Cara Kerja Transmisi Manual Sepeda Motor

Sepeda motor yang menggunakan transmisi manual memang lebih ribet dari pada sepeda motor yang menggunakan transmisi otomatis, karena pengoperasian transmisinya dilakukan secara manual menggunakan pedal kaki. Meski begitu transmisi manual tetap banyak digunakan pada sepeda motor bertipe bebek maupun sepeda motor besar. Namun sebelum kita membahas lebih jauh cara kerja dari transmisi manual ini, Guru Otomotif akan ulas terlebih dahulu apa fungsi dari transmisi ini secara umum, sehingga kita tahu bahwa transmisi dibutuhkan oleh sepeda motor.


Sebagaimana yang telah dibahas pada artikel sebelumnya tentang prinsip kerja sistem pemindah tenaga, bahwa sepeda motor selain dapat meneruskan atau memindahkan tenaga hasil output mesin ke roda, sepeda motor juga harus mampu berjalan dalam semua kondisi jalanan baik jalan yang datar maupun menanjak atau menurun. Dan oleh karena itu sepeda motor membutuhkan sistem pemindah tenaga, di dalam sistem pemindah tenaga terdapat komponen transmisi yang akan kita bahas pada artikel ini.

Fungsi Transmisi dan Prinsip Transmisi

Transmisi atau gigi transmisi berfungsi untuk mengatur momen atau tenaga mesin sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui mesin sepeda motor, momen atau tenaga mesin tersebut selanjutnya diatur dan dibagi tingkat kecepatannya. Sedangkan prinsip kerja dari sistem transmisi adalah mekanisme yang bisa dipakai untuk mengubah kecepatan putaran poros engkol menjadi kecepatan yang diinginkan untuk tujuan tertentu dan sesuai dengan kondisinya pada sepeda motor.

Komponen Utama Transmisi Sepeda Motor

Komponen utama pada gigi transmisi sepeda motor terdiri dari rangkaian susunan gigi-gigi yang berpasangan dan berbentuk kemudian menghasilkan perbandingan gigi-gigi. Salah satu pasangan gigi berada di poros utama (input shaft atau main shaft) dan pasangan gigi lainnya ada di poros keluar (output shaft atau counter shaft). Jumlah gigi kecepatan yang ada pada transmisi tergantung dari model dan fungsi sepeda motornya. Semisal sepeda motor tipe bebek biasanya menggunakan gigi berjumlah 4. Untuk sepeda motor kelas menengah ke atas biasanya gigi transmisinya berjumlah 5. Dan cara pengoperasionalnya untuk mengunci gigi adalah dengan menekan atau menginjak pedal transmisi.

Cara kerja Transmisi Manual

Ada dua tipe dari transmisi yang dipakai pada sepeda motor, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Pada artikel ini Guru Otomotif akan bahas bagaimana cara kerja dari transmisi manual. Cara kerja dari transmisi manual adalah sebagai berikut:


Ketika pedal atau tuas transmisi ditekan. Maka poros pemindah gigi akan berputar. Dan bersama itu lengan pemutar shift drum akan mengait dan mendorong shift drum hingga bisa berputar. Shift drum tersebut dipasang dengan garpu pemilih gigi yang diberi pin. Pin tersebut akan mengunci garpu pemilih pada bagian ulir cacing. Supaya shift drum bisa berhenti berputar pada titik yang dikehendaki, maka bagian lain yang dekat dengan pemutar shift drum dipasang dengan sebuah roda yang dilengkapi pegas dan juga bintang penghenti putaran shift drum. Penghentian putaran shift drum ini akan berbeda pada tiap jenis sepeda motor, namun pada prinsipnya sama.

Garpu pemilih gigi terhubung dengan gigi geser (sliding gear). Gigi geser tersebut kemudian akan bergerak ke kanan maupun ke kiri mengikuti gerak garpu pemilih gigi. Dan setiap pergerakan dari gigi geser tersebut akan mengunci gigi kecepatan yang dikehendaki dengan bagian poros tempat gigi tersebut berada.

Gigi geser baik yang ada pada poros utama maupun yang berada di poros pembalik atau poros output, tidak bisa berutar bebas pada porosnya. Dan ini berbeda dengan gigi kecepatan (kecepatan 1-4 atau seterusnya), nah gigi-gigi percepatan tersebut bisa bebas berputar pada masing-masing porosnya. Sehingga yang dimaksud dengan gigi masuk pada sepeda motor sebenarnya adalah mengunci gigi kecepatan degan poros tempat gigi itu berada, yang mengunci adalah gigi geser.

Itulah cara kerja transmisi manual sepeda motor, semoga artikel ini dapat bermanfaat. sedangkan untuk cara kerja dari transmisi otomatis sepeda motor akan Guru Otomotif bahas pada artikel sendiri. Terima kasih telah mengunjungi blog Guru Otomotif, silahkan bertanya atau lainnya dengan cara komentar di kolom komentar di bawah ini. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja Transmisi Manual Sepeda Motor"

Poskan Komentar