Inilah Bahaya Charger HP di Dalam Mobil

Di era komunikasi seperti saat ini, banyak orang yang sangat bergantung dengan HP, terlebih dengan munculnya hp pintar alias smartphone. Setiap waktu, orang sulit untuk terlepas dari interaksi dengan hp. Entah untuk bermain game, bersosial media, berselfie dan lain sebagainya. Interaksi dengan hp yang berlebihan tersebut menimbulkan ketergantungan manusia kepada listrik untuk mencharger hp. Bahkan saat ini juga ada powerbank untuk menyimpan listrik yang sewaktu-waktu dipakai ketika baterai hp habis.


Selain menggunakan powerbank, saat ini fasilitas charger hp juga sudah banyak disediakan di mobil dan terutama mobil-mobil terbaru. Sepertinya pabrikan mobil mengetahui kebutuhan manusiaa saat ini. Adanya fasilitas charger hp di dalam mobil sangat bermanfaat untuk membantu pengemudi ataupun penumpang yang dalam perjalanan kehabisan baterai hp nya.


Pengisian ulang atau charger baterai hp ini biasanya dilakukan dengan memakai output lighter yang terpasang di dalam mobil. Dan jika tidak ada, maka charger hp bisa dilakukan dengan cara menambahkan aksesoris aftermarket yang banyak disediakan di toko-toko aksesoris otomotif.
Namun apakah sobat mengetahui bahwa sebenarnya charger hp di dalam mobil cukup berbahaya? Kenapa bisa? Berikut artikel Guru Otomotif akan menjelaskannya.

Kenapa Charger Hp di dalam Mobil Berbahaya?

Bahaya charger hp di dalam mobil bukan tanpa alasan, hal itu dapat dijelaskan sebagai berikut:
Penggunaan power output berasal dari pemantik api (lighter) dan ini bisa memperpendek usia baterai pada hp. Kenapa? Ini karena tegangan listrik dari mobil kurang stabil yang disebabkan karena putaran mesin mobil naik turun. Atau juga karena hidup-matinya kelistrikan dalam menyalurkan arus listrik ke komponen-komponen sistem kelistrikan seperti lampu penerangan mobil, pendingin AC, audio, dan lainnya. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada tegangan output alternator. Dampak selanjutnya yaitu baterai hp dapat menjadi menggembung atau gemuk dan yang paling ekstrem yaitu meledak. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan bukan?


Lalu Bagaimana Tips Aman Charger Hp di Dalam Mobil?

Tips agar aman ketika sobat  mencharger hp di dalam mobil yang dilansir Toyota astra adalah sobat harus melakukan hal ini ketika sedang mencharger hp di dalam mobil:

  1. Menjauhkan hp atau smartphone dari benda atau barang-barang yang mudah terbakar seperti kertas, busa, dan juga kain.
  2. Menggunakan baterai dan charger yang memiliki kualitas bagus sesuai dengan standar hp yang sobat miliki (produk asli bukan tiruan).
  3. Menghentikan proses charger hp jika hp atau charger tiba-tiba mendadak panas.
  4. Jangan menerima panggilan telfon atau jangan menelfon ketika hp atau smartphone sobat sedang dicharge.
  5. Jauhkan hp dari sinar matahari langsung atau sumber panas lain yang berlebihan ketika menaruh hp.

Itulah beberapa tips aman charger hp di dalam mobil dan bahaya charger hp di dalam mobil. Semoga bermanfaat. Silahkan dishare ya dan beritahu kawanmu dengan informasi ini, Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Bahaya Charger HP di Dalam Mobil"

Poskan Komentar