikut ini tipsnya..

Perhatikan Ketika Mengelap Warna Doff

Kelemahan dari warna doff pada mobil yaitu warnanya mudah mengalami cacat jika mendapat goresan seperti misalnya ketika mengelap menggunakan kain kering namun ada debu atau pertikel kecil lainnya, sehingga ketika dilap partikel atau debu tersebut justru menggores bodi mobil yang berwarna doff. Maka sebagai tipsnya ketika mengelap untuk membersihkan warna doff sebaiknya bersihkan terlebih dahulu permukaan yang berwarna doff tersebut dengan kain halus, agar debu atau kotoran dapat terangkat terlebih dahulu. Dan jika sobat langsung mengguyur atau menyiramkan air pada permukaan yang akan dibersihkan juga sama saja karena terkadang debu atau kotoran tidak bisa hilang dengan mudah.

Persiapan yang Baik Ketika Mencuci

Dalam mencuci pun butuh persiapan agar proses mencuci tidak ala kadarnya yang akhirnya membuat cat menjadi rusak, untuk itu persiapan yang matang perlu dilakukan seperti menyiapkan dua ember untuk diisi air bersih, yang satu ember dicampur dengan sabun sedangkan yang satunya lagi khusus air untuk membilas mobil. Dan persiapkan juga alat-alat untuk mencuci mobil seperti busa lembut, sabun khusus untuk mencuci mobil dan lap kanebo. Dan pastikan bahwa busa atau kanebo yang dipakai tidak kotor atau terdapat kotorannya yang dapat membuat bodi mobil menjadi tergores.

Gunakan Sabun Atau Shampo Khusus Mobil

Dalam mencuci bodi mobil tidak boleh sembarangan dalam menggunakan shampo atau sabun, karena zat kimia yang terkandung juga berbeda sehingga tidak merusak bodi mobil. Maka sebagai tipsnya gunakan sabun atau shampo khusus bodi mobil yang dijual di toko-toko. Biasanya shampo atau sabun bodi mobil gampang berbusa. Tuangkan shampo ke dalam ember khusus shampo dan cucilah mobil dengan busa yang lembut, hindari menggosok dengan keras.

Dan jika ada kotoran yang sulit untuk dibersihkan seperti bekas karet, ataupun kotoran hewan maka sobat dapat membersihkannya dengan cara menggosok dengan sikat kiki secara perlahan, dan jangan terlalu kencang karena dapat berbekas lecet pada bodi mobil.

Jangan Semprot Bodi Mobil dengan Air Bertekanan Tinggi

Setelah selesai menggosok bodi mobil dengan sabun atau shampo khusus, maka bilaslah dengan air bersih. Namun ketika membilas mobil jangan menggunakan air bertekanan tinggi, hal ini dapat membuat bodi mobil mendapat tekanan tinggi. maka sebaiknya siramlah dengan menggunakan air yang tidak bertekanan terlalu tinggi, namun lebih lembut aliran airnya atau menggunakan air mengalir. Hal ini berlaku juga ketika mengguyur air untuk pertama kali sebelum memberikan shabun pada bodi mobil. Dan jangan lupa untuk membersihkan pada bagian-bagian mobil yang sempit atau disela-sela, karena biasanya bagian tersebut terlewatkan sehingga kotoran masih menempel dan lama kelamaan dapat bertumpuk.

Lap Bodi Mobil dengan Kanebo Setelah Selesai Mencuci

Jika proses pembilasan sudah selesai maka keringkan bodi mobil dengan lap kanebo yang bersih dan masih layak pakai, bukan kanebo yang telah kaku dan kotor atau ada bekas lipatan yang kaku. Atau bisa juga menggunakan kain yang lembut. Dan usapkan atau lap permukaan bodi mobil dengan pelan jangan terlalu kasar.

Gunakan Wax Atau Poles Mobil

Agar hasil dalam mencuci dan perawatan bodi mobil ini semakin baik, maka sobat dapat memberikan wax atau memoles permukaan bodi mobil. Selain dapat melindungi warna doff pada mobil wax juga akan menjaga permukaan bodi dari kotoran sehingga tidak melekat.
Itulah beberapa cara merawat warna doff pada mobil, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan dapat dipraktekkan sendiri. Salam Otomotif!

Label: