Apa Itu Teknologi Cruise Control System (CCS) dan Cara Kerjanya

Inovasi-inovasi yang dilakukan para ilmuwan terutama dalam hal teknologi otomotif memang ada manfaatnya, inovasi-inovasi tersebut memberikan kemudahan bagi pengemudi ataupun pengguna mobil tersebut. Namun dengan munculnya inovasi teknologi tentu kita juga harus update dan mengetahui seluk beluknya agar kita juga dapat minimal tahu, terlebih jika kita seorang mekanik otomotif. Pada artikel kali ini Guru Otomotif akan memberikan sedikit wawasan kepada sobat semua, berkaitan dengan inovasi teknologi otomotif yang bernama CCS atau Cruise Control System. Apa itu CCS? Mari kita berkenalan dengan tekhnologi yang satu ini.


Apa itu Cruise Control System?

Cruise Control System adalah sebuah tekhnologi yang secara otomatis mengatur sudut bukaan katup throttle untuk tetap berada pada kecepatan yang sudah ditentukan oleh pengemudi. Seingga pengemudi tidak harus selalu menginjak pedal gas yang bikin capek. Mungkin inovasi tekhnologi ini muncul dengan latarbelakang masalah bahwa pengemudi capek ketika harus selalu menginjak pedal gas.

Fungsi Tekhnologi Cruise Control System

Dengan tekhnologi Cruise Control System ini pengemudi tetap dapat jalan pada kecepatan yang sudah ditentukan bahkan ketika mobil berada dalam kondisi jalan yang menanja dan juga menurun.
Cruise Control System ini membantu pengemudi ketika mobil melewati jalan tol atau jalan antar kota yang panjang dan tanpa harus beristirahat cukup lama. Sehingga pengemudi bisa lebih santai dan mengendarai dengan nyaman. Pada beberapa model mobil yang menggunakan tekhnologi Cruise Control System ini dapat diatur secara otomatis jarak antar kendaraannya.

Bagaimana Cara Menggunakan Cruise Control System?

Cruise Control System dijalankan dengan menggunakan switch utama, switch kontrol, pedal gas dan juga pedal rem. Desain dari switch kontrol ini bervariasi tergantung dengan modelnya. Switch-switch kontrol ini memiliki 5 mode dalam operasinya, yaitu: Set, Coast, Resume, Accelerate dan Cancel.

Cara pengaturan Cruise Control System untuk digunakan pada kecepatan yang diinginkan adalah sebagai berikut:







Mengatur Kecepatan Berdasarkan Cruise Control System

Cara mengatur lagi kecepatan yang lebih tinggi, ada dua metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan switch kontrol dan menggunakan pedal gas. Dengan menggunakan switch kontrol caranya adalah sebagai berikut ini
Dengan menggunakan pedas gas dan ini adalah cara yang lebih cepat, caranya yaitu

Mengatur Kembali Ke Kecepatan Lebih Rendah

Ketika pengemudi ingin kecepatan mobilnya turun lagi ke kecepatan semula yang lebih rendah, maka ada dua metodenya, yaitu menggunakan switch kontrol dan juga menggunakan pedal rem.

Menggunakan switch kontrol
Dorong switch kontrol menuju ke bawah pada mode Set/Coast hingga mencapai kecepatan yang diinginkan. Lalu lepaskan switch kontrol jika kecepatan sudah mencapai kecepatan yang diinginkan tersebut.

Sedangkan jika menggunakan pedal rem adalah sebagai berikut
Tekan pedal gas hingga mencapai kecepatan yang diharapkan, lalu dorong switch kontrol ke bawah pada mode Set/Coast dan lepaskan ketika sudah mencapai kecepatan yang diinginkan.

Untuk komponen dan cara kerja dari sisi engine dan teknologi akan kami bahas pada artikel selanjutnya.
Itulah penjelasan apa itu Cruise Control System dan cara kerjanya, semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang teknologi inovasi pada otomotif. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa dishare ya. Salam Otomotif.

Label: ,