Unik, Mobil Ini di Modifikasi Menjadi Mobil Pemadam Kebakaran

Kebakaran memang musibah yang kita semua tidak ingin mengalaminya, banyak hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Ketika ada kebakaran, salah satu tindakan pertama yang kita bisa lakukan tentunya adalah memadamkan api dengan air atau tabung alat pemadam api ringan (APAR). Namun bagaimana jika kebakaran itu ternyata membesar? Maka menghubungi tim khusus pemadam kebakaran adalah tindakan yang tepat sembari berusaha memadamkan kebakaran. Untuk kemudian dilakukan pemadaman dengan kendaraan pemadam kebakaran.

Di kota-kota besar yang sudah padat penduduk, resiko terhadap terjadinya kebakaran juga tidak dapat dihindari apalagi ketika musim panas atau musim mudik dimana rumah ditinggal dan tidak adanya pengawasan. Adanya konsleting listrik yang kemudian menyebabkan kebakaran akan cepat menyebar. Ketika kebakaran telah terjadi di kawasan padat penduduk, pengontrolan api oleh tim pemadam kebakaran akan sulit dilakukan karena akses menuju lokasi kebakaran terhambat jalan-jalan yang sempit. Permasalahan ini ternyata telah dijawab oleh pemilik Mobil Isuzu D-Max ini dengan memodifikasi mobilnya menjadi mobil pemadam kebakaran. Seperti apa mobilnya? Berikut ini Guru Otomotif ulas artikel mobil di modifikasi menjadi pemadam kebakaran.


Kemacetan jalan raya juga menjadi alasan modifikasi mobil ini menjadi pemadam kebakaran, karena biasanya pemadam kebakaran yang berbentuk truk besar kesulitan menerjang kemacetan lalu lintas. Nah untuk kendaraan pemadam kebakaran dengan ukuran kecil juga sudah diaplikasikan di Singapura, dimana mobil dinas pemadam kebakaran dibuat jenis sport utility vehicle (SUV) yang ukurannya lebih ramping yang bernama Red Rhino LF5G.


Mobil pemadam kebakaran SUV itu sendiri didesain oleh perusahaan asal Singapura yakni HOPE Technic. Berat totalnya 2,3 ton, mobil ini dapat merespon dengan cepat jika ada kebakaran, selain itu mobil Red Rhino LF5G juga mampu menembus kemacetan dengan lebih lincah dari pada truk. Mobil kebakaran Red Rhino LF5G sebenarnya dibuat dengan “bahan” mobil Isuzu D-Max. Mobil kebakaran Red Rhino LF5G bukanlah produk pertama yang dibuat, namun jenis ke lima.


Penampilan eksterior dari mobil yang sudah di modifikasi ini tidak sama dengan versi mobil aslinya. Dimana pada body nya dicat merah dengan habungan stiker uang berwarna kuning dan putih yang berfungsi sebagai pemberi tanda. Mobil modifikasi pemadam kebakaran ini pintu samping dan pintu belakangnya telah dilepas dan atapnya diganti rangka pelindung baru untuk memudahkan akses keluar masuk kabin. Bonet dibuat dengan lebih rendah agar si pengemudi dapat melihat lebih leluasa ketika mengemudi dengan cepat.


Pada bagian interior juga telah diganti dari versi pabrikannnya. Ada lima jok dikabinnya, empat dipakai untuk petugas kebakaran sedangkan satu lagi untukparamedis. Bagian interior benar-benar dimodifikasi agar dapat menyimpan petugas dan juga alat-alat pemadam kebakaran serta alat-alat medis lainnya.

Mesin yang digunakan berkapasitas 2,5 liter bertenaga 163 bhp dengan penggerak empat roda, mobil ini telah dilengkapi dengan electronic throttle control agar pompa air mampu bekerja secara optimal tanpa ada pembebanan kemampuan dari mesin.
Dengan adanya mobil pemadam kebakaran berukuran mobil ini, harapannya mobil modifikasi ini dapat memudahkan akses ke lokasi-lokasi kebakaran terutama yang padat penduduk, silahkan berkomentar yaa. Salam otomotif!

Label: