Tips Membuat Rem Tromol Menjadi Lebih Pakem

Kendaraan saat ini khususnya sepeda motor sudah banyak yang memakai rem cakram pada kedua rodanya, baik roda depan dan roda belakang dilengkapi dengan rem cakram. Penggunaan rem cakram pada kedua ban memang terlihat lebih “keren” dan juga menghasilkan pengereman yang lebih pakem atau lebih baik. Tak heran jika banyak juga yang memodifikasi sepeda motornya yang sebenarnya tidak dilengkapi dengan rem cakram pada roda bagian belakang, namun sengaja dimodifikasi dengan ditambah rem cakram pada roda bagian belakang.

Baca Juga: Cara Membaca Kode Ukuran Ban dan Pelek

Namun ada juga sebagian orang yang tidak suka dengan penambahan rem cakram di roda bagian belakang karena takut remnya terlalu pakem lalu akhirnya membuat ban motor belakang menjadi slip dan terjatuh, walaupun sebenarnya hal itu tergantung dari pengontrolan si pengendara.


Walaupun beberapa sepeda motor terbaru saat ini telah memakai rem cakram pada kedua rodanya, namun masih ada sepeda motor yang memakai rem cakram hanya pada roda depan saja, sementara itu pada roda bagian belakang masih memakai rem tromol. Jika dilihat dari segi kinerja, rem cakram memang masih lebih pakem daripada rem tromol. Sobat tidak perlu bersedih hati jika sepeda motornya masih memakai rem tromol pada roda bagian belakangnya atau bahkan di kedua rodanya. Karena sebenarnya rem tromol pun bisa dibuat lebih pakem seperti pada rem cakram, tentu dengan pengetahuan serta teknik yang tepat agar rem tromo tidak menjadi rusak.

Cara Membuat Rem Tromol Menjadi Lebih Pakem

Dengan sedikit mengotak atik rem tromol di sepeda motor sobat, maka sobat dapat membuat rem tromol menjadi lebih pakem,  bagaimana caranya? Berikut ini Guru Otomotif ulas dalam tips membuat rem tromol menjadi lebih pakem, ini dia caranya..

Cara Pertama, Bersihkan Kampas Rem dan Tromol

Cara pertama agar rem tromol menjadi lebih pakem yaitu dengan membersihkan kampas rem dan tromol, caranya adalah yang pertama harus sobat lakukan adalah membuka as roda dan juga baut yang terhubung pada tromol. Lalu lepaslah dudukan kampas rem dan tromol dengan perlahan-lahan dan kemudian bersihkan komponen tersebut dengan memakai lap bersih. Agar hasilnya lebih bagus sobat juga dapat menggunakan kompressor atau angin bertekanan tinggi.


Langkah berikutnya adalah lepaskan dan rendam kampas rem dengan air biasa sampai meresap. Lalu keringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari. Kemudian pasang lagi kampas ke dudukan rem. Jangan lupa untuk mengoleskan sabun colek pada tromol dan kampas rem. Langkah terakhir adalah kencangkan atau setel baut kabel rem tersebut pada tromol agar sesuai dengan kesukaan atau standar sobat.

Cara Kedua, Ganti Paha Rem Tromol

Cara kedua membuat rem tromol menjadi lebih pakem adalah dengan mengganti paha rem tromol bawaan pabrik dengan paha rem tromol yang lebih panjang. Ini akan membuat rem tromol mudah terjangkau walaupun dengan tarikan yang sedikit saja, dengan kata lain bahwa rem tromol akan lebih menggigit serta lebih pakem tentunya, namun cara ini harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan agar sobat tetap merasakan berkendara dengan nyaman dan aman.


Demikianlah tips membuat rem tromol menjadi lebih pakem, apakah sobat berani mencobanya? Berhasil tidak? Silahkan disebat dan berikan komentarmu :) salam Otomotif!

Label: