Pengertian Balancing Roda dan Cara Balancing Roda

Roda adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi untuk menopang berat kendaraan, seperti kaki pada tubuh kita. Roda terdiri dari ban dan pelek. Sedangkan ban berfungsi untuk meredam getaran dari jalan. Keausan pada ban sangat dipengaruhi oleh suspensi, steering dan penyetelan front wheel alignment. Sehingga ban dan pelek atau roda mempunyai fungsi yang vital dalam kendaraan. Berkaitan dengan roda, kali ini Guru Otomotif akan bahas pengertian dari balancing roda dan cara balancing roda.

Kondisi ban sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan pengendara. Roda mengalami perubahan kualitas dalam jangka waktu tertentu seuai dengan medan dan cara penggunaan kendaraan. Oleh karena itu roda dan ban harus di balancing (seimbang) agar tidak terjadi getaran.


Ketika roda dan ban berputar, ada gaya sentrifugal pada setiap bagian roda da ban dimana sejumlah gaya tertarik keluar daru ban. Gaya ini akan bertambah kuat ketika rotasi roda semakin cepat. Jika massa sudah merata ke seluruh roda dan ban atau tidak ada titik berat, maka gaya akan seimbang dan gaya sentrifugal tidak akan memiliki efek buruk. Namun jika ban dan roda memiliki titik berat maka ban tidak seimbang dimana gaya sentrifugal akan lebih besar pada salah satu titik ban. Sehingga pengendara akan merasakan goncangan.

Pengertian Balancing Roda

Balancing roda adalah proses untuk menstabilkan putaran roda agar didapatkan putaran roda yang sempurna dan seimbang serta merata pada masing-masing permukaan roda. Dan jika didapatkan ketidaknormalan pada putaran roda, maka akan roda akan ditambahkan pemberat untuk menstabilkan putaran agar menjadi normal kembali.

Fungsi Balancing Roda

Balancing pada roda berfungsi untuk membuat roda depan dan roda belakang kendaraan menjadi paralel. Roda akan dipasang pada alat wheel balancer kemudian akan diketahui titik-titik berat pada roda yang mengakibatkan roda tidak seimbang. Selanjutnya wheel balancer akan menunjukkan seberapa besar beban yang harus diberikan pada roda agar roda kembali menjadi seimbang. Dan roda akan diberi pemberat (weight balance) sesuai dengan beban yang dibutuhkan, pemberat tersebut akan dipasang pada pelek roda.

Cara Balancing Roda

Cara untuk membalancing roda dapat kita lakukan secara manual maupun dengan alat. Cara balancing roda secara manual adalah sebagai berikut, namun untuk memahami kita gunakan contoh dulu pada roda sepeda.

Misalnya roda depan sepeda kita posisikan pada posisi menggantung atau tidak menyentuh alas apapun. Jika roda sepeda ada yang bergelombang alias tidak seimbang, maka titik berhenti roda tersebut (ketika digantung) akan berhenti pada titik yang sama, semisal kita putar satu kali lalu biarkan sampai berhenti, pada saat berhenti velg yang ada dopnya (misal penyebab tidak seimbangnya roda sepeda) berada di bagian bawah, lalu putar kembali dan hasilnya sama, hal itu berarti velg sepeda kita sudah tidak seimbang lagi. Agar seimbang maka perlu dilakukan balancing. Untuk roda sepeda dan sepeda motor yang memakai ruji atau jari-jari. Sedangkan untuk mobil tidak memiliki ruji-ruji yang dapat disetel. Maka pada roda mobil untuk menyetel keseimbangan perlu adanya tambahan yang disebut pemberat untuk menyeimbangkan kembali rodanya.

Baca Juga: Pengertian Spooring Roda dan Cara Spooring pada Mobil

Pada ban mobil, ketika posisi roda menggantung dan roda berhenti terus (selama tiga kali percobaan diputar) pada satu titik berat berarti ban tidak seimbang lagi, maka tempelkan pemberat pada sisi kebalikannya roda (180 derajat) sehingga roda akan seimbang, pilihlah pemberat dengan mengira-ngira ukuran beratnya karena kita melakukan balancing secara manual.


Ketika roda atau ban sudah dipasangi pemberat di pelek pada posisi kebalikan dari posisi titik beratnya, maka posisikan lagi ban dengan menggantung dan putar lagi apakah roda masih tetap berhenti pada satu titik seperti pada percobaan pertama kali? Jika tidak roda atau ban sudah seimbang.

Sedangkan untuk cara balancing menggunakan alat, akan Guru Otomotif bahas pada artikel khusus insyaAllah. Demikianlah pengertian balancing roda dan cara balancing roda semoga bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: