Cara Melepas dan Memasang Ban Dalam dan Ban Luar Mobil

Melepas ban atau membongkar ban dari pelek kadang dibutuhkan ketika terjadi kebocoran pada ban, atau ketika mengganti ban dengan yang baru, maupun merubah posisi ban yang terkikis pada satu sisinya. Dan ketika melepas ban atau memasang ban harus mengikuti prosedur atau dengan cara yang benar, karena jika tidak justru akan merusak ban itu sendiri atau bahkan merusak komponen-komponen yang ada pada roda. Melepas dan memasang ban, baik ban dalam maupun ban luar sebetulnya tidak terlalu sulit dan semua bisa melakukannya.


Dengan mengetahui cara atau prosedur melepas dan memasang ban, maka kita dapat melakukan sendiri sewaktu-waktu ban mobil mengalami masalah dan jauh dari bengkel. Lalu bagaimana cara melepas dan memasang ban dalam dan ban luar mobil? Berikut ulasannya..

Cara Melepas Ban Dalam dan Ban Luar dari Mobil

Dalam melepas ban dalam mobil harus memperhatikan prosedur berikut ini, lakukan pelepasan ban dengan hati-hati agar tidak merusak rim roda mobil. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Rim dan ban mobil harus dalam kondisi yang bersih, kering dan dalam keadaan yang baik. Dan jika perlu lepaslah pemberat balancing jika ada pemberat balancing pada ban mobil tersebut. kemudian hal yang perlu diperhatikan adalah cek ban dan tread dari kerusakan, cek juga rim dan bead dari kerusakan atau perubahan bentuk. Untuk pelek racing dari bahan alumunium alloy sebaiknya dicek terlebih dahulu kerataan pada bagian sisi ring.
  • Sebelum melepas ban, sebaiknya angin harus dikeluarkan dari ban dengan cara melepas katup pentil. Pastikan semua angin keluar dari ban dan ban menjadi kempes.
  • Untuk memudahkan melepas ban dari pelek roda, caranya bisa dengan menambahkan sabun colek pada permukaan kontak rim dengan tepi ban dan bila perlu diberi pelumas khusus atau sabun colek yang lebih murah, dengan begitu proses melepas ban dari pelek dapat dilakukan dengan lebih mulus.
  • Setelah ban terlepas dari rimnya, kemudian ganti ban dalam dengan ban yang baru, dalam mengganti ban, perhatikan ukurannya. Ukuran ban harus sesuai dengan ukuran rim.
  • Untuk membersihkan ban di atas mesin maka jangan memakai air atau udara bertekanan.

Cara Melepas Ban Dalam dan Ban Luar dari Pelek

Setelah ban terlepas dari mobil. Maka langkah berikutnya adalah melepas ban luar tersebut dari pelek dengan cara sebagai berikut:
Pasang ban yang sudah kempes tadi pada sisi samping mesin penekan atau pemegang.
Posisikan bilah penekan (nomor 3 pada gambar di bawah ini) dengan cara menggeser handle (nomor 4) pada sisi samping ban dengan jarak 5 mm dari rim.


Yang wajib diperhatikan adalah ketika proses pengepresan ban, tangan tidak berada pada posisi samping ban, karena hal ini sangat berbahaya.
Tekan pedal (nomor 2 pada gambar di bawah ini) maka bilah penekan (nomor 3) akan menekan sidewall dengan tekanan yang cukup kuat sehingga kedua posisi pelek terjepit dengan kuat.


Tempatkan roda di atas mesin, tekan pedal (nomor 3 pada gambar) sampai posisi pelek terjepit dengan kuat.
Posisikan pengait pelepas ban (nomor 2 pada gambar di bawah ini) pada posisi 2 mm di atas rim.
Gunakan sendok ban (nomor 1) untuk mencongkel sisi samping ban dan menepatkan dengan pengait (nomor 2 pada gambar di bawah ini) hingga pengait masuk ke dalam bead.


Tekan pedal pemutar (nomor 3), maka mesin akan memutar ban berlawanan arah jarum jam, sehingga bead akan terlepas dari rim.


Setelah itu keluarkan ban dalam dari pelek dengan cara menarik secara perlahan-lahan.
Untuk melepas bead sisi bawah, tempatkan pengait pada rim sisi bawah.
Tekan pedal (nomor 3), maka mesin akan berputar berlawanan arah dengan jarum jam dan ban akan terlepas dari peleknya.



Cara Memasang Ban Dalam dan Ban Luar Pada Pelek

Setelah pemeriksaan atau penggantian ban selesai, lalu pasang kembali ban pada pelek dan mobil, caranya adalah sebagai berikut:
Tempatkan pelek di atas mesin.
Tempatkan ban di atas pelek, lalu masukkan bead ke salah satu sisi samping pelek.

Tempatkan tuas pemasang pada bead sisi bawah dan tekan pedal pemutar, maka mesin akan berputar searah dengan jarum jam, maka bead bawah akan terpasang pada pelek.
Masukkan ban dalam dan tepatkan pentil/dob pada lubangnya sampai posisi tegak lurus terhadap pelek.
Pasang tuas pengait pemasang, setel posisi tuas 2 mm disisi atas rim.
Tekan pedal pemutar (panah kanan), lalu mesin akan berputar searah dengan jarum jam, secara perlahan ban akan terpasang pada pelek.


Posisikan ban luar terhadap pelek dengan cara menekan sisi bead, maka ban akan tertata rapi pada peleknya.
Pasang kembali katup pentil ban dengan memakai kunci khusus.


Langkah terakhir adalah pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

Itulah cara melepas dan memasang ban dalam dan ban luar mobil, mudah bukan? Adakah sobat yang mau mencobanya? Yuuk dishare..
Jika Anda menginginkan artikel ini untuk tugas sekolah atau lainnya, silahkan hubungi admin Guru Otomotif dengan mengirimkan email [Muryo Setyo].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melepas dan Memasang Ban Dalam dan Ban Luar Mobil"

Poskan Komentar