Anggapan-Anggapan Ini Keliru Tentang Menghemat BBM

Harga bahan bakar hampir selalu naik dari tahun ke tahun, dan diprediksi akan semakin naik mengingat bahwa cadangan bahan bakar minyak yang jumlahnya terbatas. Untuk itulah saat ini banyak orang khususnya diindustri kendaraan berlomba dalam menciptakan teknologi yang dapat menghemat bahan bakar, berbagai riset pun dilakukan untuk menemukan sumber energi lain atau alternatif yang lebih murah dari pada bahan bakar minyak (BBM). Walaupun saat ini sudah ada teknologi mobil yang sama sekali tidak menggunakan bbm karena energinya menggunakan listrik,  namun harganya masih sangat mahal.


Bagi sebagian orang, cara apapun harus dilakukan demi membuat agar kendaraannya hemat bbm, mulai dari modifikasi mesin, menambah cairan tertentu pada bensin, hingga menambah alat-alat khusus pada kendaraannya agar bisa menghemat BBM. Namun sayangnya cara-cara tersebut hanya berlandaskan anggapan saja dan ada yang keliru serta tidak dapat dibuktikan kebenarannya namun sudah terlanjur diyakini bahwa cara tersebut bisa menghemat BBM. Apa saja anggapan–anggapan yang keliru seputar menghemat BBM?

Mengisi BBM di Pagi Hari Agar Isinya Lebih Banyak

Anggapan ini sempat beredar dan ada yang masih mempercayainya, bahwa mengisi BBM atau bensin di waktu pagi hari akan berbeda yakni lebih banyak dibandingkan mengisi BBM di siang hari atau malam hari. Alasan dari anggapan ini adalah bahwa mengisi BBM di pagi hari akan mendapatkan BBM yang lebih kental sehingga jika mengisi di pagi hari jumlah BBM yang didapat lebih banyak. Padahal di dalam tangki bensin (di bawah tanah pom bensin) suhu nya terjaga dan sama pada semua kondisi. Jadi sama saja ketika kita mengisi BBM di waktu pagi hari, siang hari, atau malam hari. Dan tidak ada perbebedaan signifikan.

Mengisi BBM Hingga Full Tank Membuat Hemat

Anggapan ini juga diyakini sebagian orang dapat membuat bahan bakar kendaraan menjadi hemat, yaitu mengisi bensin secara full atau bahkan hingga meluber sehingga persediaan bensin di dalam tangki kendaraan menjadi penuh. Cara ini diharapkan agar kita bisa berhemat waktu dan tidak perlu bolak-balik mengisi bensin. Padahal bensin yang tumpah atau meluber akan sia-sia juga dan dibuang begitu saja, tentu tidak hemat bukan?

Mengisi BBM Jangan Penuh Untuk Memperlambat Penguapan

Lain halnya mengisi BBM secara penuh dan luber, anggapan ini berkebalikannya, yaitu tidak mengisi tangki BBM secara penuh dengan harapan untuk memperlambat penguapan bensin. Mencegah penguapan bensin untuk menghemat BBM memang benar. Namun jika sobat mengisi BBM hanya 3/4 nya tangki saja, maka cara itu tidak memberi efek apa-apa. Karena kendaraan sekarang khususnya mobil telah dilengkapi dengan vapor recovery system yang fungsinya untuk menekan penguapan walaupun tangki BBM diisi dengan penuh.


Transmisi Manual Membuat BBM Lebih Hemat

Khususnya pada mobil, mengganti gigi perseneling pada transmisi manual dengan baik dan benar memang dapat membuat BBM menjadi lebih hemat. Namun teknologi sekarang ini yang ada pada mesin dengan transmisi matic telah diinovasi untuk bisa membuat BBM menjadi hemat juga, selain itu perpindahan gigi pada transmisi matic juga lebih efisien. Sehingga kurang tepat anggapan orang bahwa hanya mobil dengan transmisi manual saja yang bisa menghemat BBM.

Selalu Posisikan Gigi Perseneling Netral

Anggapan yang terakhir ini mungkin terdengar aneh, yaitu mengganti gigi perseneling ke gigi netral bisa membuat BBM menjadi lebih hemat. Pendapat ini beralasan khususnya pada kendaraan injeksi bahwa tidak ada bahan bakar yang diinjeksikan ketika posisi netral karena tidak ada tarikan gas. Anggapan ini kurang tepat karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan sensor yang dapat menutup penginjeksian bahan bakar ke ruang bakar secara otomatis, pada saat kendaraan dalam posisi diam.



Iulah beberapa anggapan tentang menghemat BBM, bagaimana menurut sobat? semoga artikel tentang anggapan-anggapan ini keliru tentang menghemat bbm dapat bermanfaat. salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anggapan-Anggapan Ini Keliru Tentang Menghemat BBM"

Poskan Komentar