Mengenal Komponen Mesin Sepeda Motor: Katup

Komponen selanjutnya yang akan Guru Otomotif bahas adalah katup. Katup merupakan komponen vital pada mesin sepeda motor sebagaimana piston. Sedangkan piston sudah kami bahas dan sobat dapat membaca artikelnya di komponen mesin sepedamotor: piston. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu katup serta komponen yang ada pada katup beserta fungsinya.

Katup berfungsi untuk membuka dan menutup ruang bakar pada silinder. Setiap silinder dilengkapi dengan dua jenis katup yaitu katup in (masuk) dan katup ex (buang). Katup masuk digunakan untuk membuka dan menutup saluran masuk campuran bahan bakar dan udara, sedangkan katup buang digunakan untuk membuka dan menutup saluran gas sisa pembakaran. Katup terletak di kepala silinder dan diatur oleh poros cam pada proses membuka dan menutupnya. Komponen pada katup diantaranya adalah

Konstruksi Katup

Katup terbuat dari bahan yang sangat keras dan mudah menghantarkan panas. Katup terletak di kepala silinder tepatnya di ruang bakar sehingga katup selalu menerima tekanan dan panas yang tinggi akibat kompresi piston dan pembakaran campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar tersebut. Diameter katup masuk pada umumnya ukurannya lebih besar karena untuk memaksimalkan campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran, sedangkan pada katup buang lebih kecil.

Katup masuk dan katup buang bentuknya cendawan yang disebut dengan poppet valve. Katup masuk menerima panas pembakaran sehingga katup masuk mengalami pemuaian yang tidak rata yang dapat berdampak pada berkurangnya efektivitas kerapatan di katup. Oleh karena itu katup masuk dibuat besar diameternya agar efisiensinya meningkat. Sementara itu katup buang juga menerima tekanan panas yang tinggi yang dapat mengurangi efektivitas kerapatan. Untuk mengatasi itu maka dibuat kelonggaran yang lebih besar antara stem katup dengan kepala stem.

Poros Cam (Camshaft)

Poros cam atau camshaft berfungsi untuk mengontrol pembukaan dan penutupa katup. Pada motor empat tak terdapat dua camshaft, yaitu cam katup masuk dan juga cam katup buang. 
Poros cam kerjanya diputar oleh poros engkol dengan melalui rantai atau transmisi roda gigi. Poros cam berputar dengan kecepatan setengah kali kecepatan putaran pada poros engkol, sehigga diameter roda gigi di poros cam tersebut adalah dua kali diameter roda gigi di poros engkol.

Pegas Katup

Pada katup juga dipasang pegas katup. Pegas katup ini berfungsi untuk menutup katup sesuai dengan gerak tuas ungkit dalam menjauhi ujung batang katup. Jika pegas katup rusak atau daya kekuatan pegasnya berkurang atau melemah maka akan berdampak pada kekuatan katup untuk dapat menahan tekanan yang besar yang dihasilkan oleh ledakan ketika proses pembakaran campuran bahan bakar dengan udara.
Posisi penempatan bermacam-macam, diantaranya double overhead camshaft (DOHC), ada juga single overhead camshaft (SOHC), side valve dan lainnya. Inovasi-inovasi pemasangan katup tersebut dapat sobat baca pada artikel mengenal inovasi penempatan katup.

Demikianlah artikel tentang mengenal komponen mesin sepeda motor: katup, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang otomotif. Salam Otomotif!

Label: