Komponen Cruise Control System Tipe ECU

Cruise control system adalah sebuah inovasi teknologi pada mobil yang berfungsi untuk  mengatur posisi throtle gas pada bukaan atau kecepatan yang telah diatur oleh pengemudi, sehingga pengemudi tidak perlu untuk menekan pedal gas secara terus menerus. Berkaitan dengan cara kerjanya, sobat dapat membacanya di artikel Guru Otomotif sebelumnya yaitu cara kerja teknologi cruise control systemCara untuk mengaktifkan cruise control system memang mudah, nah lalu ada yang bertanya bagaimana cara menonaktifkan fungsi Cruise control system tersebut?


Membatalkan Fungsi CCS

Cruise Control System akan otomatis berhenti dengan metode pembatalan manual yang dilakukan oleh pengemudi, pembatalan fungsi CCS diatur otomatis oleh cruise control ECU yang tergantung pada kondisi pengemudi. Menghidupkan RES/ACC switch akan memulihkan kembali setelan kecepatan yang ditunda sementara, letaknya ada di sebelah kiri dan selama kecepatan mobil di bawah 40 km/jam. Untuk membatalkan fungsi cruise control system caranya sebagai berikut:






Tipe cruise control system ada dua, yaitu tipe cruise control ECU dan tipe ETCS-i (Electronic Throttle Control System intelligent). Pada artikel ini akan dibahas komponen cruise control tipe ECU.


Komponen Cruise Control System
  1. Cruise control ECU
  2. Cruise control actuator
  3. Cruise control switch (kontrol utama)
  4. Vehicle speed sensor
  5. Switch lampu rem
  6. Switch start netral (model A/T)
  7. Switch kopling (model M/T)
  8. Lampu indikator power
  9. DLC3

Cruise Control ECU

Electronic Control Unit (ECU) mendapatkan sinyal dari sensor kecepatan mobil. Berdasarkan sinyal dari sensor kecepatan itu, ECU kemudian mengirim sinyal ke CCS aktuator. Pada ECU ini juga ada sirkuit CCS khusus yang dapat kita diagnosis atau kita cek kerja masukan dan keluaran sinyal tersebut, dan memanfaatkan lampu indikator yang berada di meter kombinasi untuk diagnosisnya.


Cruise Control Actuator
Actuator ini terdiri dari motor, kopling magnet dan potensiometer. Aktuator berfungsi untuk menambah dan mengurangi bukaan katup gas sesuai dengan perintah cruise control ECU.


Switch utama
Switch utama berupa switch tombol tekan dan power supply ke sistem yang menyalakan dan mematikan. Pada beberapa model, mematikan switch pengapian berarti juga mematikan switch utama, walaupun switch pengapian dihidupkan lagi akan tetapi switch utama tetap mati.


Switch kontrol
Letaknya ada di batang tuas, switch kontrol ini mengontrol fungsi yang berbeda-beda seperti Set, Coast, Resume, Accelerate, dan Cancel. Switch ini berfungsi jika dioperasikan dengan arah tanda panah 1, 2, dan 3, serta tidak berfungsi jika dilepas.


Speed Sensor
Fungsi dari speed sensor ini adalah untuk menjaga agar cruise control ECU menginformasikan arus kecepatan kendaraan ketika kecepatannya naik, sensor kecepatan berputar lebih cepat dengan frekwensi sinyal yang lebih tinggi. Ketika kecepatan kendaraan turun, frekwensi sinyal kembal rendah, sehingga sensor kecepatan menaikkan dan menurunkan sinyal kecepatan kendaraan.


Cara kerjanya yaitu sensor kecepatan meneruskan sinyal dari transmisi ke cruise control ECU melalui combination meter. Pada saat ini sistem mnerima sinyal kendaraan dari sensor kecepatan melalui ABS ECU dan meter kombinasi.

Switch Pembatalan
Switch ini terdiri dari switch kontrol, switch kopling, switch start netral, dan switch lampu rem. Bila salah satu dari switch ini hidup maka cruise control tidak berfungsi untuk sementara.
Kontrol kecepatan yang sudah diset, lalu disimpan dalam memori cruise control ECU selama kecepatan mobil di atas 40 km/jam. Sehingga setting terkahir kecepatan selalu disimpan secara otomatis jika switch resume dihidupkan.


Sedangkan untuk komponen tipe cruise control ETCS-i akan kami bahas dalam artikel selanjutnya insyaAllah. Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Silahkan dishare yaa. Salam otomotif!

Label: ,