Karpet Mobil Sarang Penyakit, Gunakan Tips Ini Untuk Merawat Karpet Mobil

Karpet mobil adalah bagian dari interior mobil yang jarang diperhatikan, selain karena letaknya yang berada di bawah kursi dan sebagai alas untuk diinjak, maka tak heran jika karpet mobil sering diremehkan atau diabaikan dan tidak pernah dirawat oleh pemilik mobil. Lalu alasan berikutnya mungkin karena karpet mobil tidak akan mempengaruhi penampilan mobil karena letaknya yang tidak terlihat, berbeda dengan body mobil, pelek mobil dan komponen mobil lain yang terlihat dari luar dan sering diperhatikan.


Dan jika pandangan sobat tentang karpet mobil seperti itu, maka segeralah mengubah pandangan tersebut. Karena karpet mobil sebenarnya memiliki peran yang cukup penting dalam kenyamanan ketika berkendara, walaupun kita jarang menyadarinya. Karena seandainya karpet mobil kotor dan tidak terawat maka pada karpet mobil tersebut akan menjadi sumber atau sarang bakteri dan kotoran. Dan jika hal seperti ini berlangsung terus menerus dan menyebar le semua sisi karpet mobil pada interior mobil, maka dapat memunculkan bau yang tidak sedap pada kabin mobil. Sedangkan dampak panjangnya adalah mungkin karpet mobil mobil akan menjadi sumber penyakit jika berlama-lama berada di dalam mobil yang kotor interiornya tersebut.

Dan oleh karena itu, bagi sobat yang tidak ingin interior mobilnya menjadi sarang penyakit karena karpet mobilnya kotor dan tidak dirawat, maka sebaiknya gunakan tips ini tentang bagaimana cara merawat karpet mobil, agar karpet mobil kesayangan sobat dapat selalu membuat suasana ruangan kabin mobil serasa segar dan jauh dari kuman atau sarang penyakit. Lalu seperti apa tips merawat kabin mobil? Berikut ulasan yang akan Guru Otomotif bahas.

Keluarkan Karpet dan Bersihkan

Pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan karpet terlebih dahulu. Keluarkan karpet berbahan karet dengan pelan-pelan. Lalu buang sisa-sisa kotoran yang ada pada karpet ke luar mobil, agar kotoran tidak jatuh kembali ke dalam mobil (ruang kabin mobil). Agar lebih bersih, basahi karpet dengan air dan oleskan sabun detergen pada karpet secara merata, lalu sikat karpet hingga kotoran rontok dan karpet menjadi bersih.
Jika sobat banyak memakai bagasi, sobat bisa melapisi bagian bagasi dengan karpet yang mudah dilepas. Hal ini agar memudahkan dalam proses pencucian karpet dan agar bagasi selalu terjaga kebersihannya.

Bersihkan Dasar Kabin

Setelah karpet karet tadi bersih, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian dasar kabin. Jika bagian dasar kabin dapat dilepas maka sebaiknya dilepas saja dan bersihkan dasar kabin di luar mobil agar dapat dibersihkan secara maksimal. Namun jika tidak maka bersihkan di dalam mobil dan bersihkan bagian dasar kabin dengan menggunakan vacuum cleaner yang dapat menjangka sela-sela sempit dan cukup sulit dijangkau pada bagian kabin mobil.


Setelah itu cek kembali kabin mobil, mulai dari depan sampai belakang. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sudut-sudut dan sela-sela bagasi mobil. Jika ada kotoran yang sulit hilang, maka sobat dapat membersihkan noda atau kotoran membandel tersebut dengan interior cleaner.

Bersihkan Karpet Mobil Secara Teratur

Agar kebersihan karpet selalu terjaga dan karpet tidak menjadi sarang penyakit, maka bersihkan karpet mobil secara teratur, jangan malas untuk membersihkan bagian karpet dan kabin mobil, jika memang tidak ada waktu maka sobat dapat membawanya pada salon mobil yang menyediakan layanan cuci mobil.
Dengan demikian maka karpet dan kabin mobil selalu terjaga kebersihanya dan bebas dari sarang penyakit. Demikianlah artikel tentang karpet mobil sarang penyakit, gunakan tips ini untuk merawat karpet mobil, semoga menambah wawasan kita.
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karpet Mobil Sarang Penyakit, Gunakan Tips Ini Untuk Merawat Karpet Mobil"

Poskan Komentar