Tim Mobil Listrik UNY Mendapat Pujian Jokowi

Mobil listrik UNY adalah salah satu karya terbaik anak bangsa yang patut kita apresiasi, pasalnya mobil listrik ini adalah buatan mahasiswa-mahasiswa dari kampus Universitas Negeri Yogyakrta (UNY) yang sudah ikut dalam kontes mobil listrik ataupun hybrid pada tingkat Internasional untuk mewakili Indonesia.


Tak hanya mendapatkan pujian diranah Internasional, mobil listrik UNY pun juga mendapatkan pujian dari orang nomor satu di negeri ini, Bapak Presiden Joko Widodo atau yang kita kenal dengan Pak Jokowi. Presiden Jokowi menyampaikan pujiannya tatkala kunjungan beliau ke Yogyakarta tepatnya ke Kampus Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia 2016 pada 29-30 Januari 2016 lalu.

Presiden Jokowi bahkan merasa takjub dengan karya pelajar-pelajar muda ini.
“Bagus ini, saya meminta ini bisa dikembangkan lagi, jika masih ada kekurangan segera dievaluasi. Saya juga meminta ini bisa ditindaklanjuti, sehingga bisa diterima industri untuk bisa diproduksi. Perguruan tinggi harus dapat bersinergi dengan industri sehingga karya seperti ini dapat dioptimalkan lagi” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga turut menyaksikan langsung pameran yang menampilkan sejumlah karya mahasiswa UNY tersebut, seperti mobil hybrid UNY yang sudah berprestasi juga ditingkat internasional. Mobil hybrid telah memenangkan juara umum pada kompetisi mobil ramah lingkungan di Korea Selatan tahun 2015 lalu yaitu dalam ajang International Green Car Competition (ISGCC) pada kategori mobil hybrid.

Dalam ajang Green Car Competition tersebut, tim tersebut menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang berhasil meraih juara umum dan mendapat gelar Best Of The Best di kompetisi yang diselenggarakan di Songsan-Myun Hwasung-Si Gyeonggi-Do, Korea Selatan.

Selain mobil hybrid ada mobil listrik yang tak kalah dalam hal prestasi, diantara prestasi mobil listrik UNY adalah pernah memenangkan kompetisi desain serta mobil hemat energi yang diselenggarakan di Jepang pada pertengahan tahun lalu. Tim mobil listrik yang menamai dirinya dengan Garuda UNY Racing Team (GURT) pada saat ini juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi di Internasional.

Presiden Jokowi melihat mobil Garuda UNY karya para mahasiswa yang sedang dipamerkan di lokasi acara. Selama menyaksikan beberapa mobil balap karya mahasiswa UNY tersebut, Presiden Jokowi didampingi dan mendapatkan penjelasan dari Pak Rochmat Wahab selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta tentang teknologi yang dipakai pada mobil tersebut. Selain itu Presiden Jokowi juga memberikan ucapan selamat kepada Tim Mobil Garuda UNY Racing Team (GURT).

Maka semoga pelajar-pelajar yang lain di negeri ini menunjukkan prestasi serta kemampuannya. Karena kita tidak boleh meremehkan anak-anak bangsa. Jika kita tidak mampu menjadi seperti mereka, maka supportlah, dukunglah anak-anak bangsa yang berprestasi. Dengan begitu dunia akan mengetahui bahwa kemampuan anak bangsa tidak dapat diremehkan. Demikianlah informasi ini semoga memberikan wawasan kepada kita semua. Salam otomotif! 

Label: