6 Tips Untuk Menghemat BBM atau Bensin (Bagian 1)

Harga bbm memang tidak stabil, ketika harganya melambung tinggi akan mempengaruhi harga-harga yang lain terutama bahan pokok. Harga bbm yang kian naik memaksa pemakai kendaraan bermotor entah itu mobil atau motor untuk berfikir bagaimana caranya dalam menghemat konsumsi bahan bakar. Para insinyur atau produsen kendaraan pun terus melakukan riset demi menghasilkan kendaraan yang hemat bbm dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.


Selain itu, alat-alat tambahan untuk menghemat bbm atau bensin pun kini semakin ramai dipasaran, termasuk juga cairan-cairan khusus yang ditambahkan pada bensin agar kendaraan menjadi lebih hemat.  Namun tahukah? Bahwa ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat BBM tanpa harus membeli alat-alat tambahan ataupun membeli kendaraan terbaru, meskipun simpel dan sering dilalaikan banyak orang, namun cara-cara berikut dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan, ini lah 6 tips untuk menghemat bbm atau bensin kendaraan:

1. Membersihkan Filter Udara

Cek atau membersihkan filter udara kendaraan adalah hal yang sering disepelekan banyak orang, filter udara bagaikan rambut-rambut yang ada pada lubang hidung kita, yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam paru-paru, dalam hal ini filter udara menyaring udara yang masuk ke intake manifold untuk selanjutnya udara tersebut dicampur dengan bahan bakar untuk dibakar.


Ketika filter udara kotor maka akan menurunkan performa mesin kendaraan baik motor atau mobil. Fiter udara yang kotor menyebabkan kotoran pada udara tidak dapat disaring dengan baik sehingga kualitas udara yang masuk ke dalam mesin buruk, pembakaran pun tidak akan maksimal karena masih ada sisa-sisa bahan bakar yang belum sepenuhnya dibakar namun sudah dibuang sehingga bahan bakar menjadi boros. Selain itu ketika kualitas udara jelek dan performa mesin turun, pengemudi akan cenderung menekan pedal gas lebih dalam agar mendapatkan tenaga atau power yang tinggi, akibatnya banyak bahan bakar yang dibakar dan membuat mesin menjadi boros.

Salah satu cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah membersihkan filter udara secara rutin, semprotkan filter udara menggunakan udara bertekanan dari arah dalam agar kotoran dapat keluar. Filter udara yang selalu rutin dibersihkan akan dapat  memaksimalkan kinerja dar filter udara tersebut, sama seperti lubang hidung kita yang selalu kita cek dan kita bersihkan.

2. Tekanan Angin

Tekanan angin pada ban juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Tekanan angin ban yang terlalu tinggi ketika mobil atau motor sering melintasi jalan yang tidak rata maka akan dapat memperpendek usia pemakaian ban dan membuat ban akan cepat benjol.



Sementara itu tekanan angin ban yang terlalu rendah atau kempes akan menaikkan konsumi BBM karena mobil melaju dengan berat bagaikan mobil berjalan dengan velg. Oleh karena itu periksalah secara rutin tekanan angin ban sebelum memakai kendaraan, dan usahakan tetap jaga tekanan angin ban sesuai dengan spesifikasi.

Itulah bagian pertama dari 6 tips untuk menghemat BBM atau bensin. Lakukanlah kedua tips sederhana di atas, dan rasakanlah pengarunya pada konsumsi bahan bakar, jika dirasa belum terlalu berpengaruh maka cobalah tips selanjutnya di 6tips untuk menghemat BBM atau bensin bagian 2 ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk dishare. Salam Otomotif!

Label: