Tips Memilih Helm yang Baik dan Benar

Helm adalah alat pelindung kepala yang digunakan untuk para pegendara, tidak hanya sepeda motor, bahkan bikers sepeda pun harus memakai helm untuk melindungi kepala mereka. Namun akhir-akhir ini helm tidak hanya digunakan sebagai pelindung kepala saja, namun juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan style para pengendara. Dengan munculnya berbagai jenis helm yang bermotif dan bercorak seni serta desain-desain batok yang kurang savety sehingga fungsi helm pun sudah bergeser ke trend seni.


Seringkali orang yang membeli helm tidak melihat helm sebagai alat pelindung diri, namun lebih sebagai gaya hidup padahal itu adalah sebuah kesalahan. Karena helm itu adalah salah satu perangkat wajib yang harus dipakai oleh pengendara demi keselamatan mereka sendiri. Oleh karena itu sebelum membeli helm, telitilah supaya sobat dapat memilih helm yang bisa menjaga keselamatan kepala dari benturan tanpa meninggalkan rasa nyaman dalam menggunakannya.

Helm terbuat dari bahan yang tahan terhadap benturan yaitu bahan kevlar atau serat resin. Pada beberapa negara helm adalah hal atau perangkat yang wajib dibawa dan dipakai oleh para pengendara. Begitupula di Indonesia, kewajiban menggunakan helm telah dicetuskan oleh Kepala Kepolisian Hoegeng pada tahun 70-an, walaupun mendapatkan penoloakan pada saat itu. Hingga pada akhirnya helm berhasil ditetapkan sebagai perlengkapan yang wajib dibawa dan dipakai bagi pengendara motor berdasarkan Undang-Undang No.14 tahun 1992.

Tips Memilih Helm yang Baik

Berdasarkan undang-undang tersebut maka sebaiknya sobat lebih teliti lagi ketika membeli sebuah helm karena helm adalah perlengkapan yang sangat penting. Nah pada artikel ini GuruOtomotif akan memberikan sebuah tips tentang tips memilih helm yang baik. Ada beberapa tips dalam memilih helm yang baik menurut Frans Lee, berikut tipsnya:


Demikianlah tips memilih helm yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan dapat kita praktikkan. Silahkan dishare ya. Salam Otomotif!

Label: