Cara Hemat Bensin Hanya dengan Uang 2000!

Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) atau bensin adalah sesuatu yang banyak orang inginkan, bahkan di industri kendaraan saling berlomba dalam mengembangkan kendaraan yang hemat bensin. Dengan menghemat bensin tentu akan menghemat uang bagi konsumen atau pemakai kendaraan, sedangkan bagi industri kendaraan akan meningkatkan jumlah penjualan kendaraan. Secara saat ini banyak orang yang menginginkan kendaraan yang tidak hanya bertenaga tapi juga irit alias hemat bensin.


Ada banyak cara yang dilakukan orang dalam rangka menghemat bensin untuk kendaraannya khususnya untuk motor. Ada yang menghemat bensin dengan cara memodifikasi mesin, menambah cairan tertentu pada bensin, menambahkan alat khusus untuk menghemat bensin, memakai mesin dengan teknologi EFI, dan cara-cara yang lain. Namun pada artikel kali ini, Guru Otomotif akan memberikan tips agar motor sobat tidak cepat haus dan banyak minum bensin alias hemat bensin, cara hemat bensin ini cukup unik yaitu dengan modal 2000 rupiah saja. Apakah bisa?  Gimana caranya? Langsung saja simak artikel cara hemat bensin hanya dengan uang 2000!

Ternyata hanya bermodal 2000 sobat sudah bisa menghemat bensin, caranya adalah sobat datang aja ke tukang pompa ban yang tersedia banyak di samping jalanan kota, pompa ban kendaraan sobat baik itu sepeda motor ataupun mobil, sesederhana itu kah? Bagaimana bisa dengan memompa ban dapat menghemat bensin? Berikut penjelasan tentang memompa ban bisa menghemat bensin sepeda motor atau mobil.

Kenapa Memompa Ban Dapat Menghemat Bensin?

Memompa ban motor atau mobil agar dapat menghemat bensin syaratnya harus sesuai dengan kapasitas yang sesuai dengan aturan atau spesifikasi dari tekanan ban kendaraan tersebut.


Adapun penjelasannya kenapa memompa ban sesuai aturan dapat menghemat bensin adalah sebagai berikut: Jika ban yang telah di pompa dengan kapasitas yang ideal, maka ban tersebut akan berputar dengan sempurna. Sebaliknya jika ban dengan kondisi yang kurang angin maka tarikan motor akan menjadi lebih berat, sehingga motor akan membutuhkan tenaga yang lebih sementara itu kinerjanya tidak sebanding.

Bagaimana Cara Mengetahui Kapasitas Ideal dari Ban?

Pada dasarnya tiap pabrik ban memiliki ukuran kapasitas ideal masing-masing tergantung dari mereknya. Semua itu dapat dilihat pada kode-kode yang ada pada ban tersebut. Sobat dapat mempelajari cara membaca kode-kode ban di artikel cara membaca kode ban dan pelek. Dan cara mudahnya adalah dengan menunjukkan saja angka atau kode yang ada pada ban tersebut kepada tukang pompa ban yang mungkin saja bisa membaca kode ban. Jika seandainya di ban tersebut tidak ada kode maka sobat bisa memakai kapasitas ideal ban 28 psi sampai dengan 30 psi  untuk ban depan, dan 30 psi sampai dengan 33 psi untuk ban belakang.

Berapa Persen Bensin Menjadi Hemat dengan Cara ini?

Sebenarnya tidak dapat diukur berapa persen efisiensi bahan bakar, namun cara ini dapat berpengaruh. Secara teori, tekanan angin yang tepat atau sesuai dengan idealnya, akan membuat daya cengkeram ban ke aspal jalan menjadi lebih baik. Daya cengkeram ban yang baik ini yang membuat tenaga dari mesin dapat disalurkan ke putaran roda dengan lebih bagus dibandingkan daya cengkeram ban ke aspal yang buruk karena tekanan ban yang tidak sesuai dengan idealnya.

Namun ada banyak hal lain selain dari kondisi tekanan ban yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi hemat, hal lain tersebut bisa berupa kondisi mesin, karburator, sikap dalam berkendara dan sebagainya. Menurut sobat bagaimana? Berikan tanggapanmu yaah. Salam Otomotif!

Label: