Cara Memeriksa dan Menyetel Katup Motor

Katup merupakan komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran ruang bakar. Saluran tersebut dilalui oleh campuran bahan bakar dan udara pada katup masuk, sedangkan pada katup buang salurannya dilalui oleh gas hasil sisa pembakaran. Katup terletak di kepala silinder dan terdapat tutup katup yang menempel di kepala silinder.

Katup digerakkan oleh mekanisme katup yang terdiri dari poros cam, batang penekan, pegas penutup dan rol baut penyetel. Pembukaan dan penutupan katup diatur oleh poros cam (camshaft). Konstruksi mesin sepeda motor akan kami bahas pada artikel tersendiri untuk memudahkan sobat. Sedangkan pada artikel kali ini GuruOtomotif akan membahas tentang cara memeriksa dan menyetel katup.

Kenapa katup perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan? Karena katup mempunyai celah yang dapat berubah-ubah, walaupun pada sepeda motor kelas berat (motor laki) ada yang sudah memakai sim atau bahkan ada yang sudah tidak memakai penyetelan katup lagi. Celah katup ini jika tidak sesuai dengan spesifikasi misalnya terlalu longgar atau terlalu sempit maka dampaknya ada pada kinerja mesin, daya mesin menjadi tidak optimal atau bahkan dampak buruknya yaitu dapat merusak mesin itu sendiri.

Cara Menyetel Katup Motor Empat Langkah (4 Tak)

Pemeriksaan dan penyetelan katup adalah sebagai berikut:




Cara Menyetel Katup Motor Dua Langkah (2 Tak)

Cara menyetel katup pada motor 2 tak hampir sama caraya, yaitu sebagai berikut:
  1. Matikan kunci kontak terlebih dahulu
  2. Buka tutup pelindung katup dengan kunci.
  3. Posisikan piston pada posisi top kompresi. Untuk memastikan bahwa piston berada pada posisi top caranya adalah dengan melihat tanda T yang ada di rotor magnet dan posisinya harus tepat lurus dengan garis yang ada pada bodi mesin motor. Jika belum di posisi top, maka caranya sama seperti langkah ke 4 pada penyetelah katup motor 4 tak di atas.
  4. Setel celah katup, langkahnya sama seperti di atas.

Ciri-ciri atau tanda bahwa katup terlalu longgar adalah suara berisik dari kepala silinder. Sedangkan ciri-ciri katup terlalu sempit biasanya motor terasa sulit jika dihidupkan. Demikianlah artikel tentang cara memeriksa dan menyetel katup motor. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan dishare atau berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini. Salam Otomotif

Label: