Macam-Macam Pola Tread Ban dan Fungsinya

Kalau kita perhatikan, ban mobil atau juga ban sepeda motor pasti memiliki pola pada bagian terluarnya atau yang disebut tread ban. Pola tersebut juga yang menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli ban. Ada berbagai jenis atau beberapa macam pola tread ban yang masing-masingnya memiliki fungsi serta tujuan sendiri. Sehingga dengan ini dapat kita pahami bahwa pabrik ban membuat pola terluar ban atau tread ban tersebut tidak sembarangan alias tanpa tujuan. Akan tetapi semua jenis pola tapak ban atau tread ban tersebut dibuat karena tujuan fungsionalitas. Adapun fungsi dari ban sendiri dapat sobat baca artikelnya pada Fungsi ban, komponen ban dan konstruksi ban.


Adapaun tujuan lain dari tread ban dengan berbagai macam pola adalah untuk membuang air yang dilewati oleh ban, dan juga menanggulangi berbagai faktor yang muncul karena kondisi permukaan jalan serta jenis kendaraan yang menggunakannya. Berikut ini jenis-jenis atau macam-macam pola tread ban serta fungsinya.

Tread Ban Pola Rib

Ban dengan tapak atau trad berpola rib memiliki beberapa alur zig-zag pararel yang mengelilingi ban. Tread ban pola rib ini sangat cocok digunakan untuk berjalan di jalan yang permukaannya rata pada kecepatan tinggi (highway) bagi beberapa jenis mobil, dari mobil penumpang kecil sampai bus atau truk.


Karakteristik Tread Ban Pola Rib

Ban dengan pola tread rib memiliki tahanan gelinding (rolling resistance) yang kecil bagi ban, side slipping resistance lebih besar sehingga kendaraan akan lebih mudah untuk dikendalikan. Suara yang ditimbulkan oleh ban juga kecil. Namun tenaga tariknya kurang baik jika dibandingkan ban dengan tread ban pola lug.

Tread Ban Pola Lug

Ban yang memiliki pola tread jenis Lug memiliki alur yang tegak lurus terhadap garis keliling ban. Tread ban pola lug ini banyak dipakai oleh ban pada mesin konstruksi dan truk. Ban dengan pola tread Lug sangat cocok digunakan untuk berjalan pada jalan yang tidak rata dan juga lunak (jalan tanah).


Karakteristik Tread Ban Pola Lug

Ban dengan jenis pola tread lug mempunyai tenaga yang baik, tahanan gelinding (rolling resistence) ban cukup tinggi, kemudian tahanan terhadap side slipping lebih kecil, tread pada lug lebih mudah aus dan tidak merata keausannya. Suara ban yang ditimbulkan pada pola tread jenis lug ini juga besar.

Tread Ban Pola Rib dan Lug

Pola rib dan lug adalah pola tread ban gabungan dari pola rib dan pola lug, tujuannya adalah untuk memperbaiki kestabilan pengemudian. Ban dengan pola rib dan lug ini banyak dipakai pada ban bus dan truk, pola ban jenis rib dan lug cocok digunakan untuk berkendara pada jalan yang rata maupun jalan tidak rata misalnya jalan berbatu atau berpasir.


Karakteristik Tread Ban Pola Rib dan Lug

Pola rib yang melingkar di sekeliling ban menstabilkan kendaraan dengan mengurangi kemungkinan side slipping, sedangkan pola lug yang ada di tepi ban berfungsi untuk memperbaiki kemampuan pengendaraan dan pengereman. Bagian lug pada pola tread ini lebih mudah aus dengan tidak merata.

Tread Ban Pola Blok

Tread ban dengan pola blok yang berdiri sendiri atau bebas. Ban dengan pola blok banyak digunakan pada ban-ban yang melewati jalanan bersalju, saat ini ban dengan pola blok juga banyak dipakai pada ban radial ply untuk mobil-mobil penumpang.


Karakteristik Pola Tread Ban Blok

Ban dengan tread pola blok memiliki kemampuan pengendaraan dan pengereman yang lebih baik, dapat mengurangi slipping dan skidding pada jalan yang tertutup lumpur atau bersalju. Ban dengan pola blok cenderung lebih cepat aus jika dibandingkan tread ban jenis pola rib dan lug, rolling resistence juga sedikit lebih besar. Ban pola blok ini lebih cepat aus tidak beraturan pada permukaan jalan yang keras.

Itulah jenis-jenis atau macam-macam pola tread ban dan fungsinya. Semoga bermanfaat, jangan lupa dibagikan yaaa. Salam Otomotif! 
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Pola Tread Ban dan Fungsinya"

Poskan Komentar