7 Modifikasi Sepeda Motor Unik dan Lucu Bagian 1

Ada beberapa alasan orang melakukan modifikasi pada kendaraannya, baik itu sepeda motor maupun mobil, mulai dari untuk sekedar mencari sensasi karena kendaraannya beda sendiri di jalanan, ada juga yang melalukan modifikasi pada kendaraannya karena alasan fungsioalitas, atau ada pula yang hanya sekedar ikut-ikutan. Namun apapun alasan seseorang untuk memodifikasi kendaraannya kalau bisa tetap memperhatikan dan sesuai dengan peraturan yang ada, apalagi di negara kita sudah ada peraturan tentang memodifikasi kendaraan baik motor maupun mobil, jika melanggar peraturan modifikasi maka ada denda 24 juta.


Namun yang akan kita bahas pada artikel ini bukan modifikasi yang berasal dari dalam negeri, melainkan modifikasi luar negeri yaitu dari India, sejumlah biker di India melakukan modifikasi pada sepeda motornya dan hasilnya membuat banyak orang melirik kendaraan hasil modifikasinya. Mau tahu seperti apa modifikasi yang dilakukan beberapa biker asal India ini? Yuk simak artikelnya 7 modifikasi sepeda motor unik dan lucu.

Motor Pompa

Modifikasi motor pompa ini adalah berkat ide kreatif dari petani di India, mereka membuat motor pompa ini karena ketika musim panas atau musim kering para petani tidak memiliki dana yang cukup untuk menyewa atau membeli pompa air untuk menyedot air di saluran irigasi, akibatnya petani ini pun melakukan modifikasi unik pada sepeda motornya dan sukses mengubahnya menjadi pompa air.


Mesin sepeda motornya diubah fungsinya menjadi dinamo untuk memompa, caranya yaitu dengan melepas ban belakang dan karet yang disambungkan ke alat penyedot air tersebut. Dan uniknya lagi, ada pemberat pada motornya dan ini berfungsi agar sepeda motornya tetap stabil, unik kan.. gimana menurut sobat? kira-kira kalau diterapkan di Indonesia bisa tidak yaa.

Baca Juga: 5 Modifikasi Mobil dengan Bentuk Paling Aneh

Motor Traktor

Lagi-lagi petani yang memodifikasi sepeda motornya, kali ini modifikasi yang dilakukan petani ini adalah membuat traktor bajak sawah memakai sepeda motor yang telah dimodifikasi, weleh-weleh.. ada-ada saja, Sepeda motor buatan pabrikan Royal ini dimodifikasi pada bagian belakangnya. Ban asli dilepas dan diganti dengan ban besar milik traktor. Kemudian alat bajak disematkan pada bagian belakang dengan menambah beberapa besi sebagai rangkanya.


Dan uniknya adalah alat bajak ini disebut bersifat plug and play, sehingga dapat dilepas dan dipasang dengan mudah.

Knalpot Sepeda Motor Anti Banjir

Musim hujan di India juga hampir sama seperti di Indonesia loh sobat, yaitu sama-sama menghasilkan genangan air dan juga banjir. Masalah utama ketika banjir adalah genangan air tersebut bisa masuk ke dalam mesin melalui saluran intake manifold pada karburator maupun melalui knalpot. Jika air sudah masuk ke lubang knalpot maka sepeda motor bisa mogok. Inilah masalah yang juga dihadapi di India.


Namun masalah tersebut kini “sudah terpecahkan” dengan adanya modifikasi knalpot sepeda motor anti air ini, pemilik kendaraan ini kreatif dengan cara memakai karet ban dalam bekas yang kemudian digunakan untuk membungkus knalpot. Karet ini berfungsi juga untuk membuat lubang gas buang knalpot agar terhindar dari banjir. Modifikasi ini sangat murah dan bisa ditiru biker di Indonesia. Hehe

Baca Juga: 7 Modifikasi Unik Mobil dari India

Itulah tiga bagian dari 7 modifikasi sepeda motor unik dan lucu, mau tau lanjutan modifikasi sepeda motor yang unik dan lucu? Simak artikel lanjutannya di 7 modifikasi sepedamotor unik dan lucu bagian 2. Semoga artikel 7 modifikasi sepeda motor unik dan lucu ini bisa menjadi inspirasi sobat yang tertarik dengan dunia modifikasi, barangkali ada yang mau mencontoh.. hehe. Salam Otomotif!

Label: