Fungsi Ban, Komponen Ban dan Konstruksi Ban

Ban merupakan sau-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Ban berbeda dengan roda, roda adalah komponen yang terdiri dari pelek, ban dan komponen pendukung lain. Oleh karena itu ban tidak dapat berdiri sendiri tapi harus dipasang pada pelek.


Fungsi ban adalah sebagai berikut:


Konstruksi Ban

Ban mempunyai konstruksi yang kompleks, tidak seperti yang kita lihat pada bagian luarnya. Adapun komponen ban diantaranya adalah carcass atau cassing, tread, sidewall, breaker, belt, bead. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar konstruks dari ban berikut ini.


Fungsi dan penjelasan dari masing-masing komponen ban adalah sebagai berikut ini.

Carcass (Cassing) Ban

Carcass ban atau cassing ban adalah rangka ban yang keras dan cukup kuat dalam menahan udara yang bertekanan tinggi, akan tetapi carcass ban harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan. Carcass ban memiliki komponen-komponen diantaranya ply (layer) dari tire cord (yaitu suatu lembaran anyaman pararel dari bahan yang kuat) yang kemudian direkatkan menjadi dengan karet. Cord pada ban yang besar seperti pada bus atau truk biasanya dibuat dari nylon atau baja. Sedangkan cord untuk mobil penumpang kecil terbuat dari polyester atau biasa disebut nylon.

Tread Ban

Tread ban adalah lapisan ban yang paling luar yang berfungsi untuk melindungi carcass ban dari keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan. Tread ban adalah komponen ban yang langsung menyentuh atau berhubungan dengan permukaan jalan dan menghasilkan tahanan gesek yang memindahkan gaya gerak dan juga gaya pengereman kendaraan ke permukaan jalan.
Pola dari tread ban terdiri dari alur yang terdapat pada permukaan tread ban tersebut. Pola tread ban dirancang untuk memperbaiki kemampuan ban dalam memindahkan gaya dari ban ke permukaan jalan, ada bermacam-macam pola tread ban, sobat dapat membacanya pada artikel macam-macam pola pada tread ban.

Sidewall Ban

Sidewall ban adalah lapisan karet yang berfungsi untuk menutup bagian samping ban dan melindungi carcass terhadap kerusakan dari luar. Sidewall adalah komponen ban yang paling besar dan paling fleksibel, oleh karena itu sidewall ban secara terus menerus melentur di bawah beban yang dipikul selama kendaraan berjalan. Pada sidewall ban ada tulisan nama pabrik pembuat, lalu ukuran ban dan informasi lain.

Breaker ban

Breaker ban adalah lapisan yang letaknya ada diantara carcass ban dengan tread ban yang berfungsi untuk memperkuat daya rekat antara carcass ban dan tread ban. Selain itu breaker ban berfungsi untuk meredam kejutan yang timbul dari permukaan jalan ke carcass dan biasanya dipakai pada ban bias. Ban pada bus dan truk biasanya memakai breaker ban yang terbuat dari nylon. Sedangkan untuk mobil penumpang memakai breaker ban dengan bahan polyester.

Belt Ban (Rigid Breaker)

Belt ban adalah tipe breaker yang dipakai pada ban radial-ply, belt ban diletakkan seperti sarung mengelilingi ban antara carcass dan karet tread dimana fungsinya untuk menahan carcass dengan kuat. Ban untuk mobil penumpang memakai rigid breaker yang tersusun dari kawat baja, rayon dan polyester. Sedangkan untuk bus dan truk memakai rigid breaker dari kawat baja.

Bead Ban

Bead ban berfungsi untuk mencegah robeknya ban dari rim karena gaya yang bekerja, sisi bebas atau bagian samping dari ply dikelilingi kawat baja yang namanya kawat bead. Udara bertekanan mendorong bead keluar pada rim pelek dan tertahan kuat. Bead ban dilindungi dari kerusakan karena gesekan pelek dengan jalan memberinya lapisan karet keras yang disebut chafer strip. Komponen dari bead ban ini adalah sebagai berikut:


  1. Flipper, yaitu pembungkus bead wire yang mempunyai bentuk yang cocok dengan bentuk ban pada bead.
  2. Bead toe, yaitu bagian bead sebelah dalam.
  3. Bead heel, yaitu bagian bead yang kontak dengan pelek pada flens.
  4. Bead base, yaitu bagian bead yang datar, yang berada diantara bead toe dan bead heel.
  5. Chafer, yaitu lapisan terluar yang membungkus bead dan berfungsi untuk mencegah kerusakan karena gesekan dengan pelek.
  6. Bead wire, yaitu kawat baja yang mengandung kadar karbon tinggi dan menjamin pemasangan ban ke pelek.

Itulah Fungsi Ban, Komponen Ban dan Konstruksi Ban, semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan dishare dan berkomentar pada kolom komentar di bawah yaa.. salam Otomotif!

Label: