Cara Kerja Motor 2 (dua) Tak

Motor adalah mesin yang berfungsi untuk mengubah energi pada bahan bakar menjadi tenaga dengan cara dibakar di dalam ruang bakar, sehingga motor juga dikenal dengan mesin pembakaran dalam. Karena proses pembakaran campuran bahan bakar dengan udara terjadi di ruang bakar di dalam silinder mesin.


Syarat terjadinya pembakaran pada motor bensin adalah sebagai berikut:
Untuk proses pembakaran pada mesin motor sehingga menghasilkan energi secara ringkas adalah sebagai berikut: campuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan yang sesuai dengan kondisi mesin disuplai ke ruang bakar melewati katup masuk karena kevakuman ruang bakar, kemudian campuran bahan bakar dan udara di kompresi oleh piston, dalam waktu tertentu busi memercikkan bunga api sehingga terjadilah pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang menyebabkan energi. Cara kerja sederhana ini dapat kita bagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu:
  1. Langkah hisap
  2. Langkah kompresi
  3. Langkah usaha (power), dan
  4. Langkah buang
Agar menghasilkan energi terus menerus maka mesin membutuhkan siklus, siklus dua tak (siklus 2 langkah) dan siklus empat tak (siklus 4 langkah). Pada artikel ini Guru Otomotif akan membahas bagaimana cara kerja motor 2 (dua) tak.

Pengertian Motor 2 tak

Motor dua langkah atau 2 tak adalah motor proses kerjanya untuk menghasilkan energi membutuhkan 1 (satu) kali putaran poros engkol atau 2 (dua) kali gerakan piston. Untuk lebih jelas mengenai cara kerja motor 2 tak ini silahkan pahami baik-baik dan perhatikan gambar ilustrasinya.

Langkah Hisap dan Langkah Kompresi

Pada langkah hisap, piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas. Proses kerja di atas piston adalah, katup masuk dan katup buang tertutup oleh piston, kemudian akibat piston yang bergerak ke atas, maka campuran udara dan bahan bakar dikompresikan di ruang bakar. Tekanan dan suhu campuran bahan dan bakar udara tersebut meningkat. Kemudian beberapa derajat sebelum piston mencapai titik mati atas, busi memercikkan bunga api dan membakar campuran gas tersebut. Langkah ini lah yang disebut sebagai langkah kompresi. Lihat gambar di bawah ini.


Sementara itu, proses kerja di bawah piston adalah ketika piston bergerak ke atas, volume pada ruang engkol akan menjadi besar karena piston bergerak ke atas sehingga ruang engkol menjadi vakum, katup masuk membuka karena piston semakin bergerak ke atas, maka campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang engkol tersebut. Langkah ini disebut dengan langkah hisap. Lihat gambar di atas.

Langkah Usaha dan Langkah Buang

Pada langkah usaha dan buang, piston bergerak dari titik mati atas menuju ke titik mati bawah. Proses kerja di atas piston adalah, ketika piston tadi mengkompresi campuran bahan bakar dan udara lalu busi memercikkan bunga api, maka terjadilah pembakaran yang menghasilkan ledakan energi. Ledakan energi tersebut mendorong piston bergerak ke titik mati bawah. Langkah ini disebut sebagai langkah usaha. Lihat gambar di bawah ini.


Sementara itu proses kerja di bawah piston, katup buang terbuka, dan saluran bilas juga terbuka, saluran bilas ini adalah saluran untuk menyalurkan campuran bahan bakar dan udara dari bak engkol ke ruang silinder. Dan ketika piston berada pada posisi dimana saluran bilas dan katup buang membuka maka proses pembuangan hasil pembakaran dimulai. Gas baru yang berada di ruang engkol terdesak oleh piston kemudia mengalir melalui saluran bilas menuju ruang silinder sambil membantu mendorong gas hasil pemabakaran ke luar melalui katup buang. Proses ini disebut langkah buang. Silahkan lihat gambar di atas.

Demikianlah cara kerja motor 2 tak. Untuk penjelasan tentang cara kerja motor 4 tak serta kelebihan dan kekurangan motor 2 tak dan 4 tak ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya insyaAllah. Silahkan dishare semoga bermanfaat. Salam otomotif!

Label: