Pengertian dan Istilah-Istilah di Otomotif

Dunia otomotif memang berkembang dengan pesat, kemajuan teknologi membawa perubahan khususnya pada kendaraan seperti mobil dan sepeda motor, dari sistem konvensional menjadi sistem elektrik dengan segala kemudahan yang dihasilkan. Dan perubahan tersebut tentunya membuat kita -mau tidak mau- harus mengetahui pengertian dan istilah-istilah baru pada bidang otomotif, meskipun istilah-istilah yang lama juga masih sering dipakai.


Pengertian dan Istilah-istilah yang ada di Otomotif terkadang berbeda antara yang ada di bengkel dengan yang ada di sistem pendidikan, bahasa bengkel satu dengan yang lain juga terkadang berbeda, dan itu juga yang menjadi kendala pelajar-pelajar di SMK kita. Untuk itu pada artikel ini Guru Otomotif akan menuliskannya beberapa istilah-istilah di otomotif dan artinya. Dan mungkin artikel ini akan dibagi menjadi beberapa artikel mengingat cukup banyak istilah-istilah di otomotif yang akan dibahas. Apa saja istilah-istilah di otomotif tersebut?

Istilah Pada Dimensi Kendaraan Luar

Pada bagian luar kendaraan kita mengenal istilah-istilah dimensi ukuran pada kendaraan bagian luar seperti sumbu roda mobil, lebar keseluruhan mobil, tinggi keseluruhan mobil, tinggi keseluruhan mobil, jarak as roda mobil dan panjang keseluruhan, berikut penjelasannya.



Istilah Pada Dimensi Kendaraan Interior

Sedangkan pada dimensi kendaraan bagian dalam ada beberapa istilah diantaranya:



Istilah Pada Kelengkapan Interior Kendaraan

Adapun istilah-istilah pada kelengkapan interior mobil yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:


Sedangkan istilah-istilah otomotif yang berhubungan dengan fasilitas kursi dan sistem pengaturan pada kursi yaitu:

  1. Reclining yaitu pengaturan memutar dari kursi.
  2. Sliding yaitu pengaturan maju mundur pada kursi.
  3. Folding yaitu pengaturan pelipatan kursi dan naik turun.


Itulah beberapa Pengertian dan Istilah-Istilah di Otomotif semoga bermanfaat, untuk istilah lain akan Guru Otomotif bahas di artikel selanjutnya insyaAllah. Untuk itu terus update artikel di Guru Otomotif yak. Untuk memudahkan sobat juga dapat berlangganan artikel secara gratis di Guru Otomotif, caranya gampang, sobat tinggal masukkan alamat email sobat di kolom subsribe yang ada di bawah postingan artikel ini. Salam Otomotif!

Label: