6 Hal yang Menjadi Penyebab Aki atau Baterai Cepat Tekor

Penyebab aki atau baterai cepat tekor ada bermacam-macam, dan sering kali kita tidak menyadari ada sesuatu pada motor kita yang hal itu menjadi penyebab aki atau baterai cepat tekor atau cepat habis. Padahal aki atau baterai ini memiliki peran yang sangat penting. baterai berfungsi untuk mensuplai arus listrik yang dibutuhkan oleh sistem-sistem pada kendaraan yang membutuhkan arus listrik, seperti sistem penerangan, sistem starter, klakson, dan bahkan pada sistem pengapian. Baterai juga ternyata mempengaruhi kualitas percikan api pada busi di sistem pengapian, sobat dapat membaca artikel tentang tegangan baterai motor mempengaruhi sistem pengapian, ini pengaruhnya.


Jika aki tekor maka beberapa sistem yang membutuhkan suplai arus listrik pun menjadi tidak optimal kerjanya. Dan masalah aki tekor adalah masalah yang banyak dialami pemilik motor, bahkan ada juga yang malas memperbaiki atau mengganti akinya yang sudah rusak dan memilih tidak menggunakan aki sehingga suplai arus listrik pada motor hanya mengandalkan pada sistem pengisian. Tentu ini akan berbahaya.

Ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan penyebab aki cepat tekor ini, dan khusus bagi sobat yang suka memodifikasi atau mengotak-atik motornya, maka salah satu hal berikut ini jika sobat lakukan maka aki motor akan menjadi lebih cepat tekor. Berikut ini 6 hal yang menjadi penyebab aki atau baterai motor cepat tekor:

Memasang Klakson yang Tidak Sesuai

Bagi mereka yang gemar modifikasi mungkin memasang klakson mobil di sepeda motor adalah hal yang keren, padahal justru merugikan. Memasang klakson yang tidak sesuai dengan motor atau tidak standar pabrikan akan membuat aki atau baterai cepat tekor, karena klakson mobil atau bahkan klakson truk membutuhkan suplai listrik yang lebih besar dan sangat tidak cocok jika dipasang pada sepeda motor.

Memasang Lampu HID

Ini juga banyak dilakukan oleh pecinta modifikasi, yakni memasang lampu hid. Lampu HID (yang merupakan kepanjangan dari High Intensity Discharge). Keunggulan dari lampu HID ini menjadikan nyala lampu motor menjadi lebih terang dari pada lampu standar dari motornya. Namun memasang lampu HID pada sepeda motor akan membuat aki cepat tekor karna lampu HID ini membutuhkan suplai listrik yang besar juga, dan jika tidak sesuai dengan spul pengisian maka dampaknya aki atau baterai cepat tekor.

Bore Up Silinder

Ini juga dilakukan dalam rangka modifikasi, melakukan bore-up pada silinder bisa menyebabkan baterai atau aki cepat tekor. Bore-up silinder ini dilakukan karena untuk meningkatkan kapasitas silinder guna mendapatkan power atau tenaga yang lebih besar. Akan tetapi melakukan bore-up silinder tanpa diikuti oleh upgrade pada elektrik starter akan berakibat elektrik starter menjadi sangat berat untuk memutar mesin hal ini karena kompresinya menjadi tinggi. karena terus dipaksa memutar mesin maka beban kerja starter menjadi berlebih dan akibatnya aki menjadi cepat tekor.

Kiprok Rusak

Jika tiga hal di atas sering dilakukan oleh mereka yang hobi modifikasi, maka lain halnya dengan masalah ini, kiprok yang rusak bisa dialami oleh siapa saja. Dan jika kiprok rusak maka dapat membuat baterai motor cepat tekor, penjelasannya adalah sebagai berikut: kiprok adalah komponen yang berfungsi untuk membatasi tegangan dari generator (bahasa kerennya adalah spull).  Dan besarnya tegangan pada generator ini tergantung dengan putaran mesin. Contoh mudahnya lampu pada sepeda ontel (bagi yang tahu) biasanya lampu tersebut menyala jika generator dihubungkan roda, semakin cepat kita mengayuh sepeda maka nyala lampu semakin terang. Dan begitupula generator pada motor. kemudian karena tegangan yang dihasilkan generator digunakan untuk mengisi ulang arus listrik di aki atau baterai, maka besarnya tegangan harus dibatasi. Yang membatasi tegangan ini adalah kiprok.

Jika kiprok rusak maka tidak ada yang membatasi tegangan pada suplai ke baterai, akibatnya baterai atau aki bisa overcharging atau sebaliknya. Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa apakah pengisian berjalan normal atau tidak, caranya dengan menghidupkan mesin pada putaran antara 4000 sampai 5000 rpm lalu periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang baik adalah antara 14-15 volt. jika kurang atau lebih maka bawalah ke bengkel untuk memastikan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah kiprok betul-betul rusak atau tidak.

Kerusakan Stop Lamp

Kerusakan pada stop lamp juga bisa mengakibatkan aki tekor, jika stop lamp menyala terus walaupun rem tidak ditekan. Lampu rem yang terus menerus nyala membuat konsumsi arus litrik bertambah dan aki menjadi cepat tekor. Kerusakan ini pernah admin alami, dimana stop lamp pada rem tangan rusak. Akibatnya lampu rem terus menyala. Jika ini terjadi pada sobat maka sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Kebiasaan Tidak Mematikan Kunci Kontak

6 hal yang membuat aki cepat tekor terakhi  ini yaitu kebiasaan tidak mematikan kunci kontak, entah karena lupa, sehingga baik lampu indikator atau indikator lain seperti pengukur bensin, oli dll pada dashboard motor terus menyala. Hal itu akan membuat konsumsi arus listrik menjadi terbuang sia-sia dan menyebabkan aki cepat tekor juga.


Itulah 6 hal yang menjadi penyebab aki atau baterai cepat tekor, apakah sobat pernah mengalami? Atau jangan-jangan saat ini motornya mengalami salah satu dari masalah-masalah di atas, segera cek ya. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Salam Otomotif!

Label: