Pengertian Teknologi Blue Core

Mungkin sobat sudah pernah mendengar tentang teknologi Blue Core yang diusung oleh parbikan Ya*aha bukan? Teknologi ini memang diklaim sebagai solusi untuk menghemat bahan bakar. Namun masih banyak juga yang bingung sebenarnya Blue Core itu apa? Dan bagaimana konsep serta cara kerjanya?.. Yaa baiklah, kali ini Guru Otomotif akan bahas satu persatu berkaitan dengan teknologi Blue Core ini.


Apa Sih Blue Core itu?

Teknologi Blue Core adalah sebuah rancangan mesin dan sasis yang dikembangkan oleh Ya*aha untuk memfokuskan diri dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar, mereduksi tenaga mesin yang hilang, memaksimalkan sistem pendinginan mesin, serta membuat mesin menjadi ramah lingkungan.
Konsep dari Blue Core ini awalnya dikenalkan di India pada Juli 2014 pad motor sport FZ Series injeksi. Kemudian diwujudkan lagi pada skutik Filano di Thailand dan skutik Nozza Grande di Vietnam.

Seperti Apa Cara Kerja Blue Core?

Teknologi Blue Core ini akan membuat kinerja mesin menjadi lebih maksimal dengan mengoptimalkan pembakaran bahan bakar agar dihasilkan tujuan-tujuan seperti pada konsep Blue Core di atas. Ada tujuan yang akan dicapai melalui teknologi Blue Core ini, tujuannya sebagai berikut.


Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Agar tujuan dari peningkatan efisiensi bahan bakar ini tercapai, maka mesin yang menggunakan teknologi Blue Core ini dibekali dengan berbagai komponen pendukung yang dapat menjaga suhu mesin agar selalu stabil, proses pembakaran dimaksimalkan agat lebih sempurna dan suplai bahan bakar juga dapat terkontrol dan juga presisi.

Mengurangi Tenaga yang Hilang

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak semuanya dapat disalurkan ke roda dengan baik, akan tetapi ada yang hilang karena gesekan-gesekan pada mesin, panas mobil, dan lain-lain sehingga energi tersebut terbuang dan tidak semuanya disalurkan ke roda. Maka Blue Core menekan kondisi tersebut dengan meminimalisir adanya gesekan pada dinding silinder sehingga mengurangi tenaga yang hilang tersebut, sekaligus mengurangi suara atau vibrasi yang dihasilkan mesin. Sehigga tenaga output mesin menjadi meningkat.

Mengoptimalkan Sistem Pendingin

Blue Core mempunyai desain kisi-kisi silinder yang lebih tipis dan rapat. Sistem pendingin bekerja secara aktif dengan menyemprotkan oli jet piston cooler pada permukaan piston yang bisa menghilangkan panas pada ruang pembakaran.
Blue Core didukung dengan teknologi DiAsil Cylinder dan forget piston yang diklaim tiga kali lebih awet dari silinder konvensional dan juga tiga kali lebih ringan dari besi.

Ramah Lingkungan

Desain katup dan injektor bahan bakar pada Blue Core sudah disempurnakan. Pembakaran pada ruang bakar yang diklaim mendekati sempurna, maka emisi gaas buang yang dihasilkan lebih sedikit, dengan begitu maka dapat lebih ramah lingkungan.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu Blue Core, namun begitu, bukan berarti Blue Core benar-benar mesin yang paling sempurna, masih ada mesin yang lain yang juga berteknologi sama dengan Blue Core. Artikel ini tidak sama sekali menyarankan sobat untuk “beralih” ke Blue Core. Artikel ini mengulas gambaran mesin Blue Core saja dan sebagai tambahan pengetahuan. Semoga dapat dipahami. Silahkan yaa dishare. Salam Otomotif!

Label: ,