Pengertian dan Istilah-Istilah pada Mesin, Transmisi, dan Suspensi Kendaraan

Beberapa istilah-istilah pada mesin kendaraan perlu kita ingat apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi pada otomotif khususnya pada mobil atau bahkan sepeda motor.
Beberapa istilah pada mesin kendaraan yaitu tenaga tenaga (power), Torsi, EFI, VVT-i dan lainnya, artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang pengertian dan istilah-istilah di Otomotif, baik langsung saja kita ulas satu persatu pengertian dan istilah-istilah pada mesin kendaraan berikut ini:


Tenaga yaitu hasil keluaran dari pembakaran bahan bakar di ruang pembakaran yang menggerakan piston lalu diteruskan ke poros engkol dan transmisi sehingga membuat kendaraan bergerak.


Urutan kerja dari proses pembakaran yang terjadi pada ruang bakar mesin adalah campuran udara dan bahan bakar menerima pengapian dari busi dan menyebabkan ledakan, dari ledakan tersebut menghasilkan tenaga yang mendorong piston ke bawah dan selanjutnya memutar poros atau AS mesin.
Torsi /puntiran adalah suatu tenaga putar yang membuat suatu benda ikut berputar, manfaat yang dihasilkan dari torsi pada mesin kendaraan adalah torsi yang besar mendukung terjadinya akselerasi yang prima pada kendaraan.

Kemudian istilah-istilah ini juga ada pada grafik karakteristik mesin dari suatu kendaraan, karakteristik utama dari mesin dapat diklasifikasikan menjadi empat kolom seperti gambar di bawah ini.


Jika suatu mesin memiliki torsi yang maksimum dengan rpm yang rendah, maka hal ini berarti bahwa torsi maksimum dapat lebih mudah dicapai dan kendaraan menjadi lebih hemat BBM. Sedangkan jika memiliki power maksimum dengan rpm yang rendah maka powernya akan lebih mudah dicapai bahkan pada putaran yang lebih rendah. Berbeda halnya jika suatu mesin memiliki torsi maksimum dengan rpm yang tinggi yang berarti pencapaian torsi sulit dicapai, jika tenaga maksimum dengan rpm tinggi berarti tenaga maksimum akan sulit dicapai karena dibutuhkan putaran yang lebih tinggi.

Pengertian dan Istilah-Istilah pada Mesin EFI

EFI (Electronic Fuel Injection) yaitu sistem penyemprotan bahan bakar secara elektronik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mesin, manfaat dari mesin EFI adalah kendaraan menjadi lebih hemat bahan bakar dan pembakaran menjadi lebih sempurna.


VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligent) yaitu teknologi pengaturan waktu membuka dan menutupnya katup masuk (intake valve) dan katup keluar (exhaust valve) yang disesuaikan dengan kondisi mesin, fungsi atau tujuan dari VVT-i adalah agat tenaga mesin menjadi lebih meningkat, hemat bahan bakar serta gas buang yang dihasilkan menjadi ramah lingkungan.

Pengertian dan Istilah-Istilah pada Sistem Transmisi

Sistem transmisi ada dua jenis, yaitu sistem transmisi manual dan otomatis
  1. Sistem transmisi manual adalah sistem transmisi yang proses pemindahan giginya dilakukan secara manual dengan memindahkan tongkat transmisi.
  2. Sistem transmisi otomatis adalah sistem transmisi yang proses pemindahan giginya dilakukan secara otomatis dengan menggunakan fluida sebagai perantaranya. Ada dua macam tipe transmisi otomatis, yaitu transmisi otomatis tipe lurus dan tipe gate.


Beberapa tombol-tombol yang terdapat pada transmisi otomatis adalah
  • Tombol P untuk parkir.
  • Tombol R untuk kendaraan mundur.
  • Tombol N untuk netral dimana tidak ada koneksi antara transmisi dan gigi.
  • Tombol D untuk maju sampai kecepatan gigi 3.
  • Tombol 2 untuk maju sampai dengan kecepatan gigi 2.
  • Tombol L untuk mengurangi kecepatan putaran mesin yang umumnya digunakan saat kendaraan melewati jalanan menurun yang cukup tajam.

Pengertian dan Istilah-Istilah pada Sistem Suspensi

Komponen utama yang perlu diketahui dari sistem suspensi adalah
  • Pegas suspensi yaitu komponen suspensi yang berfungsi untuk menahan getaran yang diterima kendaraan. Ada 3 jenis tipe pegas suspensi yaitu leaf spring (pegas daun), coil spring (pegas keong), torsion bar (pegas batang torsi).
  • Shock absorber yaitu komponen suspensi yang berfungsi untuk meredam getaran yang diterima oleh roda.
  • Stabilizer adalah komponen transmisi yang berfungsi untuk menstabilkan kendaraan saat kendaraan berbelok.
  • Suspensi independent yaitu suatu sistem suspensi dimana tidak terjadi hubungan antara roda kiri dan kanan suatu kendaraan. Contohnya adalah suspensi macpherson strut dan suspensi double wishbone.
  • Sedangkan Suspensi rigid yaitu suspensi yang menggunakan satu poros penghubung antara roda kiri dan kanan seperti trailing arm dengan twist beam tipe 4 link, pegas daun paralel, macpherson strut dual link.

Itulah beberapa Pengertian dan Istilah-Istilah pada Mesin, Transmisi, dan Suspensi Kendaraan. Masing-masing dari istilah tersebut ada pembahasan lebih detailnya dalam artikel sendiri. Masih banyak sebenarnya istilah-istilah pada otomotif yang perlu sobat ketahui, untuk itu silahkan baca artikel-artikel seputar otomotif di Guru Otomotif. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Istilah-Istilah pada Mesin, Transmisi, dan Suspensi Kendaraan"

Poskan Komentar