Mobil Overheating Jangan Dipaksa Jalan, Ini Akibatnya

Ketika mobil dipaksa untuk melakukan perjalanan jauh tanpa istirahat, bisa jadi si mobil tidak akan kuat atau mengalami overheating, yaitu suatu kondisi dimana mesin mobil mengalami panas melebihi suhu kerja ideal mesin. Dan ketika mobil mengalami panas berlebih atau overheating maka sebaiknya mobil jangan dipaksa jalan, akan tetapi istirahatlah sejenak atau cek kondisi mesin. Karena memaksa mobil untuk jalan ketika mobil tersebut overheating, akan beresiko kronis.


Setiap mobil memiliki indikator suhu mesin. Dan pada sebagian mobil ada yang memakai indikator jarum yang ditunjukkan dengan huruf C (cool atau dingin) dan H (hot atau panas) dan banyak juga mobil yang dilengkapi dengan indikator suhu digital. Untuk mobil yang menggunakan indikator suhu dengan jarum, maka jika suhunya normal pada umumnya jarum indikator akan menunjukkan angka di atas 1/2, yakni sekitar 3/4 antara C dan H namun belum sampai H.

Sedangkan pada kendaraan yang memakai indikator suhu digital, ketika indikator suhu menunjukkan suhu panas aka akan menyala ketika mobil dikendarai atau ketika mobil jalan, ini berarti mesin mobil mengalami overheating. Ketika indikator suhu menunjukkan mesin sangat panas atau mengalami overheat maka sebaiknya pengemudi jangan memaksa mobil jalan.

Baca Juga: Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Ketika si pengemudi sudah melihat posisi indikator panas di H, harusnya segera menepi dan tidak meneruskan perjalanan sesaat. Mengapa perlu menepi dan istirahat? Karena semakin mobil dipaksakan untuk jalan dalam keadaan overheat maka panas yang berlangsung akan semakin berlebih. Banyak komponen kendaraan yang akan terkena dampaknya.

Pada umumnya, efek ringan yang dihadapi ketika mobil mengalami overheat adalah adanya bunyi kasar, AC tidak mengeluarkan suhu dingin serta ketika dijalankan mobil terasa tidak enak. Dan efek buruknya ketika memaksa mobil yang mengalami overheating, kemudian komponen penting pada mobil akan terkena akibatnya.

Apa Dampak Memaksa Mobil Jalan Walau Overheating?

Mobil yang mengalami overheating jika dipaksa untuk terus jalan akan berampak sebagai berikut:
  1. Kepala silinder atau cylinder head bisa melengkung, hal ini karena ruang bakar terletak pada kepala silinder, maka komponen yang berpeluang besar terkena dampaknya ada pada kepala silinder.
  2. Pendinginan akan bocor, dan jika dipaksakan lalu kemudian air pendingin menjadi kering, maka kerusakan akan semakin parah dan berdampak pada komponen yang lain lagi.
  3. Material-material atau komponen plastik seperti pada intake manifold, seal, juga dapat meleleh
  4. Dan masih banyak dampak yang lain bahkan mesin akan rusak, tergantung seberapa parahnya overheating dan kondisi dari mesin.

Tips Mengatasi Mesin Mobil Overheating di Jalan

Sehingga, jika telah mengetahui adanya tanda-tanda mesin mengalami overheat, maka segeralah menepi pada tempat yang tidak terlalu panas, kemudian matikan mesin dan istirahat dulu. Tunggulah sampai mesin mobil menjadi tidak panas. Cek juga air radiatornya, perhatikan indikator jumlah air pada ruang reservoir. Jika air radiator di bawah low artinya perlu ditambah lagi air radiatornya.


Namun jika mobil tersebut sedang dalam perjalanan yang jauh, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat terkait dengan masalah overheating, agar mesin mobil dapat diperiksa lebih lanjut. Demikianlah artikel tentang mobil overheating jangan dipaksa jalan dan akibatnya. Semoga menambah pengetahuan kita tentang otomotif. Salam Otomotif!

Label: