8 Tips Agar Tidak Mabuk dalam Perjalanan

Mabuk di jalan memang terkadang menjadi hambatan dalam perjalanan, jika mabuk dalam perjalanan itu terjadi di kendaraan sendiri mungkin bukan masalah karena bisa sewaktu-waktu berhenti dan beristirahat. Namun jika terjadi di kendaraan umum lantas bagaimana? Rasa mual, ingin cepat sampai, pening dan lain-lain campur aduk sehingga benar-benar membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan.


Mabuk dalam perjalanan memang terkadang muncul tak terduga, walaupun sebelum berangkat atau naik kendaraan rasanya tubuh masih fit, namun ketika dalam perjalanan tiba-tiba mual yang mengakibatkan mabuk perjalanan, apalagi jika kondisi jalanan yang macet, panas, jalan naik turun berbelok-belok, dan hal-hal lain yang dapat menimbulkan rasa mual di tubuh.
Lalu bagaimana caranya menghindari atau agar tidak mabuk dalam perjalanan? Berikut ini Guru Otomotif berikan 8 tips agar sobat tidak mabuk dalam perjalanan.

1. Makan Makanan Berkarbohidrat

Usahakan sebelum bepergian, makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti putih telur, kentang, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, pisang, susu, dan lain-lain.

2. Hindari Makan Berlebihan

Sebelum sobat bepergian, sebaiknya hindari makan secara berlebihan. Makan yang berlebihan atau terlalu kenyang akan memicu mual, apalagi jika kondisi jalan yang hendak dilewati kondisinya tidak rata atau naik turun serta berkelok-kelok, hal itu akan mengguncang isi perut dan bisa menyebabkan mual yang berujung pada mabuk dalam perjalanan.


3. Hindari Makan Pemicu Mabuk

Sebelum melakukan perjalanan usahakan jangan makan makanan yang dapat memicu mual atau menyebabkan mabuk darat, makanan yang dapat memicu mabuk darat itu diantaranya jenis-jenis makanan yang pedas atau juga berminyak.

Baca Juga: Cara Hemat Bensin Hanya Dengan Uang 2000!

4. Jangan Memakai Pengharum Mobil yang Menyengat

Pengharum ruangan atau parfum mobil memang dapat membuat kita nyaman, namun jika wangi dari pengharum ruangan atau parfum tersebut terlalu berlebihan atau ekstrim justru dapat membuat mual. Untuk itu hindari memakai pengharum ruangan mobil yang mempunyai aroma menyengat. Sebaiknya memilih pengharum mobil dengan aroma-aroma bernuansa alam. Seperti aroma pohon-pohonan, aroma yang lembut, segar, dan natural.

5. Jaga Kondisi Kabin Mobil

Kondisi kabin mobil sebaiknya dijaga agar tidak terlalu pengap, namun juga jangan terlalu dingin (seperti dengan menghidupkan AC secara berlebihan). Suasana yang segar dan menjaga kenyamanan bisa membantu untuk menghindari rasa mual selama dalam perjalanan.

6. Perhatikan Tata Letak di Ruangan Mobil

Seringkali soal ruangan mobil kurang diperhatikan ketika berkendara khususnya bagi yang memakai kendaraan pribadi, berbagai macam barang dan benda diletakkan berserakan di dalam ruangan mobil, ini dapat mengurangi rasa nyaman selama dalam perjalanan.


Sebaiknya jangan penuhi mobil dengan barang-barang yang terlalu berlebih. Hal ini karena kenyamanan duduk dan keleluasan penumpang mejadi faktor yang utama. Intinya adalah sobat harus dapat merasa nyaman bergerak tanpa terganggu karena sempitnya ruang.

7. Hindari Duduk Menyamping Menghadap Jendela Samping

Duduk dengan posisi yang menghadap jendela samping mobil dapat memicu mual, karena pandangan mata kita dipenuhi dengan bayangan pohon-pohon yang bergerak, bangunan-bangunan bergerak. Duduklah sesuai menghadap depan atau ke arah supir sesuai dengan posisi kursi mobil pada umumnya.

8. Ciptakan Suasana yang Nyaman dengan Obrolan

Ciptakanlah suasana dalam perjalanan itu terasa nyaman dengan mengobrol, lelucon, dan cerita-cerita yang menarik, ini akan membantu mengalihkan pikiran dan juga rasa mual. Usahakanlah untuk selalu berinteraksi selama dalam perjalanan. Strategi ini juga sering diterapkan oleh supir travel  yang suka mengajak berbicara dengan penumpangnya.

Itulah 8 tips agar tidak mabuk dalam perjalanan, semoga tips ini membantu dan bermanfaat. Nah apakah sobat mempunyai tips untuk menghindari mabuk sendiri? Cerita dong dikolom komentar.

Label: