Pengertian Ban Tubeless, Ban Bias dan Ban Radial

Ban pada mobil mempunyai fungsi yang vital, tanpa ban mobil tidak dapat melaju dengan aman. Ban ibarat alas kaki pada kaki, sedangkan pelek ibarat kaki. Kaki butuh alas kaki begitupun pelek butuh ban agat menjadi satu kesatuan; roda. Perlu di ingat ya sobat, bahwa ban dengan roda berbeda, karena banyak orang yang masih sulit dalam membedakan istilah atau arti roda dengan ban, ada yang menyebut roda itu sebagai ban, dan ada pula yang menyebut ban sebagai roda. Karena sebenarnya yang disebut sebagai roda yaitu keseluruhan, yaitu ban dan pelek atau rim. Sedangkan ban sendiri yaitu bagian terluar dari roda, adapun pelek atau rim yaitu rangka sebagai tempat dipasangnya ban.


Ban kendaraan khususnya mobil sendiri dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ban tubeless, ban bias dan ban radial. Ketiga jenis ban ini ada disekitar kita, namun jika kita tidak mengetahui perbedaannya maka kita tidak akan tahu mana yang ban tubeless, ban bias, dan juga ban radial. Kita akan bahas satu persatu di artikel pengertian ban tubeless, ban bias dan ban radial ini.

Pengertian Ban Tubeless

Ban tubeless adalah ban yang dirancang khusus untuk dapat menahan udara langsung yang ada di dalamnya tanpa menggunakan ban dalam. 


Sehingga dengan tidak adanya ban dalam maka tidak perlu lagi yang namanya tambal ban pada ban tubeless ini. Ban tubeless dilengkapi dengan lapisan dalam untuk menghindari adanya kebocoran udara, lapisan dalam tersebut juga berfungsi untuk menghambat udara bocor dengan cepat ketika ban tertusuk seperti paku dan lain-lain, sehingga tingkat keamanannya cukup bagus.


Keuntungan Ban Tubeless

Ban tubeless memiliki keuntungan yaitu ketika ban terkena paku atau benda tajam lain, tread dan liner mencengkeram kuat di paku, sehingga dapat mencegah kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis.
Dan karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan rim, maka transfer radiasi panas akan menjadi lebih baik. Dengan dihilangkannya ban dalam, flap dan side ring ban menjadi lebih ringan.

Pengertian Ban Bias

Ban bias adalah ban yang dibuat dengan lapisan serat yang arahnya miring. Ban bias memiliki tapak atau tread dengan daya serap benturan yang baik sehingga memberi kenyamanan ketika berkendara. Adapun ketahanan terhadap keausan dan guncangan kurang bagus.



Pengertian Ban Radial

Ban radial adalah ban yang dibuat dengan lapisan serat yang arahnya menyilang pada lingkar ban. Tipe ban radial ini, sabuknya terbuat dari serat baja. Ban radial disebut juga ban radial baja dengan tapak yang lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan juga keausan dari pada tipe ban bias. Ban radial mempunyai kelemahan juga yaitu kurang nyaman ketika ban melintasi jalanan yang tidak rata.


Di sisi ban terdapat kode ukuran dan standar ban yang dapat dibaca oleh semua orang yang tahu dan paham tentang kode ukuran ban, oleh karena itu silahkan sobat baca artikel cara membaca kode ukuran ban dan pelek atau rim. Silahan artikel tentang pengertian ban tubeless, ban bias dan ban radial ini dishare semoga bermanfaat. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ban Tubeless, Ban Bias dan Ban Radial"

Poskan Komentar