Begini Cara Membersihkan Injektor Motor EFI

Injektor yang ada pada motor EFI (Electronic Fuel Injection) memiliki peran yang sangat vital dalam mensuplai bahan bakar ke ruang silinder, seperti komponen pada karburator, injector perlu di bersihkan, dan tentu jangan sembarangan dalam membersihkan injector motor EFI. Sebelum kita bahas bagaimana cara membersihkan injector ini, kita mengingat lagi apa itu EFI. Motor EFI adalah motor yang menggunakan injeksi atau penyemprotan dalam suplai bahan bakarnya, penyemprotan bahan bakar tersebut dikontrol oleh ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Electronic Control Module) dimana pengontrolan kapan penginjeksian dan berapa jumlah injeksi/penyemprotan bahan bakar tersebut berdasarkan  pada informasi-informasi dari sensor-sensor yang ada pada mesin yang memberitaukan tentang kondisi mesin. Cara kerja atau prinsip kerja mesin EFI memang kompleks, dan oleh karena itu silahkan baca artikel tentang cara kerja mesin EFI pada sepeda motor.


Injector sendiri mempunyai fungsi untuk menyemprotkan atau menginjeksikan serta mengkabutkan bahan bakar ke dalam ruang bakar pada silinder motor. Maka agar hasil penyemprotan atau pengkabutan dari injector itu bagus maka injector tidak boleh kotor atau bahkan tersumbat. Karena jika ada masalah tersebut pada injector, akan menggangggu dan mengurangi performa mesin. Masalah yang ditimbulkan jika injector kotor atau tersumbat bisa berupa mesin menjadi tersendat, tarikan motor menjadi kurang bertenaga dan bahkan mesin bisa mati karena bahan bakar tersumbat di injector. Oleh karena itu jika sobat tidak ingin masalah tersebut terjadi, maka jangan malas untuk membersihkan injector. Dalam membersihkan injector sobat bisa melakukannya di bengkel atau dilakukan sendiri dirumah, namun perlu hati-hati. Bagi sobat yang ingin membersihkan sendiri maka bisa menggunakan cara yang Guru Otomotif bahas di artikel ini. Dan beginilah cara membersihkan injector motor EFI:

Tips dan Cara Membersihkan Injector Motor EFI

Cara membersihkan injector motor atau mesin EFI bisa dilakukan dengan tiga hal berikut ini. Simak baik-baik ya.

Membersihkan dengan Injector Cleaner

Cara membersihkan injector menggunakan injector cleaner ini sangat mahal karena harga alatnya mahal, cara ini hanya bisa dilakukan di bengkel khusus yang menyediakan layanan membersihkan injector, alatnya namanya Injector Cleaner & Tester, bahkan tidak semua bengkel memiliki alat ini karena harganya yang mahal. Cara membersihkannya yaitu dengan melepas injector, lalu injector tersebut dimasukkan ke dalam alat Injector Cleaner & Tester tadi lalu dioperasikan dan kemudian akan diketahui debit atau tekanan dari injector. Dan jika debit atau tekanannya kurang dari spesifikasi injector, maka bisa disebabkan masalahnya adalah injector kotor. Lalu injector akan direndam dengan suatu cairan khusus yang diberi getaran ultrasonic agar kotoran pada injector dapat luruh dalam larutan tadi.


Jika sobat ingin menggunakan cara ini maka bawalah motor EFI sobat ke bengkel resmi atau bengkel khusus yang menyediakan layanan membersihkan injector.

Membersihkan dengan Infus

Membersihkan injector dengan infus ini saat ini sudah banyak dilakukan di bengkel-bengkel resmi. Proses pembersihannya yaitu dengan menjadikan cairan carbon cleaner sebagai ‘pengganti’ bahan bakar sementara. Cairan carbon cleaner tersebut disuntikkan dengan alat seperti infus. Caranya dengan melepas selang bahan bakar lalu disambungkan pada tabung khusus yang telah diisi dengan cairan carbon cleaner.


Tabung tersebut lalu diisi udara bertekanan dari kompresor untuk membantu memasukkan cairan carbon cleaner ke dalam ruang bakar. Selanjutnya mesin motor akan dinyalakan dan digas. Cara seperti ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 5 menit saja. Setelah cairan carbon cleaner habis lalu mesin motor akan mati sendiri. Dengan begitu injector telah bersih dan tanpa perlu melepas injector.


Membersihkan dengan Carbon Cleaner

Cara yang terakhir ini adalah cara yang paling mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah meskipun tidak memiliki peralatan bengkel. Yaitu membersihkan injector dengan carbon cleaner seperti Ya***ube Carbon Cleaner atau jenis lain yang bisa dibeli di bengkel-bengkel otomotif. 


Caranya mudah yaitu dengan memasukkan atau mencampurkan cairan carbon cleaner tersebut ke dalam tangki bahan bakar yang berisi bahan bakar antara 3,5 liter sampai dengan 5 liter, lalu hidupkan motor dan digas atau pakailah motor sebagaimana biasanya. Cara ini bisa dilakukan setiap 3000 km agar injector motor EFI selalu bersih.

Baca Juga: Tips Mengatasi Motor Matic yang Terendam Banjir

Demikianlah artikel tentang begini cara membersihkan injektor motor EFI, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang otomotif. Jika artikel ini membantu dan bermanfaat yuuk dishare agar yang lain mendapatkan manfaat yang sama. Salam Otomotif!

Label: