Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Robek

Bumper adalah bagian depan pada mobil yang rentan rusak, entah karena goresan maupun rusak karena robek. Jika bumper hanya rusak akibat goresan-goresan maka cukup di kompon atau cat ulang, tentu akan lebih baik jika dibawa ke bengkel khusus cat atau bengkel resmi.


Sedangkan masalah bumper yang robek, apakah dapat diperbaiki atau harus diganti dengan yang baru? Untuk menjawab pertanyaan itu, kali ini Guru Otomotif bahas artikel khusus yang disari dari sumber merdeka. Menurut Erwin Santoso selaku pengelola dan juga adik pemilik bengkel cat dan reparasi body mobil Rafet Auto di daerah Depok, Jawa Barat, beliau mengatakan bahwa semua bumper mobil yang rusak karena robek sebenarnya dapat diperbaiki.

Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Bumper Mobil Robek?

Masih menurut Erwin, menurutnya cara memperbaiki bumper mobil yang robek adalah dengan dijahit menggunakan kawat dan ditambal memakai lempengan plat, namun dengan catatan bahwa bumper mobil yang rusak adalah bumber dengan bahan dasar plastik. Dan tentu saja, pengerjaannya ini harus dilakukan dengan melepas bagian bumper mobil terlebih dahulu. Tidak bisa dilakukan dengan kondisi bumper yang masih menempel di mobil.

Sedangkan proses menjahitnya dilakukan sama seperti menjahit pada umumnya. Alat yang diperlukan yaitu kawat. Caranya adalah lubangi terlebih dahulu bumper mobil yang akan dijahit, kemudian rekatkan robekan tadi menggunakan kawat. Teknik ini hampir sama dengan cara merekatkan sesuatu dengan menggunakan stapler, tentu sobat sudah pernah menggunakan stapler dong?. Kemudian ratakan sisa kawat yang timbul pada bumper mobil tadi dengan cara dipanaskan. Nanti kawat tersebut akan menjadi rata.

Adakah Cara Lain Untuk Memperbaiki Bumper Mobil Robek?

Jika cara di atas serasa sudah dan ribet, cobalah cara yang satu ini, cara lain untuk memperbaiki bumper mobil yang robek adalah dengan menggunakan lempengan plat, plat yang dibentuk sesuai dengan stapler. “Lali tanam lempengan plat yang telah dipanasi sebelumnya, kemudian ditanam di dalam bumper mobil” Kata Erwin kepada liputan6.

Lempengan yang dipakai usahakan yang tidak tebal, hal ini bertujuan agar lempengan lebih mudah dibentuk, dan juga obeng panas yang berfungsi untuk menutup celah pada bumper tersebut. Pada kondisi ini bumper mobil tidak berbentuk solid, nah celah tersebut ditutup dengan menggunakan plastik bumper cair itu sendiri.

Sampai dengan langkah ini, tampilan bumper masih jelek, untuk itu setelah proses penyambungan lempengan ini selesai, langkah berikutnya adalah menghaluskan permukaan dari bumper. “Baru setelah itu bumper di dempul dan dilakukan proses repaint atau pengecatan ulang,” Jelas Erwin.

Berapakah Biaya Untuk Memperbaiki Bumper Mobil Robek?

Sedangkan untuk biaya memperbaiki bumper mobil robek sendiri agak merogeh kantong, harganya berkisar Rp. 600 ribu dan lebih tinggi Rp. 50 ribu jika warna dari bumper tersebut merah atau putih mutiara. Dan waktu pengerjaannya sendiri antara dua hari sampai dengan tiga hari saja, lumayan cepat kan?

Adakah sobat yang ingin mempraktekkan sendiri proses memperbaiki bumper mobil rusak ini? Kalau berhasil barangkali dapat membuka bengkel sendiri, ya siapa tahu. Demikianlah artikel tentang Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Robek semoga menambah pengetahuan kita dan menambah wawasan kita. silahkan dishare yaa. Salam Otomotif!

Label: