Cara Mengatasi Kunci Kendaraan yang Hilang

Namanya manusia pasti pernah lupa, asal tidak lupa dengan nama sendiri, hehe. Terlebih jika dalam kondisi yang terburu-buru terkadang membuat kita lupa suatu hal. Namun apa jadinya jika yang kita lupakan itu bukan kenangan dengan mantan, tapi kunci mobil, pasti membuat kita semakin kesal dan panik, lebih-lebih itu adalah kunci mobil. Jika sudah terjadi demikian maka panik dan rasa takut pasti menghampiri karena dengan cara bagaimana kita dapat membuka pintu mobil atau menjalankan mobil tersebut. Nah jika ini terjadi pada sobat maka jangan panik terlebih dahulu, sebaiknya tenangkan pikiran dan cobalah cari kembali dan diingat-ingat kapan terakhir kali memegang atau menaruh kunci tersebut. Dan jika memang sudah lupa dan tidak dapat ditemukan lagi, maka cobalah beberapa tips dan cara mengatasi kunci kendaraan yang hilang.


Ambil Kunci Cadangan Kendaraan

Cara yang paling pertama setelah mencari kesana kemari tidak menemukan kunci yang hilang, maka ambillah kunci cadangan. Dan oleh karena itu sebaiknya sobat selalu memiliki kunci cadangan untuk berjaga-jaga jika kunci utama hilang. Lalu simpan kunci cadangan itu ditempat khusus yang mudah diingat.
Selain itu sobat juga persiapkan kunci cadangan yang ditaruh di dompet misalnya, sehingga ketika kunci tersebut hilangnya ketika sobat tidak di rumah, misalnya di luar kota, maka sobat tidak perlu repot untuk mengambil kunci cadangan di rumah. Untuk itu sediakan kunci cadangan lebih dari satu, yang disimpan di rumah dan disimpan di dompet atau mana saja yang biasa dibawa kemana-mana.

Membeli Kunci Cadangan

Jika sobat tidak memiliki kunci cadangan, maka cara mengatasinya adalah dengan membeli kunci cadangan, walaupun membeli kunci cadangan tidak mudah. Untuk amannya sebaiknya sobat menanyakan terkait kunci cadangan ini ke pihak dealer tempat membeli mobil. Selain itu bisa juga dengan membeli kunci cadangan di toko otomotif yang lain. Namun dalam membeli kunci cadangan ini diperlukan surat-surat bukti kepemilikan mobil atau kendaraan, hal ini untuk menghindari tindak kejahatan yaitu pencurian.

Manfaatkan Layanan Garansi

Jika hanya terjadi kerusakan pada kunci seperti tidak dapat digunakan untuk menstarter (kunci elektrik) atau membuka pintu maka segeralah menghubungi pihak dealer agar mendapatkan kunci yang baru jika kendaraan masih dalam masa garansi. Dan biasanya ada garansi juga untuk kehilangan kunci, walaupun ada yang tidak. Maka sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pihak diealer tempat membeli mobil.

Menghubungi Ahli Kunci

Jalan terakhir adalah dengan menghubungi ahli kunci untuk posisi darurat, karena yang penting bisa membuka pintu kendaraan atau membawa kendaraan tersebut ke tempat yang lebih aman. Jadi sebaiknya hubungi dealer namun jika jauh semisal sedang berada di luar kota maka dapat menghubungi ahli kunci. Setelah mobil dapat dipindahkan atau kunci dapat digunakan semetara waktu maka segeralah proses kehilangan kunci tersebut di dealer tempat membeli mobil, supaya mendapatkan solusi yang baik.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi kunci kendaraan yang hilang, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Label: