7 Teknologi Keselamatan Paling Keren yang Ada di Mobil

Perkembangan teknologi khususnya pada mobil memang pesat, berbagai teknologi canggih bermunculan pada mobil-mobil era modern seperti sekarang ini. Inovasi-inovasi teknologi menghasilkan berbagai fitur canggih untuk melengkapi mobil, baik untuk keselamatan atau juga kenyamanan. Teknologi pada mobil yang kembangkan saat ini lebih cenderung untuk menciptakan mobil dengan bahan bakar yang terbarukan dan tidak bergantung pada bahan bakar minyak dan juga pengurangan emisi gas buang, seperti mobil listrik. Selain itu fitur otomatis juga terus dikembangkan bahkan saat ini sudah muncul mobil tanpa supir atau pengemudi yang dikembangkan oleh google, yang tentu saja dilengkapi dengan berbagai teknologi keselamatan. Berkaca dari perkembangan teknologi saat ini maka kita bisa sedikit memperkirakan bagaimana gambaran teknologi mobil modern di masa depan tersebut.


Berbicara soal teknologi modern pada mobil tidak lepas dari teknologi keselamatan aktif dan juga kenyamanan. Karena kedua hal tersebut terus dikembangkan. Dan bahkan ada yang telah diterapkan pada mobil-mobil saat ini walaupun kebanyakan mobil yang menerapkan teknologi keselamatan aktif adalah mobil bergolongan premium. Walaupun di mobil-mobil murah pun telah ada fitur keselamatan sederhana yaitu sabuk keselamatan, yang bahkan fitur ini sering kali disia-siakan karena tidak sedikit pengemudi maupun penumpang yang tidak memakai sabuk keselamatan. Selain sabuk pengaman atau sabuk keselamatan ada lagi teknologi keselamatan yang telah banyak digunakan bukan saja pada mobil premium, yaitu teknologi rem anti-lock braking system (ABS).

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, fitur keselamatan tersebut semakin bertambah lalu diterapkan pada mobil-mobil yang menjadi daya dongkrak penjualan karena fitur canggihnya tersebut. Nah Guru Otomotif kali ini akan membahas apa saja teknologi canggih pada mobil khususnya dalam fitur keselamatan aktif dalam artikel 7 teknologi keselamatan paling keren yang ada di mobil berikut ini.

Adaptive Headlights

Apa itu adaptive headlights? Pernahkan sobat berkendara pada malam hari dengan cahaya atau penerangan yang minim atau terbatas? Maka pada kondisi tersebut kita membutuhkan sistem penerangan atau lampu pada mobil yang dapat membantu dalam ‘memandu’ perjalanan kita. Teknologi adaptive headlights adalah teknologi pada lampu depan pada mobil yang mempunyai kemampuan untuk mampu beradaptasi dengan kondisi pengendaraan. Prinsip kerja dari adaptive headlights yaitu lampu akan menerangi area yang minim atau kurang cahaya yang searah dengan arah pergerakan mobil. Misalnya ketika mobil berbelok ke kiri maka lampu depan pada mobil akan memberikan penerangan yang lebih pada bagian kiri mobil, begitupun ketika mobil berbelok ke kanan maka lampu depan akan memberikan sorotan penerangan yang lebih banyak di bagian kanan mobil. 


Selain itu teknologi adaptive headlights mampu memberikan sorotan cahaya yang lebih ketika sensor cahaya yang ada pada bagian depan mobil tidak menerima adanya cahaya lain. Maka adaptive headlights akan memberikan sorotan cahaya yang lebih jauh dan lebih luas pada arah depan mobil secara otomatis. Sedangkan ketika sensor cahaya pada bagian depan mobil mendeteksi ada cahaya lain dari arah depan mobil maka secara otomatis pula adaptive headlights akan memperpendek cahaya lampu dan hanya memberikan penerangan yang seperlunya pada bagian depan, sehingga tidak menyilaukan mobil atau kendaraan lain yang berada di depannya (ketika adaptive headlights mendeteksi ada cahaya lampu kendaraan lain di depannya).

Sedangkan fitur pada teknologi adaptive headlights yang lebih canggih lagi (versi terbaru) yaitu telah dilengkapi dengan teknologi kamera inframerah yang berguna untuk mendeteksi adanya hambatan atau halangan arah lampu seperti hadirnya binatang, adanya tumbuhan maupun benda lain yang menghambat sorotan cahaya lampu. Kemudian citra gambar akan ditampilkan pada layar display yang letaknya ada di dashboard sehingga pengemudi akan menjadi lebih waspada karena adanya benda atau binatang yang berada di depannya.

Adaptive Cruise Control (ACC)

Teknologi adaptive cruise control ini adalah teknologi terbaru hasil dari pengembangan teknologi cruise control. Jika teknologi cruise control fungsinya adalah  untuk menjaga kecepatan mobil agar tetap konstan dan stabil tanpa menginjak pedal gas. Maka pada adaptive cruise control telah dikembangkan lagi, yaitu adanya sensor laser yang berada di depan mobil.  


Fitur adaptive cruise control dapat menyesuaikan bukaan throttle gas dan juga pedal rem secara otomatis, sehingga mobil dapat melaku pada jarak yang aman dengan kendaraan yang berada di depannya. Jika adaptive cruise control mendeteksi adanya kendaraan lain atau mendeteksi potensi bahaya kecelakaan seperti rem mendadak misalnya, maka mobil secara otomatis juga dapat mengerem dengan keras dan mengencangkan sabuk pengaman. Semua ini ada pada teknologi adaptive cruise control. Canggih bukan?

Forward Collision Alert

Teknologi forward collision alert secara berkesinambungan mengawasi dan mendeteksi berapa dekat mobil dengan kendaraan lain yang berada di depannya. Fitur pada teknologi forward collision alert ini mirip dengan teknologi adaptive cruise control. 


Teknologi forward collision alert akan mendeteksi potensi terjadinya kecelakaan berdasarkan kecepatan mobil dan jarak mobil dengan kendaraan atau halangan yang berada di depannya. Teknologi forward collision alert kemudian akan memberi peringatan kepada pengemudi sehingga ada waktu bagi pengemudi untuk bermanuver untuk mengambil tindak keselamatan, dan jika tidak ada respon dari pengemudi maka sistem akan melakukan pengereman secara otomatis.

Blind Spot Detection

Teknologi blind spot detection berfungsi untuk membantu pengemudi dalam memantau kendaraan yang tersembunyi atau tidak kelihatan dari pantauan kaca spion mobil. Cara kerja teknologi blind spot detection adalah dengan mendeteksi mobil yang masuk ke area blind spot pada samping mobil melalui gelombang radio, kemudian sistem akan menyalakan lampu indikator berupa LED di kaca spion pada sisi yang sama.


Lampu indikator pada kaca spion tersebut akan menyala dan sistem akan mengeluarkan alarm peringatan. Teknologi blind spot detection ini sangat bermanfaat ketika mobil berpindah jalur atau ketika berbelok, dimana pandangan kita terbatas pada bagian sisi mobil yang hanyak mengandalkan kaca spion.

Teknologi blind spot detection ini contohnya ada di mobil Maz*a dengan nama Advance Blind Sport Monitoring (BSM), teknologi ini berjalan melalui gelombang radar 24 GHz yang berada pada bagian samping bodi mobil. Teknologi ini memberi peringatan agar berhati-hati dan kemudian akan memberi peringatan ketika ada objek yang berada pada area blind spot.

Emergency Brake Assist

Teknologi emergency brake assist adalah teknologi yang membantu pengereman mobil, prinsip kerjanya adalah dengan menambah tekanan pengereman ketika mobil berada pada kondisi darurat. Teknologi emergency brake assist berkerja berdasarkan pada sensor yang telah dirancang untuk mendeteksi adanya perpindahan cepat dari pedal gas menuju pedal rem yang diartikan bahwa pengemudi sedang mengerem mendadak dan darurat, kemudian teknologi emergency brake assist akan menambah tekanan rem secara otomatis sehingga dapat mengurangi jarak pengereman. 


Teknologi emergency brake assist ini biasanya memiliki syarat bahwa rem yang digunakan telah memakai rem ABS atau EBD (Electronic Brake Force Distibution).

Lane Departure Warning

Teknologi lane departure warning adalah teknologi yang berfungsi untuk membaca garis pembatas jalan atau marka jalan ketika sedang berkendara. Jika mobil tiba-tiba berpindah jalur lain tanpa menyalakan lampu tanda belok maka sistem lane departure warning akan memberi peringatan atau tanda berupa visual dan audio. 


Alarm peringatan akan berbunyi ketika mobil ternyata berpindah jalur dan melewati garis pembatas jalan di atas kecepatan 60 km/jam. Selain itu sistem lane departure warning juga akan memberingatan berupa getaran pada setir untuk menyadarkan kepada pengemudi bahwa ia lupa untuk menyalakan lampu tanda belok.

Electronic Stability Control (ESC)

Teknologi electronic stability control adalah teknologi yang berfungsi untuk mendeteksi dan mencegah serta menstabilkan kendaraan dari ancaman bahaya tergenlincir atau selip. Teknologi electronic stability control dapat menghitung atau membandingkan antara arah mobil yang dikehendaki pengemudi ketika menikung dengan arah tikungan secara aktual pada mobil. Kemudian electronic stability control akan membaca bahwa berbagai sensor kehilangan traksi pada roda karena pengereman atau manuver mobil yang mendadak pada tikungan jalan.


Ketika teknologi electronic stability control mendeteksi adanya kehilangan kendali pada mobil, maka secara otomatis electronic stability control akan mengaktifkan pengereman dan mengurangi tenaga mesin serta membantu mengembalikan arah mobil sesuai dengan yang dikehendaki si pengemudi. Sistem pengereman yang otomatis ini bisa diterapkan pada roda mobil secara individual misalnya roda depan mobil agar mobil dapat melawan oversteer atau pada roda belakang mobil agar mobil dapat melawan understeer.

Itulah ke 7 teknologi keselamatan paling keren yang ada di mobil, apakah sobat tertarik memiliki mobil yang memiliki semua teknologi keselamatan tersebut?. Yuk dishare. Salam Otomotif!

Label: ,