Rangkaian Lampu Tanda Belok Pada Sepeda Motor

Semua kendaraan baik sepeda motor maupun mobil pasti membutuhkan yang namanya sistem lampu tanda belok, karena sistem lampu tanda belok atau lampu sein sangat penting bagi kendaraan untuk memberikan isyarat atau tanda kepada pengendara lain yang ada di depan, belakang maupun samping bahwa kendaraan yang kita tumpangi akan membelok atau memutar arah. Pada artikel sebelumnya Guru Otomotif sudah membahas rangkaian dan cara kerja sistem lampu tanda belok flasher tipe kapasitor. Pada artikel yang akan kita bahas ini adalah rangkaian lampu tanda belok pada sepeda motor yang menggunakan flasher tipe bimetal dan juga flasher tipe transistor.


Ada tiga jenis flasher yang digunakan pada sepeda motor yaitu flasher tipe kapasitor, tipe bimetal, dan tipe transistor. Dan kita akan bahas satu persatu rangkaian dan cara kerja dari sistem tanda belok pada sepeda motor untuk flasher tipe bimetal dan transistor.

Sistem lampu tanda belok flasher tipe bimetal

Sistem lampu tanda belok yang menggunakan flasher tipe bimetal mengandalkan kerja dari dua keping atau dua bilah atau strip bimetal untuk mengatur kedipannya. Bimetal sendiri terdiri dari dua logam yang berbeda yakni kuningan dan baja yang kemudian digabung menjadi satu. Jika ada panas dari aliran listrik yang masuk ke bimetal, maka akan terjadi pengembangan atau pemuaian dari logam yang berbeda tersebut dengan kecepatan yang berbeda. Dan ini yang menyebabkan bimetal cenderung untuk menjadi bengkok ke salah satu sisi.
Di dalam flasher bimetal ada dua keping  bimetal yang dipasang berdekatan dan masing-masing mempunyai plat kontak di salah satu ujungnya. Untuk lebih jelasnya terkait konstruksi bimetal perhatikan gambar di bawah ini.

Rangkaian lampu tanda belok dengan flasher tipe bimetal

Rangkaian sistem lampu tanda belok tipe bimetal ini tidak jauh berbeda dengan sistem lampu tanda belok dengan flasher tipe kapasitor yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, hanya saja kapasitor tersebut diganti dengan bimetal seperti pada gambar rangkaian sistem tanda belok berikut ini.


Cara kerja lampu tanda belok dengan flasher tipe bimetal

Cara kerja lampu tanda belok flasher bimetal adalah sebagai berikut: ketika saklar lampu sein atau tanda belok digerakkan ke kiri atau kenan, maka arus akan mengalir ke voltage coil atau kumparan yang akan membuat kumparan memanas dan bengkok. Kemudian setelah kebengkokannya sampai menghubungkan kedua plat kontak yang berada dibagian ujungnya, arus akan mengalir ke kumparan arus lalu ke lampu sein atau lampu tanda belok dan akhirnya ke massa. Saat ini lampu sein menyala dan kumparan arus akan mulai bengkok menjauhi voltage coil. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini.


Setelah kebengkokan current coil membuat plat kontak terpisah atau terbuka, maka lampu sein akan mati. Selanjutnya current coil aka menjadi dingin setelah arus yang mengalir hilang dan akhirnya bimetalnya akan lurus kembali posisinya sehingga plat kontak akan menempel kembali dengan plat kontak yang dari voltage coil. Dan akhirnya arus listrik akan mengalir kembali untuk menghidupkan lampu sein. Proses kerjan seperti itu berulang-ulang sehingga lampu sein berkedip.

Sistem lampu tanda belok flasher tipe Transistor

Sistem lampu sein atau lampu tanda belok dengan flaser tipe transistor ini adalah tipe flasher yang pengontrolan kontaknya tidak secara mekanik lagi, tapi sudah memakai elektronik. Rangkaian dan cara kerja sistem lampu tanda belok dengan flasher tipe transistor seperti gambar berikut ini.


Sistem lampu tanda belok tipe transistor ini menggunakan multivibrator oscilator untuk menghasilkan pulsa atau denyutan ON-OFF yang kemudian disearahkan ke flasher (turn signal relay) melewati amplifier (penguat listrik). Selanjutnya flasher akan menghidupkan lampu tanda belok agar lampu tanda belok terus berkedip.

Demikianlah rangkaian lampu tanda belok pada sepeda motor, semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat. Yuuk dishare. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Lampu Tanda Belok Pada Sepeda Motor"

Poskan Komentar