Penyebab Busi Motor Cepat Panas

Busi merupakan komponen yang utama dalam mesin bakar, walaupu bentuknya kecil. Karena mesin bakar membutuhkan api dalam proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara, kecuali mesin diesel yang memakai tekanan kompresi untuk proses pembakarannya walaupun ada juga yang memakai busi pijar atau busi pemanas. Namun yang kita bahas pada artikel ini adalah busi pada mesin bakar bensin.


Busi berfungsi untuk menyalakan campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar, dan juga untuk menghantarkan panas yang muncul dari proses pembakaran serta menutup lubang kepala silinder agar kompresi pada silinder tidak bocor.

Heri Margiraharjo selaku Sales Technical Engineer PT NGK Busi Indonesia, mengatakan bahwa seandainya kendaraan mogok jangan menyalahkan busi, karena busi hanya berfungsi untuk mengeluarkan percikan bunga api dan juga untuk memindahkan panas ke luar ruang bakar.

Busi juga berfungsi untuk memberi petunjuk tentang kondisi dari mesin. Mekanik bisa mendiagnosis kondisi atau gejala-gejala mesin dari busi. Terkadang busi sering menjadi kambing hitam ketika motor mogok, kemudian busi dibuang begitu saja padahal umur pemakaiannya belum berakhir. Sedangkan umur atau usia busi sendiri untuk sepeda motor rata-rata 5. 000 km dan untuk mobil atau roda empat rata-rata 10.000 km sampai dengan 15.000 km.

Sedangkan permasalahan yang terdapat pada busi diantaranya adalah busi cepat penas, busi cepat panas ini tentu akan membuat masalah baru jika tidak segera diatasi, untuk itulah Guru Otomotif akan membagikan artikel kepada sobat tentang penyebab busi motor cepat panas. Dan berikut ini faktor-faktor yang menjadi penyebab busi motor cepat panas:

Perbandingan Bahan Bakar dengan Udara

Faktor atau penyebab pertama busi motor cepat panas adalah perbandingan bahan bakar dan udara. Suhu pada busi yang paling ideal adalah jika perbandingan bahan bakar dan udaranya 14,7 : 1. Terkait dengan kondisi ideal mesin atau perbandingan 14,7 : 1 jika sobat ingin lebih memahaminya silahkan baca artikel tentang dampak perbandingan bahan bakar dan udara terhadap emisi kendaraan. 
Kondisi perbandingan bahan bakar dan udara yang ideal akan menghasilkan tenaga mesin yang maksimal. Suhu akan menurun jika campuran bahan bakar dan udara dibuat menjadi lebih kurus atau lebih gemuk, namun hal ini akan berdampak pada tenaga mesin dan juga konsumsi bahan bakar atau bensin.

Perbandingan Kompresi

Penyebab yang kedua adalah menaikkan perbandingan kompresi yang dapat beresiko pada meningkatnya suhu dan tekanan gas pembakaran. Akibatnya suhu busi akan naik juga.

Setelan Timing atau Waktu Pengapian

Setelan waktu pengapian juga mempengaruhi suhu busi, waktu pengapian yang dibuat terlalu maju akan berakibat meningkatnya suhu busi, karena waktu pengompresian campuran bahan bakar dan udara menjadi lebih panjang atau lama. Sementara itu toleransi suhu pengapian dini naik dengan perlahan karena tekanan dan suhu dari bahan bakar lebih rendah pada waktu sebelum pembakaran.

Jenis Bahan Bakar yang Dipakai

Di kecepatan dan beban yang normal, suhu busi dan dinding ruang bakar sedikit lebih tinggi jika memakai bahan bakar LPG dari pada bahan bakar bensin. Hal ini disebabkan LPG tidak memerlukan panas untuk menguap, sehingga proses pendinginan lebih lama.

Kecepatan dan Beban Mesin Motor

Suhu pada busi akan meningkat secara proporsional seiring dengan meningkatnya kecepatan dan juga beban yang diterima oleh mesin motor.

Pengencangan Busi atau Gasket

Biasanya orang sering lupa untuk mengencangkan busi setelah dilepas, atau lupa memasang gasket ketika pemasangan busi, ini akan berdampak pada naiknya busi, karena penyaluran panas dari mesin menjadi tidak efisien. Begitupula jika sistem pendingin air yang mampat atau macet akan meningkatkan suhu mesin dan suhu busi.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab busi motor cepat panas. Semoga bermanfaat yaa. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Busi Motor Cepat Panas"

Poskan Komentar