Progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK

Pada postingan kali ini guruotomotif akan sharing-sharig tentang progam yang hampir sama dengan progam SM3T. Namanya adalah progam Talent Scouting (TS), namun untuk tahun ini progam tersebut berganti nama menjadi Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK (SMPGP). Progam ini pula yang sekarang ini sedang admin guruotomotif jalani. Semoga dengan artikel ini sobat sekalian tertarik untuk mengikuti progam ini.


Apa itu Progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK?

Progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif (selanjutnya kami singkat menjadi SMPGP) adalah progam bantuan pemenuhan guru SMK pada bidang produkti di SMK yang dilaksanakan oleh peserta atau calon guru dari perguruan tinggi (LPTK) sesuai dengan kompetensi keahlian yang dibutuhkan. Contoh LPTK adalah Faklutas Teknik dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret Solo (UNS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan lainnya yang ada Fakultas Tekniknya.
Progam SMPGP ini  bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan diselenggarakannya Progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK

Tujuan dari progam SMPGP adalah sebagai berikut ini:
Membantu pemenuhan kebutuhan guru untuk mata pelajaran produktif di SMK yang masih kekurangan guru baik di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) maupun non 3T.
Memberikan pelayanan kepada SMK yang masih kekurangan guru untuk mewujudkan peningkatan sekolah dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Meningkatkan pelayanan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten/Kota.

Bidang apa saja yang ada di Progam SMPGP?

Bidang yang ada pada progam SMPGP ini adalah bidang tenik, untuk Universitas Negeri Yogyakarta (karena admin dari UNY) adalah sebagai berikut: Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil Dan Perencanaan, Teknik Mekatronika, Teknik Informatika, Teknik Tata Boga, Teknik Tata Busana, Teknik Pertanian.

Sasaran dari progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK

Target dari progam SMPGP adalah untuk memenuhi kebutuhan guru SMK pada mata pelajaran produktif. Peserta progam SMPGP yaitu para lulusan LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jumlah peserta yang mengikuti progam SMPGP ini untuk tahun 2015/2016 di UNY sebesar 50 orang, terdiri dari 30 orang lulusan S1 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan 20 orang lulusan PPG FT UNY. Semua peserta SMPGP ditempatkan di SMK yang kekurangan guru produktif dan membutuhkan guru pendamping yang dibuktikan dengan surat permohonan ke FT UNY.

Tugas Utama Peserta Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK

Adapun tugas utama dari peserta progam SMPGP adalah melaksanakan pembelajaran di SMK sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Waktu pelaksanaan progam Sarjana Mengajar Pemenuhan Guru Produktif SMK

Adapun waktu pelaksanaan dari progam SMPGP pada tahun 2015 ini dimulai pada tanggal 1 Juli 2015 sampai dengan tanggal 30 Mei 2016.

Mungkin ini dulu yang bisa guruotomotif share terkait dengan salah satu progam pemerintah dalam rangka memeratakan pendidikan di Indonesia. Untuk pembahahasan progam SMPGP lebih lanjut bisa kami posting dalam artikel selajutnya. Sobat juga bisa bertanya melalui komentar dibawah ini. Salam Otomotif!

Label: