Cara Melepas Stiker di Bodi Mobil Agar Tidak Membekas

Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika mobil atau bahkan juga sepeda motor kita ditempel dengan stiker entah itu di bodi maupun di kaca yang kemudian kita menjadi kesulitan ketika hendak melepas stiker tersebut. Stiker yang dipasang pada mobil biasanya stiker-stiker promosi produk dan parahnya lagi jika stiker tersebut dipasang oleh orang lain yang sekedar iseng , padahal untuk melepas stiker pada mobil sangat sulit dan sering meninggalkan bekas yang tidak hilang pada bodi atau kaca mobil, dan apabila stiker tersebut kita lepas dengan paksa akan menyebabkan kerusakan pada cat bodi mobil?


Lalu bagaimana cara melepas stiker cutting atau stiker scotlight atau skotlet maupun stiker lainnya yang menempel pada body mobil? Berikut ini tips yang akan Guru Otomotif bagikan untuk menangani masalah stiker mobil ini. Untuk melepas stiker pada bodi mobil ada tekhnik dan cara masing-masing dan tergantung dengan bahan dari stiker tersebut. Misalnya pada stiker yang berbahan kertas dengan stiker berbahan plastik seperti stiker skoltet berbeda cara melepasnya, biar lebih jelas kita akan bahas satu persatu.

Melepas Stiker Berbahan Kertas Pada Bodi Mobil

Melepas stiker yang berbahan kertas cara melepasnya bisa menggunakan air sabun, caranya sangat mudah yaitu basahi terlebih dahulu permukaan stiker kertas tersebut yang ingin dilepas dengan air sabun. Selanjutnya gosok secara perlahan menggunakan kain basah sehingga sisa-sisa perekat yang ada pada stiker kertas tersebut terlepas. Dan perlu diingat bahwa bekas perekat stiker kertas yang tidak dibersihkan akan membuat kotoran atau debu menjadi melekat pada bekas perekat stikernya dan kemudian akan menjadi lebih sudah untuk dibersihkan.


Maka dari itu jangan setengah-setengah dalam melepas stiker, sebaiknya lepas stiker kertas tersebut hingga bersih sampai perekatnya terlepas agar tidak membekas.

Melepas Stiker Skotlet / Stiker Scotlight Pada Bodi Mobil

Stiker skotlet/scotlight adalah stiker yang berbahan plastik, untuk stiker skotlet / stiker scotlight ini ada dua cara yang dapat dilakukan untuk melepasnya, yaitu menggunakan korek api dan menggunakan minyak kayu putih. Seperti apa langkah-langkahnya mari kita bahas satu persatu.




Melepas Stiker Skotlet Dengan Korek Api / Hair Dryer

Cara melepas stiker skotlet yang menempel pada bodi mobil bisa menggunakan korek api atau hair dryer. Caranya adalah tempelkan nyala api pada korek api atau arahkan hair dryer ke permukaan stiker skotler dan usahakan yang merata (semua bagian permukaan skotlet mendapat panas). Pemanasan ini akan mengakibatkan lem atau perekat pada stiker skotlet menjadi lunak dan mengkerut. Jika sudah terjadi kerutan atau lunak pada stiker maka lepaslah stiker menggunakan kuku ataupun silet dengan hati-hati agar mobil tidak menjadi tergores. Atau sobat bisa menggunakan cara yang lain berikut ini.

Melepas Stiker Skotlet Dengan Minyak Kayu Putih

Cara selanjutnya dalam melepas stiker scotlight adalah dengan menggunakan minyak kayu putih, atau bisa juga memakai minyak tanah atau bensin. Caranya adalah dengan membasahi permukaan stiker tersebut yang akan dilepas dengan memakai salah satu bahan tersebut apakah minyak kayu putih, minyak tanah atau bensin karena sama saja. Langkah berikutnya adalah tutup dengan plasik dan rekatkan dengan menggunakan selotip, hal ini bertujuan agar uap dari minyak kayu putih , minyak tanah atau bensin bisa meresap ke permukaan dalam stiker. Tunggulah hingga kira-kira 10 menit. Jiika sudah melunak, maka lepas stiker dengan hati-hati dari ujung kanan atas ke kiri bawah.

Baca Juga: Penyebab Cat Motor Pudar dan Kusam Serta Solusinya

Tips Membersihkan Bekas Stiker di Bodi Mobil

Mesikpun sobat sudah berhasil dalam melepas stiker yang menempel pada bodi mobil. Namun terkadang bekas dari stiker yang dilepas itu masih tetap ada dan tidak mau hilang sehingga bekas stiker membuat warna bodi mobil menjadi belang  serta kusam. Untuk menghilangkan noda belang dan kusam bekas stiker tersebut, caranya adalah dengan menggunakan compound untuk pemoles. Setelah dicompound body mobil juga membutuhkan car polish ataupun cairan wax agar body mobil menjadi lebih kinclong dan bagus.

Setelah itu lap dengan memakai lap mikrofiber atau kain serat halus yang spesial untuk lap mobil yang digerakkan dengan gerakan berputar searah. Dengan cara ini semoga stiker terlepas dari mobil sampai ke perkatnya.
Demikian artikel tentang cara melepas stiker di bodi mobil agar tidak membekas, semoga membantu dan menambah wawasan kita tentang otomotif. Salam Otomotif!
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Melepas Stiker di Bodi Mobil Agar Tidak Membekas"