Kampus UNY Merancang Sepeda Listrik Android

Mahasiswa Indonesia memang tidak dapat dipandang remeh, bahkan oleh dunia internasional. Sudah banyak pelajar-pelajar di Negeri ini yang membuktikan akan kemampuan mereka dan memberikan yang terbaik hingga mengharumkan nama bangsanya dengan berbagai prestasinya. Begitu juga dengan para mahasiswa asal kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).


Setelah mereka mengharumkan nama baik Indonesia di kancah dunia Internasional dengan prestasinya meraih juara umum mobil listrik maupun mobil hybrid di Korea Selatan. Kini para mahasiswa UNY juga kembali menunjukkan kemampuannya dengan merancang sepeda listrik Android.

Baca juga Mobil Listrik UNY Karya Anak Bangsa Membanggakan Indonesia

Android sebagaimana yang kita ketahui telah banyak dipakai oleh perangkat-perangkat seluler, bahkan sudah merambah dalam dunia otomotif, seperti pada penunjuk GPS di mobil-mobil mewah, pada scanner mobil juga menggunakan OS android. Oleh karena pengoperasiannya yang mudah, membuat android di gemari bukan hanya oleh para pemuda namun juga orangtua.
Kaitannya dengan android, sistem OS ini dipilih oleh beberapa mahasiswa UNY yang merancang sepeda canggih ini. Seperti apa sepeda canggih rancangan para mahasiswa asal Yogyakarta itu? Guru Otomotif akan memberikan informasinya kepada sobat sekalian.

Dilansir dari laman google plus UNY, bahwa para mahasiswa UNY tersebut memperkenalkan inovasi sepeda listriknya dalam Pameran Forum Rektor Indonesia 2016 pada tanggal 29-30 Januari 2016 kemarin di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta yang terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Para mahasiswa UNY tersebut memperkenalkan inovasi sepeda listrik yang memiliki keunggulan khusus dengan menggunakan aplikasi android.

I Gede Dangin selaku Ketua tim sepeda listrik UNY, mengatakan bahwa sepeda listrik ini memang sudah dilengkapi dengan teknologi aplikasi android. Pemasangan teknologi aplikasi android ini bertujuan untuk memudahkan pengguna sepeda tersebut. Dan salah satu keunggulannya adalah pada efisiensi energi yang diciptakannya.

“Sepeda listrik ini memang lebih unggul dalam hal efisiensi energi atau baterai. Kami (tim sepeda listrik) membuat baterai yang bisa bertahan lebih lama hingga akhirnya mampu membuat jarak tempuh (sepeda) yang lebih jauh” demikian ungkap Dangin di Auditorium Forum Rektor Indonesia, pada hari Sabtu (30/1/16).

Sedangkan pada teknologi aplikasi androidnya dapat distel juga agar bisa menyimpan tenaga atau energi cadangan. Sehingga pengguna sepeda tidak perlu khawatir ketika kekurangan energi di tengah jalan. Sedangkan untuk penyimpanan tenaganya masih dalam penelitian lebih lanjut, dimana kedepannya putaran roda pada sepeda yang dikayuh akan diubah atau dijadikan tenaga untuk mengisi baterai. Konsep ini sama dengan yang ada pada teknologi mobil listrik. Yaitu untuk mengisi (charging) baterainya.

“Inginnya kedepannya jika tidak capek sepeda ini dapat dikayuh.(lalu) Hasil putaran kayuhan ini bisa menghasilkan (energi) untuk mengisi baterai pada sepeda ini” kata Dangin.

Kemudian Dangin juga menambahkan, bahwa sepeda ini memang dikemas menyerupai sepeda klasik, sehingga menjadi menarik untuk dilihat. Desainnya juga dibuat mirip dengan sepeda biasa dan tampak elegan.

Demikianlah artikel tentang kampus UNY merancang sepeda listrik android, semoga dapat menambah wawasan kita dan menjadi inspirasi terutama para pelajar kita. Kita buktikan bahwa para pelajar kita mampu untuk bersaing di dunia Internasional khususnya dalam bidang otomotif maupun teknologi lainnya. Salam Otomotif!

Label: