Cara Memeriksa Ban Luar Kendaraan yang Baik dan Benar

Pemeriksaan ban luar sering kita lakukan jika kita hendak melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi. Walau terkadang kita malas melakukan pemeriksaan ban ketika kendaraan tersebut hanya dipakai pada jarak yang dekat, padahal lama kelamaan ban luar pada kendaraan tersebut akan mengalami kerusakan juga. Dan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka alangkah baiknya jika kita memeriksa ban luar kendaraan tidak hanya disaat mau berkendara jauh saja, akan tetapi setiap pemeriksaan ban kita lakukan sewaktu-waktu dan tentunya dengan cara yang baik dan benar. Lalu bagaimana cara memeriksa ban luar kendaraan?


Periksa Kesesuaian Ban dengan Pelek yang digunakan

Ukuran ban luar harus sesuai dengan pelek yang dipakai. Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan cara melihat ukuran ban pada sidewall ban dan kemudian dibandingkan dengan ukuran pelek yang digunakan. Jika sobat bingung bagaimana cara membacanya maka sobat dapat membacanya di artikel cara membaca kode ukuran ban dan pelek. Jika ukuran pelek dan ban tidak sesuai maka dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini:
  1. Posisi dudukan bead kurang sempurna (ban tidak melekat dengan baik).
  2. Saat menikung ban mungkin bisa terlepas dari pelek.
  3. Pada ban tubeless, tidak bisa menjaga tekanan angin dengan sempurna.
  4. Ban dalam bisa jadi terkoyak yang disebabkan karena terjepit bead pada pelek yang lebih sempit.
  5. Jika pelek lebih lebar, dinding samping ban terlalu tegang, sehingga pengendaraan menjadi keras.


Pemeriksaan Keausan Ban

Memeriksa keausan ban dapat dilakukan dengan melihat indikator keausan ban pada tread. 

Jika keausan tread sudah mencapai indikator, maka ban tersebut harus diganti. Untuk lebih jelas tentang indikator-indikator ban luar harus diganti dan alasan kenapa ban luar harus diganti.

Pemeriksaan Tekanan Angin Ban

Salah satu faktor yang dapat memperpendek usia pemakaian ban yaitu tekanan angin pada ban yang tidak sesuai. Tekanan angin yang berlebihan akan menyebabkan berkurangnya kenyamanan pengendara, slip ke samping, irisan dan pecah pada tread karena tumbukan serta keausan yang cepat pada tengah tread. Sedangkan tekanan angin yang kurang akan menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi boros, bagian luar tread menjadi lebih cepat aus, terlepasnya ikatan ply-cord dari karet ban, dan juga keretakan pada sidewall.

Pemeriksaan Kerusakan Luar

Cara memeriksa kerusakan luar ban dapat dilakukan dengan mengamati secara visual. Diantaranya pada komponen:


Itulah beberapa cara memeriksa ban luar kendaraan yang baik dan benar, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa sobat praktekkan sendiri pada kendaraan sobat, sehingga kondisi ban luar pada kendaraan tersebut selalu terpantau dan sesuai dengan standar kelayakan pemakaian ban demi kelesamatan pengendara maupun oranglain. Yuuk berbagi. Salam Otomotif!

Label: