Inilah Dampak Merokok di Dalam Mobil Dengan AC Menyala

Orang yang terbiasa merokok akan teruji kesabarannya manakala ia berada di tempat-tempat yang disitu dilarang untuk merokok, seperti di rumah sakit ataupun ditempat-tempat umum lain yang memang dilarang untuk merokok. Namun bagaimana jika ia berada di dalam mobil penumpang seperi mobil travel yang mana AC nya pada umumnya dinyalakan sepanjang perjalanan. Tentu ini menjadi ujian kesabaran tersendiri bagi para perokok berat. Jika ia tetap memaksa untuk merokok tentu akan dimarahi oleh penumpang lain ataupun sopirnya, karena memang tidak boleh merokok di dalam mobil yang sedang dinyalakan AC nya.


Namun pada umumnya orang tidak mengetahui apa alasan ilmiahnya kenapa menyalakan rokok tidak boleh dilakukan di dalam mobil yang AC nya sedang dinyalakan. Pada umumnya orang akan beralasan nanti AC nya rusak, nanti AC nya tidak dingin lagi, dan sebagainya. Lalu apa sih sebenarnya yang terjadi jika kita menyalakan rokok di dalam mobil dengan AC hidup? Kalau memang dapat merusak sistem AC lalu bagaimana prosesnya sehingga sistem AC pada mobil tersebut bisa rusak gara-gara rokok?  Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pada artikel kali ini Guru Otomotif akan membahasnya khusus untuk sobat..

Seperti yang diungkapkan oleh Haji Rohim yang merupakan pemilik Sejuk AC Authorized dealer Denso, ia menerangkan bahwa kerusakan sistem AC itu melibatkan kerusakan pada komponen blower dan evaporator pada AC mobil.
“Tidak boleh merokok di dalam mobil karena nanti asapya akan terhisap oleh blower, asap dari blower tersebut akan menempel pada evaporator. Akibatnya evaporator akan cepat kotor dan cepat bau” terangnya.

Dari penjelasan diatas maka kita bisa memperoleh gamabaran proses kerusakan yang terjadi jika sobat merokok di dalam mobil yang AC nya dinyalakan, memang tidak langsung rusak seketika itu juga, namun itu membutuhkan proses dan waktu yang tidak cepat. Prosesnya kerusakannya yang terjadi adalah pada blower, dimana blower akan menyerap asap rokok tersebut, kemudian asap rokok tadi akan dibawa hingga sampai pada komponen evaporator. Di evaporator inilah asap-asap rokok tersebut akan menempel, sehingga mengakibatkan evaporator kotor, kotoran tersebut akan mengendap dan menyebabkan evaporator tidak dapat bekerja secara optimal dan jika parah maka akan membuat sistem AC pada mobil sobat menjadi rusak,

Apa sih Evaporator dan Blower itu?

Evaporator adalah komponen pada sistem AC yang fungsinya adalah sebagai penyaring. Evaporator ini adalah komponen yang suku cadangnya bersifat slow moving atau vital, dan juga tidak murah harganya.


Sedangkan blower adalah komponen pada sistem AC yang bentuknya semacam kipas dan fungsinya untuk mengalirkan udara. Kita akan mempelajari cara kerja sistem AC pada artikel khusus nanti.

Jadi seperti itulah akibatnya jika kita merokok di dalam mobil sambil menghidupkan AC, lalu apakah sobat mau mencobanya untuk membuktikannya? Kalau iya maka Guru Otomotif tidak akan menanggung kerusakannya. Hehe. Demikian artikel tentang inilah dampak merokok di dalam mobil dengan AC menyala, semoga artikel ini menambah pengetahuan dan wawasan kita. silahkan dishare jika bermanfaat. Salam Otomotif!

Label: